Menu

Wajib Dimiliki Saat Mencari Kerja: Literasi Digital dan Kemampuan Teknologi

Bertambah lagi kriteria untuk bekerja di bidang apapun: literasi digital dan kemampuan teknologi. Kualifikasi tersebut mencakup soft skills dan hard skills yang penting buat kamu miliki.

Literasi digital atau literasi internet sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan untuk menganalisa dan memahami konten digital/intenet. Di sisi lain, dalam bekerja kamu juga dituntut untuk memiliki skill penggunaan teknologi alias nggak gaptek. Lebih jelasnya, ini nih, daftar kemampuan terkait teknologi yang penting dimiliki mahasiswa dan fresh grad dari berbagai program studi untuk melamar kerja/magang di berbagai bidang.

1. Mempergunakan mesin pencarian dengan efektif. Antara lain dengan penggunaan kata kunci, pilihan menu, tools dan setting yang tepat.

Contoh, menu ‘All’ pada search engine Google digunakan untuk mencari semua jenis konten. Ada  juga pilihan menu ‘Image’, ‘Video’, dan ‘News’ untuk mencari konten khusus foto, video, dan berita. Untuk pencarian yang lebih spesifik, kamu bisa mengaturnya dengan fitur setting. Misalnya, pilih Image/Tools/Size/Larger than 800x600 untuk mencari gambar yang lebih besar daripada ukuran tersebut.

2. Upload dan download file di internet. Tapi bukan download bajakan, lho.....

3. Memahami etika dalam mengemail.

4. Memahami penggunaan mobile internet di smartphone. Termasuk menyambungkan data komputer kamu dengan smartphone.

5. Mengetahui perkembangan media sosial.  Bukan berarti harus getol bermedsos atau jadi selebgram. Bahkan kamu nggak perlu punya medsos. Tapi setidaknya kamu tahu dan update soal prinsip penggunaan serta fungsi medsos.

6.Ngerti etika dan rules penggunaan medsos. Bahkan biasanya medsos kamu diintip dulu lho sama HRD, ketika kamu melamar kerja. Hati-hati kamu bisa batal dapat kerja gara-gara media sosial. Menurut survey yang dilakukan YouGov.com, komen agresif dan bahasa kasar, kesan menggunakan atau mendukung penggunaan obat terlarang, serta tata bahasa dan ejaan buruk yang kelihatan di medsos menjadi penyebab perusahaan ogah mempekerjakan kandidat karyawan.

7. Tahu batasan privasi dan bisa memilah informasi mana yang tepat di share di internet. Misalnya, obrolan yang yang privat atau urusan keluarga (dan orang lain nggak ngerti), sebaiknya didiskusikan dengan private/direct message, ketimbang dijembrengin di timeline atau feed kamu.

8. Bisa mempergunakan berbagai aplikasi dan fitur yang bisa mempermudah hidup dan pekerjaanmu. At least, kamu familiar dengan aplikasi/fitur standar, seperti maps/aplikasi penunjuk arah, translate/menerjemahkan tulisan ke berbagai bahasa, aplikasi edit gambar, dan semacamnya.

9. Bisa menyeleksi informasi. Kemajuan teknologi dan internet bikin info nggak terbendung. Kamu mesti pintar memilah info yang paling tepat dan paling berfaedah.

10. Latih dirimu untuk mengenali hoax dan kemampuan untuk mengecek kebenaran suatu info/berita. Cek cara mengenali konten hoax di sini.

11. Wajib kritis juga terhadap info yang diterima. Apakah infonya sudah tepat, menyeluruh, mengandung opini, update, dan lain sebagainya. Meskipun bukan hoax, kangan menelan bulat-bulat semua yang dibaca. Perluas wawasan dan biasakan cek-ricek informasi.

12. Memahami sepenuhnya hal yang dibaca, dilihat, atau didengar di internet. Pemahaman menyeluruh ini penting lho, karena banyak orang jadi misinformasi karena kurang teliti saat membaca/mendapatkan informasi, hanya mencerna sebagian info, atau gagal paham.

13.Penguasaan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Seperti bagaimana format penulisan, cara menyertakan catatan kaki, memasukkan gambar pada file tulisan, membuat dan memanfaatkan tabel dengan program excel, insert gambar, dan sebagainya. Ini akan dibutuhkan di dunia kerja.   Kuasai juga program untuk membuat materi presentasi. Kemampuan bisa dipelajari secara otodidak dengan mengutak-atik sendiri, kok. Trus, browsing deh, info soal tips trik membuat presentasi seperti di sini.

program libreoffice

Salah satu program yang bisa kamu gunakan adalah LibreOffice dari Endless Operation System, OS yang sudah terpasang di  laptop Acer Aspire E5-475G. Di LibreOffice kamu bisa memilih program untuk membuat tulisan, tabel dan spreadsheet, presentasi, bikin CV dan resume, budgeting, dan menerjemahkan dengan mudah. Oya, LibreOffice ini kompetibel dengan Microsoft Office, lho. Cek info seputar LibreOffice dan Endless OS di sini.

14. Secara umum menguasai penggunaan komputer, laptop, dan smartphone.

15. Can-do attitude” jika diminta mempelajari dan menggunakan software, aplikasi, atau gadget baru yang berhubungan dengan pekerjaan.Yup, jangan alergi dengan teknologi dan mesti semangat untuk terus upgrade pengetahuan. Apalagi teknologi bakalan terus berkembang. Misalnya, software untuk bidang Arsitektur atau Akuntansi akan selalu diperbaharui dengan yang lebih canggih, begitupula dengan bidang lainnya. Otomatis, kamu harus terus mempelajarinya untuk mendukung pekerjaanmu.

 Gimana sudah siap dengan kemampuan teknologi dan literasi digital?

(sumber gambar: nmc.org, acerid.com)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 5 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©