Menu

5 Jurusan Terbaik di Telkom University yang Wajib Kamu Tahu!

Siapa yang nggak kenal Telkom University?

Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ini, merupakan sebuah ICT-based campus yang sangat menekankan pengembangan skill di bidang ilmu teknologi informasi dan komunikasi. QS Stars, sebuah ajang penlaian dan evaluasi perguruan tinggi internasional, bahkan memberikan peringkat 5 bintang bagi Telkom University dalam bidang-bidang seperti Pengajaran (teaching), Fasilitas, Keterbukaan (inclusive), dan Sumber Daya (employability). Perolehan yang cukup mengesankan ini tentunya mengukuhkan status Telkom University sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, mengalakan universitas swasta lain dan bahkan perguruan tinggi negeri.

Terletak di kota Bandung, Telkom University memiliki tujuh fakultas yang masing-masing terdiri dari beberapa jurusan, yaitu: Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

Penasaran nggak sih, jurusan-jurusan apa yang menjadi favorit dari perguruan tinggi swasta yang satu ini? Apa aja yang dipelajari? Dan bagaimana prospek kerjanya?

Nah, kamu nggak usah bingung lagi. Nih, Youthmanual kasih bocoran 5 jurusan terbaik di Telkom University. Cekidot!

1. Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Belajar tentang teknologi informasi dalam lingkup bisnis? Di sini tempatnya! Program studi yang hanya ada di Telkom University ini akan memberikan kamu pemahaman mendalam tentang pengelolaan bisnis yang berbasis ICT. Di tengah perkembangan industri digital yang pesat saat ini, ilmu tersebut pastinya relevan banget nih di dunia kerja!

Prospek kerja: Manajer Pengembangan Bisnis, Analis Manajemen Bisnis 

2. Teknik Elektro – Fakultas Teknik Elektro

Teknik Elektro di Telkom University memiliki tiga konsentrasi yaitu teknik elektronika, teknik kendali/sistem kontrol, dan teknik biomedis. Masing-masing konsentrasi ini mempelajari hal yang tentunya berbeda, seperti teknik biomedis misalnya mempelajari tentang instrumentasi elektronik di bidang biomedis, teknik elektronika tentang seluk-beluk komponen elektronika, dan teknik sistem kontrol tentang sistem otomasi dan robotik.

Prospek kerja: Ahli Robotik, Ahli Teknik Elektronik

3. Teknik Telekomunikasi – Fakultas Teknik Elektro

Program studi Teknik Telekomunikasi merupakan salah satu prodi Teknik Telekomunikasi di Indonesia. Memiliki akreditasi A, Prodi Teknik Telekomunikasi Telkom University adalah program studi dengan tingkat keketatan tertinggi lho di universitas ini. Teknik Telekomunikasi Telkom University ini terbagi ke dalam 3 peminatan yaitu Jaringan, Sinyal, dan Transmisi.

Prospek kerja: Teknisi Mekanik Radio , Ahli Navigasi, Communication Intelligence

4. Teknik Industri  – Fakultas Rekayasa Industri

Ada yang unik dari program studi Teknik Industri di Telkom University. Jika di universitas lain, program studi Teknik Industri lebih menekankan pada industri manufaktur, maka di Telkom University, program studi Teknik Industrinya banyak fokus ke bidang industri jasa. Menurut pengakuan Ario Adimas, VP Marketing Go-Jek dan alumni Teknik Industri Telkom 2006, hal ini menjadi penting perkembangan industri digital yang tengah pesat belakangan ini didominasi oleh sektor jasa.

Prospek kerja: Manajer Produksi Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur   

5. Teknik Informatika – Fakultas Informatika

Salah satu program studi tertua di Telkom University ini berdiri pada tahun 1993 di bawah Fakultas Informatika Sekolah Tinggi Telekomunikasi Telkom (STT Telkom) yang kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Pada program studi ini terdapat istilah Kelompok Keahlian yang berfokus dan beranggotakan dosen yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang keilmuan tertentu. Kelompok Keahlian tersebut diantaranya adalah ICM (Intelligence, Computing and Multimedia), SIDE (System Information and Data Enggineering), dan Telematics.

Prospek kerja: Programmer Komputer, Developer Software, Aplikasi 

Dari jurusan-jurusan di atas, dapat terlihat ‘kan bagaimana Telkom University merupakan sebuah kampus yang sangat menekankan pada inovasi dan pengembangan di bidang teknologi informasi? Dilansir dari Bisnis.com, Rektor Telkom University pernah menyatakan bahwa komitmen institusi pendidikan tinggi sudah seharusnya sebagai ruang inovasi publik. Untuk itu, platform teknologi informasi harus dikuatkan sebagai upaya membangun negeri yang lebih maju dan adaptatif.

Maka itu, belum lama ini Telkom University menjalin kerja sama dengan KPUD Jabar untuk merancang sebuah aplikasi online bagi pemilih tuna rungu, demi menyambut Pilkada yang akan dilaksanakan sebentar lagi.

Cool banget nggak sih, gaes?

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca juga:

 

LATEST COMMENT
Dinnookk | 1 jam yang lalu

Kasus serupa dengan saya wkw

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Suho Wife | 6 jam yang lalu

Kak di unbraw nggak ada bisnis internasionalnya ka?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Sheila Amadea | 1 hari yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 1 hari yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 2 hari yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©