Menu

Profesi-Profesi yang Cocok Berdasarkan 9 Jenis Kecerdasan yang Kita Miliki Beserta Tips Jitu Untuk Meningkatkan Kecerdasan-Kecerdasan Tersebut

Tahu, nggak, sih, kamu? Setiap orang itu punya kecerdasan yang berbeda-beda.

Menurut Profesor Howard Gardener, seorang pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada 9 jenis kecerdasan menurut teori Multiple intelligences.

Apa sajakah 9 jenis kecerdasan itu? Trus, apa aja yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan tersebut? Coba cari tahu di bawah ini.

1. Kecerdasan kinetik (body smart)

Kecerdasan ini lebih dikenal dengan keterampilan fisik. Kecerdasan kinietik berkaitan dengan tubuh kamu. Biasanya, orang dengan kemampuan ini adalah orang yang sangat aktif serta bisa menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil.

* Contoh, orang yang memiliki kecerdasan ini adalah Atlet atau orang yang jago dalam olahraga serta Penari.

* Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan ini, maka nggak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuanmu ini. Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan kinetik adalah berolahraga secara individu atau kelompok.

2. Kecerdasan naturalis (nature smart)

 Kecerdasan naturalis (nature smart)

Sesuai dengan namanya, kecerdasan ini berkaitan dengan alam, gaes. Orang dengan kecerdasan naturalis biasanya cukup peduli dengan hewan dan tumbuhan.

Kalau kamu sering melihat/punya orang yang dekat dengan binatang atau selalu berhasil saat menanam tumbuhan, bisa jadi orang itu memiliki kecerdasan naturalis.

* Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh Petani, Nelayan, Pendaki, Pemburu atau Penjelajah Alam.

* Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah dengan berjalan-jalan di alam terbuka. Jangan, jalan-jalan ke mall mulu. Hehehe.

3. Kecerdasan linguistik (word smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik sangat senang membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Selain itu, orang dengan kemampuan ini pandai membuat puisi, menulis, dan berbicara di depan publik.

* Orang yang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok adalah Jurnalis, Penyair atau Pengacara

* Kecerdasan ini bisa ditingkatkan dengan banyak cara, gaes. Di antaranya adalah membaca, menulis, bahkan bermain game yang mengandalkan kata-kata—misalnya teka-teki silang.

4. Kecerdasan logika-matematis (number smart)

Kecerdasan yang satu ini erat kaitannya dengan angka. Orang yang memiliki kecerdasan logika-matematis bisa mengumpulkan dan menyatukan informasi dengan cepat.

Selain itu, orang dengan kecerdasan logika-matematis biasanya suka mencari jalan keluar yang logis alias masuk akal dalam memecahkan masalah. Jadi, jangan heran kalau orang-orang yang memiliki kecerdasan ini bisa menyusun segala sesuatu dengan sangat rinci.

* Pekerjaan yang cocok kalau memiliki kecerdasan ini adalah Ilmuwan, Akuntan, atau Progammer.

* Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan logika-matematis, kamu harus sering kamu latihan berhitung di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator. Katanya, kegiatan itu bisa meningkatkan kecerdasan jenis ini, lho!

5. Kecerdasan intrapersonal (self smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan diri sendiri. Biasanya, orang yang memiliki kecerdasan ini bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam dirinya dengan baik—seperti kekurangan dan kelebihannya. Wah!

Nggak cuma itu, orang dengan kelebihan ini juga sudah tahu apa yang ingin mereka capai ketika sudah besar nanti. Sayangnya, mereka lebih banyak melakukan segala sesuatu sendirian, gaes. Mulai dari memecahkan masalah hingga bermain.

* Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu Konselor Edukasi, Pengarahan, Sekolah dan Vokasi serta Teolog.

* Meningkatkan kecerdasan intrapersonal juga penting dilakukan, gaes. Tujuannya, ya, untuk pengembangan diri ke arah yang lebih baik serta untuk membantu kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Dan cara meningkatkannnya adalah dengan membuat catatan harian, rencana harian, dan evaluasi diri apa yang sudah dilakukan.

