Menu

Inilah 6 Pilihan Karier buat Kamu yang Terjun ke dalam Industri Kecantikan

Gaes, pemerintah telah mencanangkan 10 industri apa saja yang menjadi prioritas masa depan Indonesia hingga tahun 2035 mendatang. Nah, salah satunya disebutkan adalah industri kosmetik a.k.a kecantikan.

Industri kecantikan sendiri merupakan salah satu industri yang saat ini sudah sangat bersinar dan cukup diminati oleh banyak orang. Bahkan menurut Kemenperin, bidang kecantikan ini bisa menjadi salah satu industri penyumbang PDB terbesar, lho! (baca selengkapanya di: 10 Industri yang Jadi Prioritas Indonesia Hingga Tahun 2035 Serta Prediksi Jurusan dengan Lulusan Paling Dibutuhkan)

Dari situ kita bisa melihat, ‘kan, bahwa dunia kecantikan sedang berkembang pesat. Kita juga nggak perlu khawatir kalau ingin mendalami hal-hal yang terkait dengan kecantikan dan jurusan Tata Rias dan Kecantikan adalah jurusan yang pas banget buat kita mempelajari tentang rias merias. Di antaranya seperti mempelajari tata rias Indonesia dan internasional, cara menyanggu, cara menata rambut, cara memotong rambut, cara merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika, dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang kuliah/sekolah di dunia kecantikan atau memiliki passion dan ingin berkarier di industri kecantikan, berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa banget kamu jadikan sebagai salah satu pilihan kariermu di masa depan! Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Make Up Artist 

make up artist

Yaps! Profesi pertama yang berkaitan dengan dunia kecantikan adalah Make Up Artist. Make up artist atau yang biasa disingkat MUA ini merupakan seseorang yang berperan penting dalam menciptakan penampilan luar biasa bagi seorang artis.

Untuk bisa menjadi seorang MUA handal seperti Bubah Alfian dan Ryan Ogilvy. Kamu bisa memulainya secara otodidak atau kamu juga bisa mengikuti berbagai macam kursus.

Meski terlihat sebagai profesi yang mudah, tapi seorang MUA dituntut untuk selalu up to date mengenai tren kecantikan terkini serta memiliki ketelitian yang sangat besar ketika sedang merias klien-kliennya, lho.

2. Beauty Vlogger

beauty vlogger

Berbicara mengenai kecantikan, pasti di antara kalian ada yang mengenal Suhay Salim, Rachel Goddard dan Tasya Farasya. Mereka adalah 3 Beauty Vlogger terpopuler di Indonesia.

Selain membutuhkan passion di dunia kecantikan, Beauty Vlogger juga menjadi salah satu profesi yang cocok kalau kamu suka tampil di depan kamera. Kamu bisa melakukan tutorial atau me-review  produk-produk make up yang sedang populer. Lalu mengunggahnya di channel YouTube ataupun media sosial yang lain.

Untuk menjadi seorang Beauty Vlogger itu nggak semudah yang dibayangkan, gaes. Selain harus paham mengenai masalah teknis dalam menyusun dan mengatur angle kamera, kamu juga dituntut untuk mampu mengemas konten secara apik dan menarik.

3. Beauty Writer

beauty writer

Kalau ada profesi Beauty Vloger pastilah ada profesi sebagai Beauty writer. Beauty Writer biasanya bekerja di suatu media online atau media cetak.

Selain harus memiliki passion dan pengetahuan di dalam dunia kecantikan, seorang Beauty Writer dituntut untuk memiliki passion dalam dunia tulis menulis. Kamu juga harus mampu mengemas sebuah artikel secara informatif dengan tata bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca, merupakan salah satu hal yang harus dipahami oleh seorang beauty writer.

4. Beautypreneur

Beautypreneur

Mengingat kecantikan sudah menjadi salah satu kebutuhan wanita di jaman yang semakin modern ini, kamu yang memiliki passion di dunia kecantikan dan memiliki jiwa-jiwa bisnis. Nggak ada salahnya mencoba menyalurkan ide dan keinginanmu untuk membuat brand kecantikanmu sendiri, lho, gaes. Fyi, nama profesinya adalah Beautypreneur.

Tapi yang harus selalu diingat, membangun sebuah bisnis atau usaha bukan salah satu hal yang mudah untuk dilakukan. Selain harus konsisten dan memiliki pengetahuan yang luas dalam dunia bisnis dan kecantikan, membangun usaha juga biasanya membutuhkan modal serta nyali yang cukup besar.

5. Hair Stylist

hair stylist

Pasti di antara kamu ada yang pernah potong rambut di salon, dong? Kalaupun belum pernah, kamu pasti seenggaknya tahu apa itu salon-salon kecantikan, ‘kan?

Di sana kmu melihat orang-orang yang menata rambut, menggunting rambut, coloring, dan masih banyak lagi yang lainnya. Profesi ini biasa disebut Hair Stylist, gaes.

Kalau kamu berminat untuk menjadi seorang Hair Stylist handal, kamu bisa memulainya dengan mengikuti beberapa kursus atau belajar sendiri secara otodidak. Hal yang penting untuk bisa menjadi seorang Hair Stylist profesional, kamu dituntut untuk ahli dan terampil dalam melakukan tugas-tugas di salon.

6. Dokter Kecantikan

dokter kecantikan

Profesi lain yang berkaitan dengan kecantikan adalah menjadi Dokter Estetika atau yang lebih dikenal sebagai Dokter Kecantikan. Seorang Dokter Kecantikan biasanya bertugas dan bertanggung jawab dalam menangani masalah seputar kecantikan. Mulai dari memberikan konsultasi hingga memberikan tindakan untuk memperbaiki penampilan fisik pada pasien, sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Oyaa, untuk menjadi seorang Dokter Kecantikan, kamu diharuskan untuk menjalani pendidikan formal selama beberapa tahun atau semester. Selain itu, untuk menjadi seorang Dokter Kecantikan, kamu juga harus mengikuti beberapa pelatihan khusus dan telah tersertifikasi oleh lembaga resmi. Jadi, nggak sembarangan gitu, ya, gaes.

***

Itulah beberapa pilihan karier yang bisa kamu jalani kalau kamu kuiah/sekolah di jurusan Tata Rias atau kalau kamu memang memiliki passion di dalam dunia kecantikan. Well, kira-kira profesi mana, nih, yang ingin kamu jadikan sebagai kariermu di masa depan?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: thecosmeticnotebook.com, popbela.com, youtube.com, intothegloss.com, saloniris.com, sartikabeauty.com)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©