Selain Di Sekolah Formal, Di Mana Lagi Kita Bisa Mengasah Hard Skill serta Soft Skill?

Keahlian, baik hard skill maupun soft skill, sangat bermanfaat untuk perkembangan karier dan masa depan kamu. Kebanyakan skill justru nggak dipelajari dari bangku sekolah atau kuliah. Jadi di mana kita bisa mempelajari dan mengasah skill?

1. Ekskul/UKM

Ekstrakulikuler bukan cuma tempat kamu mengisi waktu luang, tambahan nilai, atau memperluas khasanah gebetan #eh!. Dari ekskul atau UKM justru kamu berpeluang mendapatkan  hard skill dan soft skill. Apalagi kegiatan ekskul biasanya terkait dengan minat plus ada kompetisinya untuk mengasah kemampuan.

Bahkan ada lho, yang justru bekerja dengan skill yang didapat dari UKM. Seperti Sahil, presenter dan penyiar radio yang menemukan passion sejak ikutan radio kampus, padahal do’i dari jurusan Komputerisasi Akuntansi‍.

2. Organisasi

OSIS, Senat, BEM, Himpunan Mahasiswa, organisasi anak muda,  dan semacamnya juga wadah yang tepat untuk memperoleh keahlian, terutama soft skill. Yang pasti, di organisasi seperti ini kamu akan banyak belajar soal kepemimpinan, manajemen waktu, komunikasi dengan orang lain, kerja sama dan sebagainya.

Soft skills dari organisasi seperti ini akan banyak terpakai saat kamu bekerja nantinya.

soft skills

3. Kepanitiaan

Mirip seperti ekskul dan organisasi, namun kepanitiaan spesifik per proyek. Di kepanitian inilah kamu bisa mempraktekkan dan meningkatkan skill yang sudah kamu miliki.

4. Kursus

Les atau kursus cocok untuk memperoleh keahlian tertentu yang perlu dipelajari secara teratur dan mendalam. Misalnya, bahasa, desain, fotografi dan lainnya. Ini bisa dipelajari di ekskul juga sih. Bedanya, di kursus biasanya lebih formal seperti kelas, dan ada tingkatannya.

5. Workshop

Ada juga skill yang bisa dipelajari atau didalami dengan waktu yang relatif singkat. Walaupun tingkatnya biasanya level perkenalan. Atau bisa juga pengembangan dari skill yang sudah ada atau sangat spesifik. Contohnya, workshop blogging, menulis fiksi, atau fotografi dengan ponsel.

6. Tempat Magang/Kerja

Cara efektif lain untuk mendapatkan keahlian adalah dengan bekerja atau magang. Di situ kamu bisa learning by doing. Semakin banyak yang kamu kerjakan semakin besar peluang kamu untuk mendalami skill.

hard skills

7. Komunitas

Ada juga hobi atau kegiatan yang ada di komunitas. Seperti kegiatan komunitas anak Jogja yang bisa dilihat di sini dan komunitas kreatif di Bandung ini.

8. Belajar sendiri

Terakhir, ada skill yang bisa dipelajari sendiri. Apalagi sekarang cara belajar semakin mudah, misalnya dengan video tutorial di Youtube.

Baca juga:

(sumber gambar: cadefop.europa.eu,gviservicelearning.com, builtnla.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1