Pesan Buat Para Anak Magang dari Para Profesional di Dunia Kerja

Menjadi anak magang di sebuah perusahaan bukan perkara sepele. Soalnya, anak magang juga akan dinilai profesionalitasnya. Dengan menjadi anak magang di sebuah perusahaan, kita sudah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, gaes. Itu artinya, kita harus paham visi misi dan nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan tersebut.

Kebanyakan anak magang justru merasa menjadi bagian terpisah dari perusahaan. Ibaratnya, kita cuma tentara bala bantuan aja. Padahal, kamu juga punya peran penting, lho. Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak sebagai catatan untuk berkarier lebih baik.

Berikut pesan dan harapan buat para anak magang dari para profesional di dunia kerja.

"Kalo yang gue amati, anak muda zaman sekarang terutama yang lagi pada magang, mereka udah nggak malu-malu lagi untuk bertanya soal pekerjaan. Masalahnya, kadang mereka sering kebablasan nanya sampai hal-hal detail. Padahal, nggak semua karyawan suka ngobrol dan suka menginstruksikan pekerjaan. 

Jadi pesan gue, begitu lo magang di sebuah perusahaan, baca karakter orang-orang yang ada di dalamnya. Pilih mana yang bisa lo "ganggu" untuk dijadikan mentor. Lalu belajarlah sebaik-baiknya lewat mentor tersebut. Pahami aturan kerja lo dan sebisa mungkin pertahankan kredibilitas."

-Deni, Representatif Layanan Konsumen ‍/ Head of Customer Service and Value Added Service aStore Indonesia-

***

"Banyak anak magang "nrimo" kalau disuruh ngerjain pekerjaan yang bersifat teori. Padahal, kamu punya hak untuk belajar praktek juga, lho. Coba, deh, minta kesempatan untuk ikut melakukan hal-hal penting bersifat praktikal ketika kamu magang di sebuah perusahaan. Jadi, masa magang itu bisa jadi tempat untuk kamu memanfaatkan dan menerima ilmu dengan baik. 

Awalnya, perusahaan pasti deg-deg-an ngasih kamu pekerjaan penting. Tapi kalau kamu menunjukkan keinginan dan inisiatif tinggi, kita pasti mau mendampingi, kok."

-Marini Sastri, Manajer Umum dan Operasional ‍/ General Manager Trendreader Indonesia-

***

"Jangan baper kalau kamu sering nggak dianggap atau nggak dipedulikan. Once you get through it, you will be success! Sebetulnya perusahaan mau mengajarkan sistem di perusahaan dari yang paling bawah sampai paling atas. Kalau kamu sudah terbiasa di posisi yang gampang, kamu akan menghargai sebuah pekerjaan ketika kamu ada di posisi atas.

Pesan lain yang bisa saya sampaikan adalah coba jujur sama diri sendiri ketika bekerja. Misalnya, jangan korupsi waktu meskipun kamu adalah anak magang. Datang tepat waktu, selesaikan pekerjaan apaun yang diberikan. Karena etos kerja seperti ini akan terbawa sampai kamu terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya nanti. Kalau kamu menunjukkan sikap profesional, biasanya perusahaan bakal jatuh cinta sama kamu sejak kamu jadi anak magang. Abis itu, ditawarin jadi karyawan beneran, deh!"

-Dwisapto Dedi Priono, Manajer Fasilitas‍ / Facility Management Manager Commonwealth Bank- 

***

"Wahai para anak magang sekalian, gunakan masa magang dengan sebaik-baiknya. Serap ilmu sebanyak-banyaknya. Percaya sama gue, dunia kerja itu keras banget! Komitmen tinggi dan tanggung jawabnya nggak main-main. Ibaratnya, magang bis ajadi arena "pemanasan" buat lo. Pengalaman gue, dulu gue magang santai-santai aja. Pokoknya yang penting bisa laporan tugas akhir buat kampus. Harusnya, gue bisa memanfaatkan masa itu buat belajar lebih banyak. 

Sekarang gue udah kerja beneran, kesel banget kalau ada anak magang yang kayak gue dulu. Perbanyak inisiatif, jangan nunggu disuapin dan yang paling penting, terutama buat anak magang di dunia teknologi dan start up, cepat tanggap kalau balas email atau whatsapp! Hahaha! World ris unning so fast and we need you."

-Novan Adrian, Pengusaha/Wirausahawan‍ / Chief Executive Officer Etalastic

 

(Sumber gambar: dishntell.files.wordpress.com, amazonaws.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1