Menu

3 Program Studi Kekinian Bidang Komputer dan Teknologi yang Ada Di BINUS University

Dewasa ini, bidang komputer dan teknologi jadi bidang program studi kuliah yang sedang naik daun di kalangan calon mahasiswa. Soalnya, saat ini hampir seluruh industri yang ada di Indonesia maupun dunia tengah bergerak menuju sebuah revolusi digital—dimana seluruh kegiatan bisnis akan sangat mengandalkan teknologi dalam pelaksanaannya. Nggak heran kalau perkembangan dalam industri komputer dan teknologi sangat mempengaruhi industri-industri lainnya.

Untuk menjawab tantangan dan kebutuhan akan tenaga ahli bidang komputer dan teknologi di masa yang akan datang, kampus-kampus di Indonesia berlomba-lomba menyediakan program studi kuliah untuk mencetak lulusan jempolan di bidang ini. Salah satunya BINUS University 

Di Fakultas Ilmu Komputer BINUS University, nggak cuma menyediakan program studi bidang komputer dan teknologi yang sangat dibutuhkan di masa depan, tapi juga ada program studi yang sangat cutting-edge dan super kekinian.

Penasaran? Simak, deh, informasinya di bawah ini. Siapa tahu, salah satunya cocok banget dengan minat dan kemampuan kamu.

mobile application and technology binus university

1. Mobile Application & Technology 

Program studi Mobile Application and Technology adalah program studi bidang teknik dan komputer yang mempelajari cara menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan teknologi terapan di bidang mobile technology untuk berbagai macam platform dan sistem operasi.

Thanks to pesatnya kemajuan teknologi, kebutuhan akan aplikasi mobile yang dapat mempermudah segala aspek dalam kehidupan pun semakin tinggi. Hampir semua perusahaan dan produk yang berbentuk web mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi mobile untuk memudahkan aktivitas sehari-hari dengan satu sentuhan ke layar smartphone.

Program studi ini sangat tepat untuk kamu yang menyukai bidang IT dan ingin lebih fokus pada pengembangan aplikasi-aplikasi mobile yang bermanfaat. Pastinya untuk menjadi mahasiswa program studi ini kamu harus melek teknologi, dinamis, up to date, serta kritis.

Kenapa kamu harus pilih program studi Mobile Application and Technology? Zaman sekarang, hal apa, sih, yang nggak ada aplikasinya? Mulai dari memesan makanan sampai belajar latihan soal untuk menghadapi ujian bisa kamu lakukan dengan beragam aplikasi canggih yang dengan mudahnya kamu temukan dan unduh di smartphone kamu. Mau ngapain aja, aplikasinya ada!

Jadi, bisa dibilang tren ini akan terus berkembang karena akan ada banyak perusahaan yang menawarkan produk dan jasanya melalui aplikasi mobile sebagai infrastrukturnya. Semakin banyak perusahaan yang mengikuti tren ini, maka akan semakin banyak pula lulusan program studi Mobile Application and Technology yang dibutuhkan.

Di sisi lain, bayangkan betapa mulianya ketika kamu bisa berkarya sesuai passion-mu sekaligus membantu sesama dalam mempermudah hidup. Yay!

Prospek kerja lulusan program studi Mobile Application and Technology antara lain Pengembang Aplikasi Android/iOS, Mobile Programmer, Mobile User Experience Engineer, Mobile Game/Application Design dan Mobile Game/Application Developer

game application and technology binus university

2. Game Application and Technology

Program studi Game Application and Technology mempelajari tentang bagaimana proses sebuah game itu diciptakan hingga bisa dimainkan oleh orang banyak—yang pastinya bukan proses yang singkat. Prosesnya mulai dari merancang cerita yang ada pada game, merancang sistem pelevelan, merancang model karakter yang ada pada game, mengembangkan animasi dan storyboard, merancang user interface, melakukan tugas-tugas programming, hingga proses produksi game tersebut dan distribusinya. Bikin game ternyata nggak segampang memainkannya, gaes!

