Menu

Skill-Skill Komputer yang Wajib Diasah di Tahun 2019

Salah satu hal yang paling menarik bagi perekrut adalah keahlian pelamar kerja pada lembar Curriculum Vitae (CV). Daftar keterampilan utama dan pendukung bisa menjadi modal awal bagi kandidat untuk melangkah lebih jauh dalam proses seleksi kerja. Untuk itu, para pencari kerja biasanya berlomba untuk memperpanjang daftar skill yang relevan dengan posisi yang lowong.

Agar tidak kalah dalam persaingan dunia kerja di tahun 2019, kamu juga harus meningkatkan keahlian. Jangan puas dengan hanya memenuhi permintaan sesuai iklan lowongan kerja yang kamu daftar saja. Kamu harus lebih dari itu.

Skill tambahan yang bisa kamu pelajari untuk bersaing di masa depan adalah keterampilan komputer. Keahlian tersebut juga dibutuhkan meski kamu tidak bekerja di bagian IT, lho. Berikut beberapa keahlian komputer yang perlu diasah di tahun 2019.

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Siapa di sini yang belum tau Microsoft Excel? Yups, kamu mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi ini sejak masih duduk di bangku sekolah dulu. Perangkat lunak ini biasanya dipakai untuk berbagai keperluan administrasi, laporan keuangan, hingga data pendukung presentasi, gaes.

Btw, sudah sangat familiar dan ahli itu berbeda, gaes! Kalau kamu jarang atau hampir tidak pernah menggunakan Microsoft Excel, maka kamu masih belum dikatakan ahli. Bahkan, keahlian komputer ini bisa saja hilang karena kamu jarang menggunakannya. Padahal di tahun 2019, menguasai  Microsoft Excel sangat diperlukan, lho.

Jadi, mulai dari sekarang, kamu harus bisa mengasah dan memperbaharui skill ini dengan membaca berbagai forum di situs internet, menonton tutorial di YouTube atau belajar dari buku tentang tips dan trik Microsoft Excel.

2. Microsoft Office

Microsoft Office

Selain Microsoft Excel, keluarga Microsoft Office lainnya juga sangat amat penting, lho. Kamu tidak boleh lupa untuk mengasah kemampuan menggunakan Microsoft Office—mulai dai Word, Power Point dan Outlook.

Sayangnya, menjelang 2019 ini, masih banyak orang yang ‘gagap’ dalam membuat presentasi dasar dengan Power Point. Padahal, kamu udah memasukkan Microsoft Office sebagai salah satu keahlian pendukung di CV kamu. Tapi, saat diminta membuat presentasi malah berantakan.

Amit-amit, deh, jangan sampai kamu mengalami kejadian memalukan itu. Makanya, kamu yang masih duduk di bangku sekolah/kuliah atau masih cari-cari kerja, mulai dari sekarang perlu mengasah keahlian komputer ini dengan tutorial daring di berbagai situs internet.

3. Media Sosial

Media Sosial

Bisa dibilang, orang-orang jaman now pasti  sudah memiliki akun Facebook, Instagram, Twitter bahkan YouTube sejak lama. Meski begitu, kamu tidak bisa disebut sebagai ahli media sosial, lho.

Dari sudut pandang bisnis, media sosial adalah hal yang berbeda. Kamu harus tahu kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten, memahami tren dan fungsi hashtag, mempelajari cara membuat konten hingga cara membagikan konten.

Keahlian ini bisa kalian peroleh dari membaca berbagai literatur yang tersebar di dunia maya. Keterampilan ini juga bisa kamu asah dengan cara mengikuti berbagai pelatihan. Kamu bisa mengikuti kegiatan workshop dengan pembicara seorang Spesialis Media Sosial yang akan membagikan ilmu tentang membaca audience, menentukan platform media sosial yang tepat, hingga menjaga follower loyal.

4. Search Engine Optimization (SEO)

SEO

Semua perusahaanbaik yang besar atau kecil pasti ingin situs resminya berada di halaman pertama dari hasil pencarian di Google. Untuk itu, pada situs web perlu dimasukkan kata kunci yang kuat sehingga mudah ditemukan. Kenapa bisa begitu?

Soalnya, situs teratas yang ditemukan Google berpotensi untuk dikunjungi lebih banyak dari website lainnya. Nah, dengan demikian, kamu perlu memelajari trik SEO untuk mendukung situs perusahaan tempat kamu bekerja.

Gimana cara untuk mengasah keahlian komputer yang satu ini? Caranya, dengan kamu membaca berbagai artikel di situs internet. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti blog sepeti Moz dan Hubspot untuk mengetahui perkembangan SEO yang terus berubah.

5. Google Suite

Google Suite

Saat ini, penggunaan Google sebagai situs pencari terpercaya semakin luas di tahun 2019. Sehingga keberhasilan sebuah situs masuk ke dalam halaman pertama Google menjadi tolok ukur kesuksesan tersendiri.

Maka dari itu, kemampuan untuk menggunakan Google Suite sangat diperlukan saat ini. Misalnya, dengan memahami Google Analytics, kamu akan tahu perkembangan situs perusahaan di dunia maya dan cara meningkatkannya.

Fyi, Google menawarkan kursus pelatihan online gratis dan resmi untuk memelajari semua perangkat lunaknya,lho! Bahkan, kamu bisa mendapatkan sertifikat dengan mengikuti pelatihan tersebut. Terlebih lagi, kamu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan. Kamu hanya perlu menyediakan waktu belajar yang bisa disesuaikan dengan jadwal dan kesibukanmu sehari-hari. Wihh, mantap!

Selain lima keahlian komputer di atas, memelajari bahasa pemrograman Hypertext Markup Language (HTML)—yang biasa dipakai untuk membuat situs juga sangat penting. Selain itu, bahasa pemrograman Phyton untuk menerjemahkan data menjadi informasi bermanfaat juga mulai populer di tahun ini. Jadi, buat kamu yang tertarik berkarier di bidang IT sebaiknya kamu juga mengasah bahasa pemograman tersebut.

***

Yuk, mulai dari sekarang, mengasah berbagai keahlian komputer untuk memenangkan persaingan di dunia kerja tahun 2019. Keterampilan tersebut bakal menjadi modal utama untuk mendapatkan pekerjaan terbaik.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: hackerearth.com, popsci.com, windowsreport.com, blog.nolimit.id, mobile5239.cvrdr23.life, gsuiteupdates.googleblog.com)

LATEST COMMENT
Aufa B | 3 jam yang lalu

Lebih baik ikut utbk jarena ada beberapa univ yg mandiri juga menggunakan kombinasi dengan nilai utbk

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Aufa B | 3 jam yang lalu

Nama tesnya utbk, jalur masuknya sbmptn

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Witri syafrida femelia | 8 jam yang lalu

min saya ikut utbk soshum dan saintek namun nilai soshum saya lebih tinggi, saat mendaftar sbmptn saya ingin ambil program studi soshum untuk kedua pilihannya apakah bisa min?atau harus ambil jurusan satu saintek dan satu soshum?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dela Amelianta Ginting | 10 jam yang lalu

Kak maksud dari" jangan menempatkan prodi dgn kriteria kelulusan skor tinggi di bwh prodi yg skor lukusnya relatif rendah" itu kyk mana ya..

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©