Tiga Cara Mudah Mengasah Soft Skill Untuk Berkarier Di Masa Depan

Saat ini, soft skill sangat penting untuk dikuasai oleh lulusan perguruan tinggi. Kemampuan soft skill tidak bisa digantikan oleh robot.

Yups, dibandingkan hasil akademik, soft skill sangat penting untuk kesuksesan dalam berkarier atau berbisnis, lho, gaes. Mulai dari kerja sama, komunikasi, etika dalam bekerja, penampilan, empati, dan kecerdasan emosional.

Nggak hanya itu, soft skill juga dibutuhkan untuk bisa mengaplikasikan kemampuan akademik yang kamu miliki di dunia kerja. Jadi, karena itulah, generasi muda sebaiknya perlu mulai mempersiapkan dan mengasah soft skill mereka sejak dini.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan soft skill-mu.

Mengikuti Kursus

kursus

Nggak hanya belajar di kampus, mengikuti sebuah kursus ternyata bisa membantu kamu mengasah soft skil. Mengikuti kursus pengembangan kepemimpinan dan manajemen bisa mengasah banyak soft skill yang kamu miliki. Diantaranya seperti komunikasi, pemecahan masalah, berpikir kritis, sampai berbicara di depan umum.

Terus, mengikuti program pelatihan dan pengembangan diri juga cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran diri dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Menemukan Mentor

mentor

Memiliki mentor yang bisa membimbing (dalam hal karier) juga menjadi salah satu cara terbaik mengembangkan soft skill, lho, gaes.  Wah, kok bisa?

Ya, bisa dong. Soalnya, mentor bisa memberikan bimbingan—baik jangka pendek maupun jangka panjang. Seseorang yang sudah lebih berpengalaman aka mentor juga bisa memberikan inspirasi dan perspektif baru buat kamu.

Seorang mentor bisa menilai dengan objektif dan jujur tentang soft skill yang kamu miliki dan gimana cara mengasahnya. Mereka bisa menilai apa aja kekuatan dan kelemahanmu serta memberikan saran langkah apa aja yang bisa dilakukan.

Menjadi Volunteer

volunteer

Selain mengikuti kursus dan menemukan mentor, meluangkan waktu untuk menjadi volunteer bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk mengasah soft skill—yang mungkin tidak akan didapatkan di kampus atau kantor.

Kalau kamu bingung, kegiatan volunteer apa aja sih yang bisa diikutin? Tenang, gaes! Di luar sana banyak sekali kegiatan yang bisa kamu ikutin untuk menjadi volunteer. Diantaranya nih, kamu bisa menjadi volunteer di Taman Baca Masyarakat (TBM) di area sekitar tempat tinggalmu.

Di sana, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan yang kamu miliki secara langsung di masyarakat. Mulai dari berbagi ilmu dengan anak-anak di taman baca, membersihkan lingkungan sekitar, atau mengecat bagunan TBM (jika memang bangunannya sudah terlihat nggak layak, ya).

Melalui kegiatan volunteer itulah, kamu bersama dengan anggota volunteer yang lain bisa berbagi dengan sesama sekaligus mengasah soft skill. Seperti kerjasama tim, rasa percaya diri, kesabaran, komunikasi dan empati. Keren banget nggak, gaes?

Dengan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan, nggak ada salahnya untuk mencoba berpartipasi menjadi volunteer, ‘kan?

Menjadi volunteer untuk tujuan kebaikan bisa membuat kamu menjadi manusia yang lebih berguna dan penuh kasih sayang, lho. hihihi

***

Nah, Itu dia tiga cara sederhana mengasah soft skill-mu untuk bekal di masa depan. Selain itu, cara tersebut juga bisa membuat kamu lebih peka terhadap lingkungan sekitar, lho, gaes.

 

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: uriahtraining.com, accuratehrs.com, events.91springboard.com, marshalltown.unitypoint.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1