Menu

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer

Jurusan kuliah seputar Teknologi dan komputer memang banyak peminatnya. Sebut aja program studi Teknik Informatika (Ilmu Komputer) , Sistem dan Teknologi Informasi , Sistem Komputer (Teknik Komputer)  , Sistem Informasi (Manajemen Informatika) , dan sederet prodi most wanted lainnya. Tapi, apakah memang kamu beneran cocok kuliah di jurusan tersebut?  Yakin, kamu punya passion dan kemampuan di situ dan bukan ikut-ikutan?

Coba cek apakah ciri-ciri berikut ini ada pada dirimu:

1. Suka sama pelajaran Matematika dan tertantang banget buat memecahkan soal hitung-hitungan.

3. Nilai mata pelajaran sains, terutama Fisika, Matematika, dan TIK bagus.

3. Lebih semangat membongkar perangkat elektronik daripada membeli gadget baru.

4. Kamu mengikuti perkembangan berita terbaru seputar dunia teknologi, juga medsos dan vlog yang menampilkan ulasan gadget dan komputer.

5. Hobi berkutat dengan alat-alat, terutama perangkat yang canggih

mahasiswa komputer

6. Banyak yang bilang kalau kamu adalah orang yang logis dan suka menganalisa sesuatu. "Jurusan Teknik Informatika membutuhkan logika yang kuat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Bahkan, semakin logis seorang mahasiswa IT, kamu bisa semakin kreatif, ” jelas Husen, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang.

7. Bukan tipe orang yang bosenan jika harus berkutat mengerjakan sesuatu dalam jangka waktu yang lama. Ngana pikir coding itu cepet?

8. Tidak mudah menyerah saat melakukan sesuatu. Semakin rumit suatu persoalan, malah makin kamu tertantang buat menaklukannya.  Gaes, kuliah program studi Teknologi Informasi atau jurusan teknologi lainnya nggak gampang, lho. Tugasnya banyak dan njelimet. Seringkali, mahasiswa menemuan jalan buntu atau gagal saat mengembangkan suatu sistem atau aplikasi. Mewek atau kesel jelas bukan pilihan. Mahasiswa harus siap untuk mencoba lagi dan lagi.

Kalau kata Andreas Gandhi, lulusan UGM, Salah satu modal penting untuk menjadi mahasiswa Teknologi Informasi adalah sikap pantang menyerah. “Misalnya, saat kamu mengalami kegagalan mengembangkan aplikasi,” ujarnya.

9. Kepo to the max! Kamu punya rasa ingin tahu yang besar, penasaran terhadap berbagai hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan.

10. Suka baca kisah atau biografi founder usaha dan tokoh bidang teknologi, seperti Bill Gates, Elon Musk, Steve Jobs hingga cerita para hacker.

11. Suka main games. Ini agak subjektif sih ya,  tapi rata-rata anak jurusan teknologi yang pernah Youthmanual temui suka main game. Mungkin karena pada dasarnya mahasiswa ini suka berkutat dengan gadget kali, ya. Apalagi, game jaman now makin seru dan canggih.

12. Punya kemauan belajar yang tinggi. “Karena dunia IT berkembang sangat cepat, maka mahasiswanya harus terdepan dalam memahaminya serta terbuka untuk belajar hal baru,” ungkap Gandhi.

Yup, kayaknya langka banget deh, anak jurusan teknologi atau komputer yang malas belajar. Yang kayak begitu, hanya dua tipe, pertama yang nggak bakalan bertahan karena nggak mampu bersaing, kedua golongan mahasiswa superjenius sehingga nggak perlu giat belajar.

Jadi kalau kamu bukan yang pinter level dewa alias jenius, dan juga bukan orang yang gemar belajar, mendingan pikir ulang kalau mau masuk jurusan ini.

13. Seorang  problem solver. Gandhi pun menjelaskan, “Dunia IT berkembang dengan tujuan untuk membantu kerja manusia. Maka, seorang mahasiswa TI harus siap menjadi problem solver dengan memberikan ide-ide yang bisa dieksekusi."

***

Gimana, apakah benar kamu adalah calon anak IT, Ilmu Komputer, atau jurusan teknologi lainnya? Apa nggak, ketiga belas ciri di atas pada dirimu?

Selain sikap dan kebisaan di atas, ada perlengkapan penting wajib dimiliki seandainya beneran jadi mahasiswa bidang teknologi (Amiiiin!) adalah….. laptop yang mumpuni!

Kadir, mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada  dan Farah Rania, mahasiswi Sistem Informasi Universitas Telkom menekankan bahwa laptop yang canggih serta memiliki memori yang besar penting bagi mahasiswa yang mengambil kuliah Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Beragam proyek kampus bakalan mengandalkan laptop kamu. Plus mesti instal software serta program pendukung. Kalau kurang memori atau kurang canggih, bisa jadi lemot dan bakalan menghambat perkuliahan kamu.  

Kamu bisa coba laptop keluaran Acer. Brand ini memang jadi incaran mahasiswa karena spesifikasinya yang canggih, kualitas yang oke (awet), dan harga yang sesuai untuk budget pelajar. Ditambah lagi, Acer terus bikin inovasi baru.

Nah, salah satu seri notebook yang cocok buat mahasiswa jurusan teknologi adalah Acer Aspire E5-476G series dengan prosesor Intel Core i5-6200U. RAM notebook ini bisa dimaksimalkan hingga 32 GB. Dibandingkan laptop sejenis,  batere laptop seberat 1.9 kilogram ini lebih efisien hingga 60 persen, yakni tahan hingga 8 jam pemakaian.

Semoga impian kamu masuk jurusan bidang teknologi terwujud, ya!

Baca juga:

(sumber gambar: edtechreview.in, ue.edu.ph, acerid.com)

LATEST COMMENT
Amaliais | 16 menit yang lalu

Kalau sbmptn dah diterima dan sebagai pemohon bidikmisi namun belum verifikasi dan daftar simak bidikmisi dan lolos apakah bisa ambil yg simak bifikmidi dan meninggalkan sbmptn nya ?

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Zulva Nur Imawati | 12 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 14 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 15 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 15 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©