5 Kegiatan Seru Jurusan Hubungan Internasional

Salah satu hal yang bikin saya hepi saat kuliah di jurusan Hubungan Internasional adalah karena berbagai kegiatan mahasiswanya yang cool banget! Biasanya, kegiatan-kegiatan ini bersifat akademik dan diselenggarakan oleh hampir semua jurusan Hubungan Internasional di berbagai universitas. Apa aja, sih?  

Short Diplomatic Course 

Short Diplomatic Course adalah kegiatan dimana mahasiswa belajar tata cara simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa. Satu kelompok terdiri dari dua atau tiga orang, yang merepresentasikan sebuah negara atau organisasi pemerintahan maupun non-pemerintahan. Biasanya panitia akan menentukan sebuah tema dan siapa saja peserta sidang yang hadir, kemudian masing-masing kelompok perwakilan akan membuat position paper terkait pandangan mereka tentang masalah tersebut. Seru banget, deh! Berasa lagi mewakili salah satu negara beneran! 

Diplomatic Dinner  

Mau belajar table manner alias tata cara makan internasional? Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional biasanya langsung belajar praktek di hotel berbintang, lho!

Pelajaran table manner ini merupakan bagian awal dari acara Diplomatic Dinner, sebuah acara makan malam resmi. Mahasiswa biasanya diajari oleh trainer dari hotel tentang etiket saat makan dan juga penggunaan peralatan makan yang tepat. Jadi kamu nggak bingung lagi, deh, yang mana pisau buat steak, yang mana pisau buat ngoles mentega! 

Trus, saat acara Diplomatic Dinner, biasanya mahasiswa diharuskan dress up. Para mahasiswi pakai gaun malam sementara mahasiswa pake jas. Biar makin berasa jamuan makan malam ala-ala diplomat, gitcuuu… 

Hubungan Internasional Expo 

Hubungan Internasional Expo umumnya diselenggarakan sebagai salah satu program kegiatan organisasi himpunan mahasiswa internal kampus. Misalnya, dalam acara Hubungan Internasional Expo Universitas Jayabaya, mereka menggelar pameran dan pagelaran dari beberapa negara. Yang dipamerkan bukan hanya budaya, tetapi juga kampus dan beasiswa yang ditawarkan oleh negara-negara tersebut.

Untuk acara ini, biasanya Himpunan Mahasiswa menjalin kerjasama dengan beberapa kedutaan besar. Kadang beberapa kedutaan besar mau, lho, meminjamkan property, bahkan ngasih merchandise keren untuk event ini. Jadi, meski acara ini diselenggarakan di dalam kampus aja, rasanya kayak jalan-jalan keliling dunia! 

Bedah Buku dan Screening Movie 

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional sering banget mengadakan kegiatan bedah buku dan screening movie. Kenapa? Karena banyak sekali tokoh dunia dan fenomena dunia internasional yang harus mereka ketahui. Buku dan film yang dibedah biasanya tentang tokoh-tokoh legendaris seperti Karl Marx, Tan Malaka, Adolf Hitler, Soekarno, dan banyak lainnya.  

Model United Nation dan FKMHI 

Model United Nation (MUN) dan Forum Komunikasi Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional (FKMHI) adalah salah satu kegiatan jurusan Hubungan Internasional yang nggak hanya menambah wawasan, tapi juga gebetan networking. Pasalnya, di kegiatan ini kamu akan bertemu dengan mahasiswa jurusan Hubungan Intenasional lainnya, sekaligus membawa nama almamater di seminar nasional dan banyak berdiskusi dengan tema dan tempat yang berbeda setiap tahun.

Sttt… udah banyak banget, lho, mahasiswa yang berhasil meraih penghargaan di Model United Nation tingkat internasional

***

Gimana? Seru-seru banget ‘kan? Duh, ngomongin yang serba internasional jadi pengen ngegebet anak jurusan Hubungan Internasional jalan-jalan keliling duniaaaaa! 

(Sumber gambar: Tumblr, Twimg, Doubletree3, Freepik, Dwdove, Muslim Issues, Keep Calm)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1