6 Profesi yang Paling Dibutuhkan Industri dari Lulusan Computer Engineering

Siapa disini yang ingin berkuliah di Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)? Pastinya, banyak, ya, yang mau masuk ke jurusan yang satu ini. Meskipun dapat dikatakan jurusan ini mempelajari tentang komputer, tapi bukan berarti kamu hanya belajar tentang cara menggunakan Microsoft word, Microsoft excel dan sebagainya secara baik dan benar, ya, gaes. Tentunya, apa yang akan kamu pelajari di Jurusan Computer Engineering jauh lebih kompleks.

Jurusan ini mempelajari hal-hal tentang komputer seperti komponen-komponen komputer atau yang biasa disebut hardware, perangkat lunak komputer atau yang biasa disebut sebagai software dan juga jaringan komputer atau network.

Nah, jurusan yang satu ini sebenarnya, menggabungkan teknik elektro dengan ilmu komputer, nih, gaes. Jadi, jangan kaget, ya, kalau tiba-tiba kamu disuruh belajar untuk merancang dan membangun “otak” dari komputer. “Otak” dari komputer ini adalah processor atau chip yang terdapat di dalam motherboard komputer. Processor atau Chip ini adalah benda yang memproses instruksi atau aktivitas dari perangkat keras seperti keyboard atau mouse. Nggak cuma itu, kamu pun akan mempelajari tentang pemograman, lho. Akan tetapi, pemograman disini akan lebih ditekankan pada bahasa pemograman mesin, ya. 

Pada saat ini, teknologi sedang berkembang pesat, nih, gaes. Pastinya, jika kamu masuk ke Jurusan Computer Engineering, kamu pun akan memiliki prospek kerja yang luas. Nah, karena prospek kerja yang luas ini, kamu pun perlu menyortir profesi apa saja yang terbaik untuk lulusan Jurusan Computer Engineering. Penasaran? Cek di bawah ini, yuk!

1. Database Administrator

database administrator

Database Administrator atau yang biasa disingkat sebagai DBA, merupakan pekerjakaan yang berkutat pada pemeliharaan, implementasi, perbaikan, mendesain dan tuning database. Selain itu DBA juga berkutat pada hal-hal seperti pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan.

Selain itu, kamu pun akan bekerja untuk menulis dan membuat kode deskripsi basis data secara fisik dan logis dan menentukan pengidentifikasian dari database untuk sistem manajemen atau mengarahkan orang dalam melakukan pengodean deskripsi. Kamu pun memiliki tanggungjawab yaitu merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk melindungi informasi dalam file komputer terhadap kerusakan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Ketika kamu ingin menjadi DBA, hal yang perlu kamu pastikan ialah, kamu mahir dalam pelajaran matematika seperti aritmatika, aljabar, kalkulus, statistika dan sebagainya. Kamu pun harus paham tentang prosedur dan sistem administratif. Selain itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang komputer dan elektronik.

2. Arsitek Jaringan Komputer 

Masih kah kamu ingat pelajaran TIK di bangku SMA, yang membicarakan tentang topologi jaringan internet dari satu komputer ke komputer lain? Well, hal ini merupakan hal yang paling dasar yang perlu kamu ketahui, jika kamu ingin bekerja menjadi Arsitek Jaringan Komputer.

Pada pekerjaan yang satu ini kamu dituntut untuk mengerjakan beberapa tugas, diantaranya adalah merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer dan informasi seperti jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet, extranet dan data jaringan komunikasi lainnya. Selain itu kamu pun harus mampu dalam mengerjakan tugas seperti melakuakn permodelan jaringan, analisa dan langkah-langkah keamanan komputer.

Kurang lebih, pada pekerjaan ini, kamu akan membicarakan tentang jaringan komputer. Kalau kamu ingin bekerja menjadi seorang arsitek jaringan komputer, hal yang perlu kamu kuasai pastinya ialah tentang komputer dan elektronik. Kamu harus memiliki kemampuan yang kuat dalam mengenal papan sirkuit, prosessor, chip dan sebagainya. Kamu pun harus memiliki kemampuan dalam hal rekayasa teknologi. Pada kemampuan ini, kamu dituntut untuk paham tetnang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

3. Arsitek Sistem Komputer 

arsitek sistem komputer

Pada pekerjaan yang satu ini, kamu akan terbiasa untuk melakukan perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitek sistem komputer ini pun akan terbiasa dengan melakukan pengimplementasian perencanaan dari masing-masing bagian komputer seperti bagaimana CPU akan bekerja, cara pengaksesan data dan sebagainya.