Sayangnya, di Indonesia belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan program studi ini. Luckily kamu yang berminat dalam pengembangan aplikasi game dan seisinya bisa mewujudkan mimpimu di BINUS University yang menjadi salah satu kampus yang meyediakan program studi Game Application and Technology dengan kurikulum yang oke punya.

Kenapa kamu harus pilih program studi Game Application and Technology? Sadar atau nggak, industri game itu nggak akan ada matinya, baik di Indonesia maupun secara global. Industri game dan aplikasi kini nggak hanya sebatas menyediakan hiburan digital untuk mengisi waktu luang, tapi juga mulai diminati sebagai suatu medium dalam industri lainya. Sekarang ada banyak, lho, game bertema edukasi yang menjadi alternatif belajar dan pengembangan diri untuk segala usia.

Jadi, salah banget kalau kamu masih percaya petuah orang tua yang bilang “game itu cuma buang-buang waktu dan uang”. Kalau kamu menekuni bidang ini dengan serius (seperti beminat dan berkemampuan untuk mengembangkan aplikasi game), kamu juga bisa menjadi game developer jempolan.

Prospek kerja lulusan program studi Game Application and Technology antara lain Desainer Video Game, Engineer/Developer Game, Technical Artist, Director/Chief Technology Officer Content Provider, dan Consultant Publisher.

cyber security binus university

3. Cyber Security 

Program studi Cyber Security mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah dari serangan yang ada pada dunia siber (cyber attack). Program studi ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan lanskap sambil memastikan landasan akademis yang kuat dan selaras dengan harapan industri dan pemerintah.

Di sini, kamu bakal belajar dalam lingkungan berorientasi proyek yang mendorong kolaborasi dengan industri dan pemerintah dan membantu mereka menemukan tantangan ancaman siber dan membangun pertahanan sistem. Struktur programnya pun memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan konsep dan pengalaman praktis yang berharga dalam melakukan tes penetrasi dan juga menerapkan pengetahuan dalam membangun arsitektur dan teknologi pertahanan siber. Hmm, cukup menantang nggak, nih?

Kenapa kamu harus pilih program studi Cyber Security? Meskipun kini internet mempermudah kehidupan manusia dalam aktivitas bertukar informasi, bukan berarti aktivitas yang kita lakukan di dunia maya akan 100% aman dari otak-otak jahil dan cyber attack. Isu privasi dan keamanan menjadi permasalahan utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus di era serba digital ini. Banyak data-data penting yang butuh untuk ditempatkan dalam sebuah penyimpanan khusus agar tidak mudah diretas dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di sinilah peran dari lulusan program studi Cyber Security menjadi penting. Dengan berlatih melalui proyek-proyek yang membutuhkan kolaborasi dengan industri dan pemerintah serta mengeksplorasi berbagai ancaman di dunia maya serta membentuk sistem pertahanan dan pengamanan data dan sistem.

Prospek kerja lulusan program studi Cyber Security antara lain Cyber Security Analyst, IT Security Consultant, Network Security Administrator, Network Forensics dan Software Security Developer

***

Kalau kamu tahun depan udah siap jadi Binusian di tiga program studi kece di atas, kamu nggak harus dateng ke admisinya, kok. Tinggal daftar secara online di sini aja. Nah, tunggu apa lagi?

Baca juga:

(sumber gambar: binarysemantics.com, valuecoders.com, old.kolegija.lt, emerson.com)

LATEST COMMENT
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 51 menit yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 3 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 7 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Masbro | 20 jam yang lalu

Terimakasih sudah mau berbagi info <a href="https://www.kampusajaib.com/2017/08/berkas-wajib-untuk-pelamar-bidikmisi.html">syarat kelengkapan berkas bidikmisi</a> kak,

Syarat Kelengkapan Dokumen dan Berkas SBMPTN, SNMPTN, Bidikmisi, Serta Ujian Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©