Menu

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Profesi Social Media Specialist

Apakah kamu seseorang yang social media savvy? Apakah kamu sangat tertarik bekerja dalam bidang media sosial? Nah, tenang, gaes, profesi seperti itu, saat ini sudah ada, kok. Profesi yang berhubungan dengan media sosial ini, dapat muncul dikarenakan adanya perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi, gaes.

Pada saat ini, profesi yang berhubungan dengan media sosial sedang berkembang pesat. Hampir seluruh perusahaan, baik itu perusahaan yang memiliki brand, perusahaan perbankan dan sebagainya membutuhkan orang-orang yang bekerja dalam mengatur media sosial perusahaan tersebut. Memangnya, pekerjaan yang berhubungan dengan mengatur media sosial itu disebut apa, sih? Nah, profesi yang berhubungan dengan media sosial disebut social media specialist atau bahasa Indonesianya Spesialis Media Sosial!

spesialis media sosial, pada saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, lho, karena pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang sangat penting bagi perusahaan apabila perusahaan ingin tetap menjadi yang terdepan dalam kompetisi dengan perusahaan lainnya. spesialis media sosial ini pun menjadi jembatan antara perusahaan dan juga masyarakat.

Wah, berarti pekerjaan ini lagi happening banget, dong, ya? Tentu, dong, gaes. Nah, karena pekerjaan ini sedang digandrungi, yuk, kita cari tahu lebih dalam tentang profesi spesialis media sosial! Check these out!

1. Apa sih Spesialis Media Sosial itu?

spesialis media sosial merupakan suatu profesi  yang dimana seseorang atau tim akan memegang kendali atas seluruh isi media sosial dari perusahaan. Nah, profesi ini tidak hanya berhubungan dengan meng-upload foto, mem-post status dan menanggapi komen saja, gaes, melainkan, pekerjaan ini memiliki job description yang cukup kompleks.

Orang-orang yang meng-hire spesialis media sosial di perusahaannya, memiliki tujuan yaitu agar media sosial yang dimiliki dapat dikelola sebaik mungkin. Ketika media sosial dikelola sebaik mungkin, pastinya akan memberikan dampak baik bagi perusahaan tersebut, gaes. Misalnya nih, ketika perusahaan memiliki media sosial yang dikelola dengan baik, maka tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai.

 2. Apa sih tanggung jawab dari Spesialis Media Sosial?

Seorang spesialis media sosial memiliki tanggung jawab yaitu ia harus meng-update informasi yang mengalir tentang tren-tren terbaru. Selain itu, ia pun harus mengecek kompetitor-kompertitor dari sebuah perusahaan. Dengan melakukan pengecekkan, para spesialis media sosial akan mengetahui apakah mereka sudah melakukan hal yang benar atau belum untuk kemajuan suatu perusahaan.

Agar perusahaan dapat dikenal, maka, para spesialis media sosial pun bertanggungjawab untuk membentuk personal connection dengan masyarakat atau pelanggan. Selain itu, para spesialis media sosial harus melayani setiap keluhan, pertanyaan dan sebagainya dari masyarakat dengan cara merespon komentar dari masyarakat atau pelanggan di sosial media.

tanggung jawab social media specialist

Para spesialis media sosial pun, memiliki kewajiban yaitu membuat konten atau kampanye yang sesuai dengan suatu perusahaan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui hal-hal apa saja yang ingin dijual, jasa apa saja yang diberikan dan sebagainya dari sebuah perusahaan.

Selain itu, para spesialis media sosial pun bertanggung jawab dalam meningkatkan kepercayaan dari masyarakat terhadap suatu perusahaan. Dengan konten dan kampanye yang dibuat, merespon komentar di sosial media, merupakan cara agar meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan.

Orang yang bekerja sebagai spesialis media sosial pun memiliki tanggung jawab yaitu mempelajari SEO agar bisa menampilkan keyword yang tepat di sosial media. Nah SEO ini merupakan suatu hal yang penting, lho, gaes. Dengan SEO yang baik, media sosial dari suatu perusahaan dapat langsung muncul di kolom pencarian ketika kamu sedang men-search sesuatu yang sesuai dengan perusahaan tersebut.

3. Skills apa yang harus dimiliki seorang Spesialis Media Sosial 

Tentunya, ketika kamu ingin menjadi spesialis media sosial, kamu harus paham betul dengan segala media sosial yang ada. Kamu pun harus aware dengan berbagai macam tren yang sedang terjadi di media sosial.

Kamu pun juga harus memiliki kemampuan dalam bidang tulis menulis, gaes. Kemampuan ini akan dibutuhkan ketika kamu sedang membuat suatu kampanye atau konten. Agar menunjang kemampuan menulismu, kamu harus memiliki mindset yang kreatif agar kamu dapat menemukan perspektif baru dan menarik untuk membuat suatu konten atau kampanye. Selain bidang tulis-menulis, kamu pun harus mampu dalam membuat suatu media visual seperti video atau design gambar agar menunjang kampanye dan konten dari perusahaan atau organisasi.

Kamu pun harus memiliki pengetahuan dalam prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan dan menjual suatu produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan dan sistem kontrol penjualan.

4. Apa tantangan terbesar bagi seseorang yang berprofesi sebagai Spesialis Media Sosial?

Hal yang menjadi tantangan bagi orang-orang yang bekerja sebagai spesialis media sosial ialah dalam merawat pelanggan. Di media sosial, pelanggan atau masyarakat dapat dengan mudah menggapai suatu perusahaan. Karena hal tersebut, maka, sudah tidak ada batasan lagi antara perusahaan dengan para pelanggan atau masyarakat.

kritikan merupakan tantangan terbesar social media specialist

Misalnya, ketika seorang pelanggan mengkritik salah satu brand dari suatu perusahaan di sosial media, hal tersebut dapat dengan mudah menyebar kepada masyarakat lainnya. Ketika kritikan buruk tersebar di masyarakat lainnya, maka, bisa jadi masyarakat tidak mempercayai kualitas dari suatu brand tersebut. Nah, hal seperti inilah yang menjadi suatu tantangan bagi para spesialis media sosial.

5. Berapa gaji profesi Spesialis Media Sosial?

 Untuk range gaji sebagai seorang spesialis media sosial ialah dikisaran 3.9 juta rupiah hingga 6.9 juta rupiah. Namun, ada juga, kok, gaes perusahaan yang berani mengeluarkan uang lebih untuk menggaji para spesialis media sosial. Range yang diberikan ialah berkisar dari tujuh juta rupiah hingga Sembilan juta rupiah,

***

Jadi, gimana, nih, gaes? Setelah mengetahui tentang lima hal dari spesialis media sosial, apakah kamu tertarik untuk berprofesi sebagai spesialis media sosial?

Baca juga:

(Sumber gambar: sproutsocial.com, firebrandtalent.com)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©