Menu

3 Strategi Calon Mahasiswa Untuk Menjadi Sarjana Siap Kerja

Ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, pastinya kamu akan memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu—dan nggak lupa mempertimbangkan secerah apa prospek kerja di bidangnya di masa depan. Simpelnya, jurusan kuliah apa yang nanti bikin kamu gampang cari kerja. Betul, nggak?

The truth is, apa pun jurusan kuliah yang akan kamu ambil, susah atau mudahnya untuk meniti karier tidaklah ditentukan oleh pilihan jurusanmu. Soalnya, selama kamu memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi dalam bidangmu yang dibutuhkan di dunia kerja, kamu nggak akan kesulitan dalam memasuki dunia kerja dan berkarya.

Mumpung sekarang kamu masih punya waktu untuk merencanakan kuliahmu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyusun strategi untuk mencapai tujuan jangka panjangmu dalam berkuliah: jadi sarjana yang siap terjun ke dunia profesional.

Nggak ada terlalu dini untuk membuat rencana jangka panjang, gaes. Justru ketika kamu sudah siap dan mantap untuk berkuliah, kamu nggak boleh setengah-setengah dalam menentukan satu per satu langkahmu agar kamu nggak bingung apa yang harus kamu lakukan ketika berkuliah nanti. Jadi, strategi yang sebaiknya kamu lakukan dari sekarang adalah:

1. Update wawasan seputar dunia kerja dan industri itu perlu!

wawasan dunia kerja

Mengenali diri sendiri terkait minat dan kemampuan yang kamu miliki dan menyesuaikannya dengan pilihan jurusan kuliah yang diinginkan adalah hal yang paling pertama kamu lakukan dalam persiapan kuliah. Tapi, ada hal lain yang nggak kalah penting namun sering dilupakan oleh calon mahasiswa, yaitu: update wawasan soal dunia kerja!

Selain mencocokkan pilihan jurusan kuliah dengan minat dan kemampuan, kamu juga nggak boleh lupa untuk mencocokkannya dengan cita-cita kamu di masa depan. Makanya, kamu juwa wajib update wawasan mengenai dunia kerja dan industri yang sejalan dengan cita-citamu.

Misalnya, kira-kira seperti apa prospeknya di masa depan? Kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi profesional di bidang tersebut? Pergeseran dan perubahan apa yang akan terjadi pada industri tersebut dalam waktu 5-10 tahun mendatang? Perusahaan apa saja yang bergerak dalam bidang dan industri terkait? Hal ini wajib untuk kamu cari tahu sejak dini untuk memperkaya wawasanmu mengenai dunia kerja meskipun kamu masih akan menjalaninya beberapa tahun lagi.

2. Perluas jejaring

Percaya atau tidak, luasnya jejaring atau networking yang kamu miliki di masa depan akan sangat berpengaruh pada kariermu. Terutama jika kamu bisa meninggalkan kesan baik dan membuat pencapaian-pencapaian yang relevan dalam bidangmu, dijamin kamu akan mendapatkan banyak umpan balik yang positif dan rekomendasi dari orang-orang di sekelilingmu secara profesional.

Lagipula, siapa bilang harus nunggu jadi mahasiswa agar bisa ber-networking? Dari sekarang, kamu bisa menjalin networking yang baik dengan para senior dan guru-gurumu di sekolah. Atau jika kamu memutuskan untuk aktif ikutan organisasi dan kepanitiaan selama bersekolah, kamu akan mendapatkan 2 hal sekaligus: networking dan pengalaman!

3. Pilih kampus yang memberikan kamu kesempatan belajar langsung di dunia profesional

menjalin neworking

Ketika kamu memilih kampus, mungkin bakal beda cerita, gaes. Bisa saja kampus yang akan kamu pilih untuk melanjutkan studimu menawarkan program seru yang mendukung mahasiswanya untuk mencapai karir terbaik mereka.

Wah, emang ada?

Ada, dong. Seperti Program 3+1 dari BINUS University yang memberikan kesempatan bagi para BINUSIAN (a.k.a mahasiswa BINUS University) untuk mengembangkan kualitas diri sebagai mahasiswa agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di masa depan. Program ini merupakan program hasil kerjasama BINUS University dengan dunia industri untuk menghubungkan mahasiswa dengan peluang kerja serta meningkatkan keterserapan talent-talent terbaik BINUS University sesuai dengan kebutuhan industri.

Melalui Program 3+1, para BINUSIAN dapat terjun lebih awal ke dunia kerja. Dengan terjun lebih awal ke dunia kerja, mereka diharapkan memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan mahasiswa lain. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengaplikasikan ilmunya dan belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Jadi nggak ada lagi, deh, istilahnya BINUSIAN yang nggak siap kerja.

Di program ini, mahasiswa BINUS University semester 5/6/7 jurusan apa pun dapat merasakan pengalaman kerja di dunia nyata selama 1 tahun (total 32 semester). Selama 1 tahun sisa masa kuliahnya, mereka akan belajar di luar lingkungan kampus dan menimba ilmu dari perusahaan-perusahaan multinasional dan atau global.

Selain diarahkan untuk fokus pada bidang pilihanmu, kamu juga dapat memilih salah satu antara lima jalur yang bisa kamu pilih untuk kamu tekuni, yaitu:

  • Penelitian. Bagi kamu yang memiliki minat pada bidang penelitian, selama 2 semester kamu bakal dibimbing oleh peneliti-peneliti terbaik dari dalam dan luar negeri. Diharapkan, kamu bisa melahirkan inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat.
  • Merintis Usaha (Business Start-Up). Di bidang ini, kamu akan dibimbing oleh dosen-dosen yang tentunya sudah berpengalaman untuk membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang dari nol sampai bisnis kamu berjalan stabil. Di sini, kamu juga dijembatani dengan banyak venture capital. Tentunya sangat cocok buat kamu yang berjiwa bisnis. Sudah siap untuk jadi pebisnis muda? Pasti siap dong!
  • Pengabdian Sosial. BINUS menyadari bahwa di antara kamu ada yang merasa hidupnya akan lebih bermakna jika bisa membantu masyarakat sekitar. Melalui bidang ini kamu akan terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan aksi-aksi sosial bersama Teach for Indonesia untuk membantu masyarakat sekitar.
  • Studi ke Luar Negeri. Kadang kala, untuk bisa memiliki wawasan global, ada perlunya kita berkeliling dunia untuk bisa melihat dunia yang lebih luas. Bagi kamu yang tertantang untuk belajar di luar negeri, bersama BINUS International Office, kamu diberi kesempatan selama 1 tahun untuk menggali ilmu lebih dalam di negeri seberang dan mendapatkan pengalaman global.
  • Magang Kerja di Perusahaan. Eits, magang ini sedikit berbeda dengan yang pernah kamu ketahui. Pada bidang magang di Program 3 + 1 ini, kamu akan melakukan kerja praktek di perusahaan selama 1 tahun dan perusahaan tempat kamu bekerja akan memberikan kamu job description seperti mata kuliah kamu di kampus dengan total 32 SKS. Jadi, kalau kerja kamu bagus, kemungkinan besar setelah lulus kuliah, kamu langsung direkrut oleh perusahaan tersebut.

program 3+1 binus university

***

Nah, untuk kamu yang sudah mantap melaksanakan strategi seperti yang ada di atas, yuk jauh lebih kepo lagi dengan program 3+1 dari BINUS University di sini. Ingat, nggak ada kata terlalu cepat untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan!

Baca juga:

LATEST COMMENT
Shahfa Ananda | 7 menit yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 11 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 13 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 15 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 15 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©