Menu

8 Profesi di Bidang Industri Kreatif yang Berpotensi Memiliki Pemasukkan Besar

Pekerjaan di bidang Industri kreatif merupakan pekerjaan yang tidak ada matinya. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya perkembangan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi ke era digital, sehingga pegiat industri kreatif selalu berinovasi dan berkreasi agar selalu menarik minat konsumen. 

Menurut Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, pekerjaan dalam bidang industri kreatif akan terus berkembang dalam tiga tahun ke depan. Persentase peningkatan sekitar 6.25 persen dan pada tahun 2018 ini, diperkirakan ada sekitar 16.7 juta orang yang bekerja di dalam bidang industri kreatif.

Banyak orang memilih bekerja di industri kreatif dikarenakan bidang ini memang cukup menjanjikan, terlebih lagi sekarang perkembangan dalam bidang teknologi sedang berkembang sangat pesat. Pada zaman dahulu, banyak orang yang berpendapat bahwa bekerja di bank akan lebih menjanjikan karena memberikan gaji yang besar. Namun, pada saat di era revolusi 4.0, pekerjaan dibidang industri kreatif justru lebih menjanjikan.

Memang, dalam bidang industri kreatif, profesi apa saja, sih, yang menjanjikan dalam segi salary atau gajinya? Nah, kalau kamu penasaran, berikut beberapa profesi di bidang industri kreatif yang memiliki potensi pemasukan yang besar. Check these out!

1. Animator dan Seniman Multimedia 

Kalau kamu ingin menjadi seorang animator dan seniman multimedia, tentunya kamu harus paham beberapa software untuk membuat suatu seni atau animasi seperti Photoshop, Illustrator, AnimatorDV Simple, Pivot Animator dan sebagainya.Dengan software tersebut kamu dapat menciptakan efek khusus, animasi, atau gambar visual lainnya. Untuk menjadi seorang animator dan seniman multimedia, tingkat kretivitas yang harus kamu miliki ialah 92 dari 100.

2. Desainer Video Game 

game desainer

Ketika kamu bekerja menjadi seorang desainer video game atau perancang video gamer, kamu dituntut harus kreatif, gaes. kekreativitasanmu dibutuhkan untuk merancang desain inti fitur dari video game. Kamu harus kreatif dalam menentukan permainan inovatif, alur cerita, peran-peran dalam suatu karakter game dan sebagainya. Untuk menjadi seorang perancang dalam video game, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 99 dari 100.

3. Desainer Produk Komersial dan Industri 

Ketika kamu bekerja sebagai desainer produk komersial dan industri kamu harus mengembangkan dan merancang produk manufaktur seperti mobil, peralatan rumah tangga dan mainan anak-anak. Kamu pun harus mampu dalam menggabungkan talenta seni dengan penelitian dengan pada kegunaan produk, pemasaran dan material untuk menciptakan desain produk yang fungsional dan menarik. Untuk menjadi seorang yang bekerja sebagai desainer produk komersial dan industri, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 97 dari 100.

4. Youtuber 

youtuber

Ketika kamu menjadi seorang youtuber tentunya kamu harus berpikir kreatif untuk menemukan suatu tema yang bagus, seru, unik, kreatif dan berfaedah untuk kamu jadikan video. Selain itu pun, kamu harus mampu minimal dalam mengedit video. Kamu juga membutuhkan kepercayaan diri, lho. Selain kemampuan, kamu juga perlu beberapa alat seperti kamera dan perlengkapan lainnya. Untuk menjadi seorang Youtuber, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 97 dari 100.

5. Content Creator 

Content creator adalah seseorang yang membuat suatu konten, baik itu berupa tulisan, gambar, video, suara ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten ini dibuat untuk media terutama media digital seperti Youtube, Snapchat, Instagram dan sebagainya.

Untuk menjadi seorang content creator tentunya kamu harus memiliki multi-skills seperti bisa menulis, membuat desain gambar, mengedit video dan sebagainya. Kalau kamu ingin menjadi seorang content creator, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 99 dari 100. Dengan content creator, tentu kamu harus kreatif di dalam semua materi baik itu tulisan, gambar, video dan sebagainya.

6. Desainer Interior 

desain interior

Untuk menjadi seorang desainer interior, kamu harus kreatif dalam hal mendesain berbagai macam tempat seperti rumah hunian, hotel, perkantoran dan sebagainya. Profesi ini biasanya menuntutmu untuk memiliki gelar sarjana di bidang desain interior, arsitektur dan jurusan terkait lainnya. Kamu juga harus mampu dalam menggunakan software seperti AutoCAD, 3Ds Max, Vray dan sebagainya. Untuk menjadi seorang desainer interior, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 97 dari 100.

7. Web Desainer 

Untuk bekerja dalam bidang web desainer, kamu dituntut kreatif dalam membuat desain yang enak dipandang mata dan juga mudah untuk digunakan. Biasanya untuk menjadi web desainer kamu harus memiliki pengetahuan dasar dalam hal User Experience dan Usability Testing. Kamu juga harus mampu menggunakan software seperti Invision. MarvelApp, Flinto atau Framer. Untuk menjadi seorang web desainer, tingkat kreativitas yang harus kamu miliki ialah 98 dari 100.

8. Musik Komposer dan Arranger 

komposer musik

Menjadi seorang musik komposer dan arranger mengharuskan kamu untuk kreatif dan juga memiliki berbagai kemampuan dalam bidang bermusik. Tanpa pengetahuan musik yang luas serta peralatan penunjang lainnya, untuk menjadi komposer musik memanglah sulit. Kamu pun harus dapat menguasai software editing musik seperti Adobe Audition, Audacity, Reaper dan sebagainya. Tingkat kreativitas yang harus dimiliki ialah 98 dari 100.

***

Untuk fresh graduate yang memiliki profesi seperti di atas akan mendapatkan gaji sekitar 3.9 juta rupiah hingga empat juta rupiah. Namun, ketika seseorang yang memiliki profesi seperti di atas telah berkecimpung dalam waktu yang lama dan juga telah memiliki banyak pengalaman, gaji yang didapatkan bisa lebih dari enam juta rupiah, lho.

Untuk seorang youtuber terkenal, gaji yang akan kamu dapatkan bisa lebih dari sepuluh juta, gaes. Bahkan, ada, lho, youtuber yang bisa membeli rumahnya sendiri dari hasil videonya. Gaji yang diterima oleh youtuber biasanya didapat dari iklan atau AdSense. Nah, apakah kamu tertarik untuk bekerja di dalam dunia industry kreatif, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: unsplash.com, careers.kehsblogs.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©