Nah, jika kamu bekerja dalam ranah ini, kamu akan dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas seperti mendokumentasikan spesifikasi desain, petunjuk instalasi dan sistem informasi terkait, memverifikasi stabilitas, interoperabilitas, portabilitas, keamanan atau skalabilitas sistem arsitektur, dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi seorang arsitek sistem komputer, tentu, tugas yang kamu kerjakan melioui

4. Peneliti Komputer dan Informasi 

Pekerjaan yang satu ini memiliki cakupan tugas yang cukup besar. Kamu dituntut untuk sangat paham tentang komputer dan informasi karena pastinya kamu akan meneliti kedua hal ini. Sebelum kamu menemukan permasalahan komputer dan informasi, tentunya kamu harus memiliki ilmunya terlebih dahulu, ‘kan?

Pada pekerjaan ini, tugas utamanya adalah menganalisa masalah untuk mengembangkan solusi yang melibatkan hardware atau perangkat keras dan juga software atau perangkat lunak pada komputer.  Selain itu, ketika kamu telah mendapatkan solusi, kamu harus membuat dan mengevaluasi rencana dan proposal proyek untuk menilai isu kelayakannya.

Jika kamu ingin bekerja menjadi seorang peneliti komputer dan informasi, kemampuan yang harus kamu miliki ialah kemampuan matematika seperti aljabar, kalkulus, statistika, geometri dan sebagainya. Selain itu, kamu harus paham tentang ilmu telekomunikasi seperti pengetahuan transmisi, penyiaran, peralihan, kontrol dan pengeoperasian sistem telekomunikasi.

5. Growth Hacker 

growth hacker

Pekerjaan yang satu ini memiliki kaitannya dengan Manajer pemasaran Digital atau yang biasa disebut sebagai digital marketing manager, lho. Pada pekerjaan digital marketing manager, kamu akan melakukan pemasaran melalui media digital untuk mencapai tujuan yaitu pertumbuhan pelanggan dan pertumbuhan kesadaran merek (brand awareness).

Nah, para growth hacker akan bertanggung jawab atas pertumbuhan pengguna secara kuantitatif. Kurang lebih, para pekerja growth hacker memiliki data-data tentang pengguna dan diolah menjadi data kuantitatif berupa perkembangan penggunaan suatu produk dan hasil dari data kuantitatif ini akan digunakan sebagai laporan kepada client.

Tugas para growth hacker misalnya seperti merancang dan melaksanakan quality assurance dan menjalankan A/B Testing terkait performa web ataupun aplikasi. Selain itu, growth hacker pun merancang dan menjalankan tes kegunaan untuk memastikan performa web ataupun aplikasi berjalan optimal. Tugas lainnya ialah merancang dan merekomendasikan fitur baru dalam web ataupun aplikasi yang dapat mempercepat pertumbuhan pengguna dan sebagainya

***

Wah, ternyata ada banyak, ya, profesi yang dapat kamu coba ketika kamu telah lulus dari Jurusan Computer Engineering. Dengan adanya prospek kerja yang luas dan menjamin, apakah kamu tertarik untuk masuk ke Jurusan Computer Engineering, gaes?

Kalau iya, pastinya kamu sudah harus mulai kepo-kepo lebih jauh tentang jurusan Computer Engineering, terutama kampus terbaik yang menyediakan jurusan ini. Look no further, karena BINUS University adalah salah satu dari kampus Indonesia yang menyediakan jurusan Computer Engineering dengan akreditasi A dan terakreditasi secara internasional yaitu akreditasi ABET.

Dengan kurikulum yang mendukung revolusi industri 4.0, kamu bakal dibekali ilmu dan kemampuan yang mampu menjawab tantangan kemajuan zaman. BINUS juga memiliki program 3+1 yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk mengembangkan kualitas diri sebagai mahasiswa agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di masa depan. Program ini merupakan program hasil kerjasama BINUS University dengan dunia industri untuk menghubungkan mahasiswa dengan peluang kerja serta meningkatkan keterserapan talent-talent terbaik BINUS University sesuai dengan kebutuhan industri.

Gimana, gaes? Tertarik jadi mahasiswa Computer Engineering di BINUS University untuk mengejar profesi impianmu di masa depan?

Baca juga:

(Sumber gambar: careertoolkit.com, affirmaconsulting.com, weblagence.com, duniailkom.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1