6. Kecerdasan interpersonal (people smart)

Kecerdasan interpersonal (people smart)

Kecerdasan interpersonal ini agak berlawanan dengan kecerdasan intrapersonal. Orang dengan kecerdasan ini bisa mengerti dan mengamati perasaan orang lain dengan baik. Kalau kamu bisa membaca karakter, emosi, dan keinginan teman-temannya, it means kamu memiliki kecerdasan interpersonal.

Oiyaa, orang dengan kemampuan ini senang sekali bermain dengan banyak orang dan menjadi pemimpin dalam sebuah permainan atau kelompok.

* Pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan tipe ini antara lain Networker, Negosiator atau Dosen (Secara umum)/Guru.

* Untuk meningkatkan kecerdasan tipe ini bisa dilakukan dengan banyak mengobrol sama orang lain, belajar bekerjasama dengan orang lain serta belajar untuk memahami pikiran, perasaan, dan maksud orang lain.

7. Kecerdasan filosofis (existential smart)

Kalau dalam hidup kamu memiliki banyak pertanyaan tentang hakekat segala sesuatu, mempertanyakaan tentang keberadaan diri sendiri—seperti kenapa saya hidup di dunia ini, kenapa ini begini, kenapa itu begitu. Artinya kamu memiliki kecerdasan filosofis.

Kamu yang memiliki kecerdasan ini juga mampu menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia, baik itu makna dan tujuan.

* Pekerjaan yang cocok banget buat kamu adalah menjadi seorang Filsuf.

* Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah dengan lebih peka terhadap permasaalahan orang-orang di sekelilingnmu.

8. Kecerdasan musikal (musical smart)

Dilihat dari namanya aja, rasa-rasanya kamu pasti sudah bisa menebak jenis kecerdasan yang satu ini. Yups, orang dengan kecerdasan ini cukup peka terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengarnya.

Jadi, nggak heran kalau orang dengan kecerdasan ini bisa mengamati, membedakan, dan menikmati bentuk-bentuk musik.

* Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah Penyanyi, Musisi Instrumental, atau Pencipta Lagu.

* Mendengarkan berbagai jenis musik, termasuk musik yang terdengar asing di telinga, bisa menjadi cara untuk meningkatkan kecerdasan bermusik.

9. Kecerdasan spasial (picture smart)

Kecerdasan yang satu ini berhubungan dengan gambar dan ruang. Beberapa orang yang memiliki kecerdasan spasial atau keterampilan tata ruang biasanya bisa membayangkan sebuah bentuk di dalam otaknya, meski sesuatu itu nggak ada di depan matanya. (Wow, keren banget!)

Eitss, jangan heran kalau orang dengan kemampuan ini akan lebih senang menggambar atau mencorat-coret, daripada menulis, ya. Hihihi.

* Ada beberapa profesi yang mengharuskan seseorang memiliki kecerdasan ini, misalnya Arsitek, Perencanaan Kota dan Wilayah, Desainer Interior, serta Ahli Peta Geografi.

* Kecerdasan ini bisa ditingkatkan dengan cara bermain catur, bermain teka-teki, bermain jigsaw, dan belajar membuat origami.

***

Nah, kecerdasan mana yang ada pada dirimu? Dan kalau kamu sudah tahu kecerdasan apa yang kamu miliki. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kecerdasan-kecerdasan tersebut, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: edutopia.org, parenting.firstcry.com, dianawaring.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Syafara nur Jannah | 9 jam yang lalu

Kirain jurusan dokter forensik dibedain jurusan dokter pada umumnya

Mengenal Serba-Serbi Profesi Dokter Forensik
arinal izzay | 14 jam yang lalu

go visit : http://news.unair.ac.id/2018/09/10/manajemen-perhotelan-unair-siapkan-mahasiswa-hadapi-dunia-kerja/

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja
Muhammad Qasthari | 20 jam yang lalu

Kalau kita ambil Geoteknik prospek kerja kedepan bisa ke tambang kan ya?

Serba Serbi Cabang Ilmu Peminatan yang Ada di Jurusan Teknik Sipil
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©