Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja Saat Ini

Dari sekian banyak softskill yang ada, ternyata nggak semuanya  dibutuhkan di dunia kerja. Malah, beberapa softskill yang dulu dibutuhkan, sekarang sudah kurang dicari. Penyebabnya adalah perkembangan zaman serta tuntutan kerjaan yang beda. Nah, menurut situs  persiapan dan pengembangan karier Livecareer, softskill berikut inilah yang paling dibutuhkan perusahaan?

1. Komunikasi

Komunikasi meliputi kemampuan mendengarkan, presentasi, hingga menulis. Kenapa soft skill komunikasi ini penting? Simpelnya, tanpa kemampuan komunikasi yang baik, kita akan kesulitan untuk menjelaskan sesuatu ke partner kerja maupun klien. Belum lagi soal aktivitas networking dan pemasaran yang membutuhkan komunikasi.

2. Komunikasi Interpersonal

Mampu bekerja dalam tim dan memposisikan diri di berbagai situasi merupakan aset berharga di tempat kerja. Pencapaian pribadi yang kamu raih saat bekerja memang bagus buat karier. Tapi, pastikan kamu juga bisa bekerja dalam tim.

Kemampuan komunikasi interpersonal juga termasuk bagaimana menangani konflik dalam tim. Ini krusial banget untuk kelancaran pekerjaan.

3. Adaptasi

Adaptasi di sini artinya luas, gaes. Nggak hanya beradaptasi dengan orang-orangnya di tempat kerja, tetapi juga dengan budaya dan sistem di suatu perusahaan/organisasi. Soalnya, kultur perusahaan itu berbeda-beda. Ada yang sangat ketat soal peraturan. Ada yang agak santai, tapi sering lembur. Nah, pekerja harus bisa menjalani itu semua. 

Kita juga perlu menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang ada di perusahaan. Peraturan baru, pemindahan posisi, perubahan kebijakan, dan perkembangan target sangat mungkin kamu alami saat sudah bekerja. 

4. Manajemen

Merencanakan dan mengeksekusi tugas mutlak diperlukan di dunia kerja. Dulu, banyak perusahaan yang membuka lowongan Project Manager‍, tapi sekarang relatif jarang karena perusahaan berharap semua staf memiliki kemampuan ini. Kalau kita ingin bisa mencapai posisi manajerial, tentunya kemampuan manajemen sangat diperlukan.

5. Problem-solving

Masalah yang ada di dunia kerja berkali lipat lebih menantang daripada permasalahan yang kamu temukan selama ada di organisasi mahasiswa. Ada banyak orang cerdas. Tapi nggak semuanya bisa jeli melihat akar permasalahan serta mencari solusinya. Orang yang punya kemampuan problem-solving sangat dicari perusahaan. Selain jeli, dia juga pantang menyerah, berpikiran positif, dan kreatif mencari solusi. Pastikan kamu punya skill ini gaes.

6. Etos kerja

Mungkin ini bisa jadi highlight untuk anak muda, millenial dan generasi Z yang identik dengan serba instan. Berbagai soft skill di atas nggak ada artinya kalau kita tidak berusaha keras. Kesempatan yang ada pun bakal sia-sia kalau kita nggak punya inisiatif. Usaha yang sungguh-sungguh, inisiatif, memenuhi deadline, merupakan ciri etos kerja yang baik. Tunjukkan bahwa dirimu adalah seorang pekerja keras yang layak untuk dipertahankan.

Baca juga:

(sumber gambar ; forbes.com, elearningindustry.com, contentgroup.com.au, livingwelleducation.com, sites.duke.edu, ras-consulting.com, ehstoday.com, wedeside.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1