Berbagai Profesi di Balik Gemerlapnya Opening Ceremony Asian Games 2018 dan Pertunjukan Lainnya

Tata panggung memukau, aksi pengisi acara yang superkeren, serta acara yang menghibur sekaligus memorable macam Opening Ceremony Asian Games 2018 jelas bukan hasil one man show alias pekerjaan satu orang. Event spektakuler tersebut merupakan buah kerja keras seluruh tim. Nah apa saja sih, profesi yang terlibat di balik layar?

Secara garis besar, acara seperti ini merupakan gabungan antara pertunjukan langsung dan tidak langsung melalui televisi. Jadi harus bisa ditonton dan dinikmati secara langsung maupun di layar. Pekerja yang berpartisipasi tentu sangat banyak. Profesi yang terlibat di balik layar di antaranya adalah….

1. Produser TV / Film / Video 

Bertanggung jawab terhadap keseluruhan acara, dari mulai praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi. Ia mengatur pekerja yang terlibat dalam proses produksi sehingga berjalan dengan baik dan sesuai tujuan. Acara atau program yang sangat besar biasanya melibatkan beberapa produser, yang disupervisi atau dikepalai oleh executive producer. Nah, pada Opening Ceremony Asian Games lalu, Scott Given dari Amerika Serikat lah yang menjadi executive producer. Dia berpengalaman menjadi tim produksi pada Opening Ceremony Olimpiade London 2012.

tim produksi asian games

2. Program Director /Show Director

Kalau produser adalah pemimpin dalam proses produksi, maka show director atau sutradara merupakan pengarah acara alias yang memimpin eksekusi jalannya acara atau proses syuting. Ia memberi perintah pada kru panggung, pengisi acara, camera person, dan lainnya selama acara berlangsung.

3. Kreatif

Bagian kreatif merupakan nyawa suatu acara. mereka yang bertangung jawab atas konten acara termasuk bagaimana susunan, gimmick, dan skrip acara. Tentunya, konten yang dibuat bagian Kreatif berdasarkan masukan dan persetujuan tim.

4. Production Assistant

Seorang PA memastikan bahwa secara teknis konsep yang dirancang bagian Kreatif dan tim bisa diwujudkan. PA banyak berhubungan dengan bagian teknis seperti kamera, piñata lampu, piñata suara, dan lainnya.

5. Floor Director 

Seorang FD adalah perpanjangan tangan dari show director ketika acara berlangsung. Ia membantu mengarahkan orang-orang di panggung dan sekitarnya terutama talent (pengisi acara) dan penonton.

6. Perancang Panggung dan Set 

Orang dengan pekerjaan ini bertanggung jawab terhadap rancangan panggung. Rancangan panggung harus sesuai dengan konsep dan dapat diwujudkan. Beidewei, pengerjaan panggung Opening Ceremony Asian Games kemarin mamakan waktu 3 bulan lho. Seusai acara, panggung berbentuk pegunungan berukuran 1,350 meter persegi dan berat 600 ton tersebut harus dibongkar dalam waktu 60 jam aja.

asian games 2018 opening kembang api

7. Penanggung jawab properti

Di setiap acara, biasanya ada perlengkapan yang digunakan, mulai dari yang besar sampai yang perintilan. Misalnya, bendera, piala, obor, hingga sepeda yang ditampilkan di panggung. Semua itu tanggung jawab bagian properti.

8. Operator Kamera untuk Televisi, Video, dan Film 

Tugas seorang kamerawan adalah mengambil gambar acara dengan baik, sesuai arahan sutradara dan kebutuhan program.

9. Penata lampu

Penata lampu bertanggung jawab atas unsur teknis dan estetis dari penataan lampu sesuai dengan arahan tim. Biasanya saat acara berlangsung, cahaya ikutan “dimainkan” sebagai bagian dari acara.

10. Teknisi Suara 

Pekerja yang bertanggung jawab atas teknis sound dan kualitas suara yang dihasilkan.

11. Penata Musik

Menyusun, mengkombinasi, menciptakan, mengatur, dan memutar musik pada saar acara berlangsung. Tantangannya, musik yang hadir nggak hanya harus indah tetapi juga mendukung konsep acara.

12. Koreografer 

Bertugas menata gerakan dan tarian dalam suatu acara. Pada Asian Games lalu, penari Eko Supriyanto yang menjadi koreografer dan mengarahkan sekitar 4000 penari, sementara Denn y Malik menjadi koreografer tari Ratoh Jaroe.

ratoh jaroe asian games

12. Talent

Inilah bagian yang berhubungan dengan talent atau pengisi acara, baik pengisi acara utama, pendukung, MC, hingga figuran.

13. Penata busana /Desainer/ Stylist

Bagian yang mengatur outfit apa saja yang ditampilkan dalam sebuah acara. Pakaian tersebut harus mendukung konsep yang ditampilkan. Nah, desainer acara opening ceremony kemarin adalah Rinaldy Yunardi. Divisi wardrobe bisa dikoordinir oleh desainer atau stylist.

(sumber gambar: kpopchart.net, hindusantimes.com, tempo.co)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1