Menu

4 Program Studi yang Mempelajari Fenomena Bumi

Sepanjang tahun 2018, terdapat beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia.  Mulai dari gempa 7 skala richter yang mengguncang pulau Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8).

Hanya berjarak satu bulan dari bencana gempa bumi Lombok, bencana yang lebih dahsyat melanda Kota Palu, Donggala, dan sekitarnya. Pada Jumat (28/8), gempa berkekuatan 7,4 skala richter pada pukul 17.02 WIB melanda kota-kota tersebut, disusul tsunami dan fenomena likuifaksi yang terjadi di Balaro.

Menjelang akhir tahun pun, bencana seperti tak berhenti melanda Indonesia. Pada Sabtu malam (22/12), bencana tsunami yang diakibatkan aktivitas anak Gunung Krakatau melanda wilayah Pandeglang, Banten, dan Lampung Selatan. Bahkan, jelang awal tahun 2019 pun Indonesia kembali tertimpa bencana. Kali ini, bencana longsor menimpa kabupaten Sukabumi pada Senin 31 Desember (31/12) lalu.

Nah, soal bencana alam dan fenomena bumi yang terjadi seperti di atas, ternyata ada tiga program studi kuliah yang mempelajari secara khusus penyebab hingga cara penanggulangannya, lho. Kira-kira, apa aja, ya?

1. Oseanografi 

Oseanografi 

Buat kamu yang suka laut, program studi Oseanografi bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu, gaes. Program studi ini mempelajari tentang masalah-masalah kelautan. Mulai dari lingkungan laut dan pesisir, eksplorasi sumber daya laut serta pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan.

Di Indonesia, hanya ada 4 kampus yang membuka program studi ini. Mereka adalah Universitas Hang Tuah, Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Namun, baru Undip sama ITB aja yang mengantongi akreditasi A sejak 2015 untuk program studi Oseanografinya.

2. Geofisika 

Geofisika

Geofisika adalah program studi kuliah yang mempelajari seluk-beluk bumi dan lingkungannya dengan menggabungkan ilmu fisika dan matematika. Di program studi ini, kamu akan diajarkan untuk memahami fenomena fisika yang terjadi di masa lalu, masa kini, sampai memberi gambaran untuk masa depan. Wih, menarik, ya!

Universitas yang udah mengantongi akreditasi A untuk program studi ini yaitu, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

3. Teknik Geologi 

Teknik Geologi 

Taukah kamu, salah satu program studi kuliah yang mempelajari soal gempa bumi? Yups, benar! Jawabannya ialah Geologi. Mahasiswa yang memilih program studi kuliah Geologi ini diajarkan untuk bisa memberikan solusi terhadap permasalahan bumi, seperti salah satunya mitigasi bencana alam.

Program studi kuliah ini mempelajari mata kuliah seperti, Matematika Geologi, Geomorfologi, Geokimia, Vulkanologi. Geologi Kelautan, Sedimentologi dan Geologi Lingkungan.

Di Indonesia sendiri, ada lima perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki program studi Geologi terakreditasi A oleh BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), gaes. Kelima PTN itu adalah, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

4. Teknik Geodesi 

Teknik Geodesi 

Ada yang pernah mendengar program studi Geodesi? Hmm, pasti masih banyak yang belum tau tentang program studi Geodesi atau jangan-jangan ini adalah kali pertama kamu mendengar kata Geodesi.

Geodesi adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut. Biasanya, program studi Geodesi masuk ke Fakultas Teknik.

Di Geodesi yang dipelajari adalah tentang pengukuran dan bentuk bumi. Nggak cuma itu, di Geodesi kamu akan belajar bagaimana menghitung ketinggian di muka bumi, menghasilkan titik akurat di atas permukaan bumi. Semuanya itu bakalan bikin kamu semakin tahu tentang bumi tempat kamu tinggal.

Meskipun program studi ini kurang populer, ilmu Geodesi punya peran yang sangat penting dalam kehidupan nyata, lho, gaes. Hampir semua lapangan kerja dan industri menggunakan peran dari insting program studi inicontohnya perminyakan, pertambangan, dan teknologi informasi. Bahkan informasi gempa BMKG, Google Map, penemuan titik api pada kebakaran hutan, dan teknik pengukuran batas wilayah juga nggak lepas dari peran ilmu Geodesi ini.

Universitas yang udah mengantongi akreditasi A untuk program studi Geodesi adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Nasional Malang (ITN). 

***

Itu dia 4 program studi yang mempelajari fenomena bumi. Ada yang berminat, gaes?

 

Baca juga:

(Sumber gambar: phys.org, edu.glogster.com, johnrleeman.com, imperial.ac.uk, gisgeography.com)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 6 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 9 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 17 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©