Menu

4 Program Studi dengan Profesi dan Prospek Kerja Pasti Bagi Lulusannya

Mungkin selama ini kamu cukup sering mendengar mengenai skeptisme jurusan kuliah atau program studi seperti berikut ini.

"Ah, paling-paling juga lulusan Agrobisnis Perikanan (Sosial Ekonomi Perikanan) kerjanya di bank."

Yups, fenomena di atas memang sudah sering terjadi. sehingga kamupun bisa apatis saat memilih jurusan kuliahmu dan akhirnya kamu akan berkata seperti ini.

"Pilih jurusan apa aja deh, nanti kerja apapun juga bisa."

Fyi, gaes, ada, lho, bidang-bidang tertentu yang tertutup bagi praktisi yang nggak berlatarbelakangkan pendidikan yang sesuai. Jika kamu kuliah pada salah satu program studi di bawah berikut ini, dijamin kamu bakal bekerja di bidang yang sesuai dengan pendidikanmu.

1. Teknik

teknik

Kalau kamu pengen punya gaji yang besar, kamu bisa masuk ke salah satu program studi yang berkaitan dengan Teknik. Seperti Teknik Pertambangan, Teknik Sipil, Teknik Komputer (Computer Engineering), Arsitektur, Teknik Industri, dan lain-lain.

Besar kemungkinan, kamu bakal bekerja sesuai dengan pendidikan yang sudah kamu tempuh selama kuliah dan mendapatkan gaji yang memuaskan. Tapi perlu dicatet, ya, tingkat persaingan di program studi Teknik cukup tinggi, gaes.

Ragam profesi lulusan program studi Teknik ini juga sangat spesifik, sesuai dengan keahliannya masing-masing. Misalnya aja, lulusan Teknik Sipil biasanya terlibat dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan. Lulusan Arsitek bisa bekerja mandiri maupun pada biro. Sedangkan lulusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan bisa bekerja pada perusahaan-perusahaan minyak dan pertambangan maupun BUMN.

2. Pendidikan

guru

Selanjutnya, program studi dengan lahan kerja pasti bagi lulusannya ada di bidang Pendidikan. Hanya lulusan dari program studi Pendidikan inilah yang memiliki kualifikasi mengajar di sekolah.

Kenapa demikian? Karena pada saat kamu mengenyam bangku kuliah di program studi yang satu ini, kamu akan dibekail ilmu pengetahuan pedagogi atau metode pengajaran.

Di beberapa Perguruan Tinggi pasti memiliki program studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tapi adakalanya program studi Pendidikan berada dalam satu program studi dengan Ilmu Murni lainnya.

Misalnya di universitas-universitas keguruan, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia berada pada Fakultas Bahasa dan Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya dan Humaniora.

Kalau cita-citamu ingin menjadi seorang Guru atau Dosen (Secara umum), terus cari tahu peraturan pemerintah tentang sertifikasi profesi pengajar, ya, gaes.

3. Hukum

hukum

Buat kamu yang saat ini sedang atau akan menempuh pendidikan program studi Ilmu Hukum bisa bertenang hati, gaes. Hah? Memangnya kenapa?

Karena lahan pekerjaan Ilmu Hukum nggak akan pernah diambil oleh lulusan dari program studi lain. Profesi Hakim, Jaksa, Notaris, ataupun Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan Hukum.

Jadi, selamat! Lapangan kerjamu sudah jelas dan dijamin nggak akan diserobot oleh lulusan dari program studi lain. Hihihi.

4. Kedokteran atau Kesehatan

dokter

Terakhir, program studi dengan lahan kerja pasti bagi lulusannya tentu aja ada di bidang yang berkaitan dengan Kedokteran atau Kesehatan. Menurut penelitian QS World University Ranking, permintaan akan tenaga medis lagi tinggi-tingginya belakangan ini, baik dari Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Kedokteran HewanIlmu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi hingga Fisioterapi

Well, lulusan dari program studi tersebut memang sangat dibutuhkan di klinik-klinik kesehatan atau rumah sakit milik swasta maupun pemerintah, sih. Bahkan, seorang Dokter ataupun Bidan juga bisa mendirikan praktek mandiri kalau sudah menempuh pendidikan lanjutan.

Selain sebagai tenaga medis, lulusan dari bidang Kesehatan juga diperlukan sebagai Laboran, Peneliti, Konsultan, Instruktur, Maupun Konselor Kesehatan di lembaga asuransi, pendidikan, bagian K3 dunia industri dan pertambangan, rumah sakit, puskesmas, maupun di departemen dan dinas kesehatan.

Program studi yang sudah disebutkan di atas, berada di bawah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, maupun Ilmu Keperawatan.

Psst, lulusan dari program studi di atas bahkan memiliki peluang tinggi hingga tahun 2020, lho, gaes. Nggak percaya? Baca selengkapnya di sini.

 ***

Kalau kamu tergolong orang yang sukanya yang pasti-pasti aja, 4 program studi di atas bisa masuk pertimbanganmu. Nggak ada ceritanya, tuh, lulusan Ilmu Hukum bisa bekerja di bidang Kesehatan, dan demikian juga sebaliknya.

Tapi pikir baik-baik dulu, ya, sebelum kamu memilih ke salah satu program studi tersebut. Cari tahu dulu apa yang menjadi minat dan passion kamu di sini, gaes. Kenapa demikian?

Ya, kalau kamu memilih program studi di atas, itu berarti kamu nggak punya peluang untuk berkarir dibidang lain. Sekalinya kamu kuliah di Pendidikan Dokter Gigi, seumur hidup kamu nggak bakalan bisa ambil spesialisasi di Bedah Jantung atau yang lainnya. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: time.com, bia-international.com, dobienews.scuc.txed.net, sharda.ac.in, expatincroatia.com)

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 3 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 11 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 12 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 12 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 12 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©