Menu

14 Bidang Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2018 (Bagian 1)

Ingin memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang tinggi? Tentunya semua orang di dunia ini pasti mendambakan hal tersebut, tak terkecuali masyarakat di Indonesia. Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara terbesar dengan jumlah penduduk hampir 250 juta orang, gaes. Perekonomiannya berkembang cukup pesat.

Namun, sayangnya dibutuhkan usaha maksimal untuk mendapatkan pekerjaan—persaingannya sangat ketat dan cukup sulit (walaupun udah menempuh tingkat pendidikan yang tinggi). Hal ini dikarenakan tinggi-rendahnya gaji seseorang biasanya ditentukan oleh jenis profesi yang diambil dan jumlah pengalaman yang dimiliki, gaes.

Nah, di Indonesia sendiri ada 10 jenis profesi yang memiliki rata-rata gaji tertinggi di tahun 2018. Berikut daftarnya.

1. Ahli Teknik Minyak Bumi  

Minyak dan gas

Bidang minyak dan gas memiliki gaji di atas rata-rata dengan beragam fasilitas menunjang, menjadi daya tarik tersendiri untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas, gaes. Banyak lowongan kerja dengan daya saing ketat yang disediakan—antara lain Ahli Geologi, Petroleum Engineer, Engineering Echnologist, dan masih banyak yang lainnya. Misalnya aja profesi Petroleum Engineer penghasilannya sebesar Rp 35 juta hingga Rp 70 juta.

Kalo kamu fresh graduate, kamu bahkan udah bisa menerima gaji antara Rp 4,5 juta hingga Rp 10 juta, lho.

2. Ahli Tambang dan Geologi 

Pertambangan

Profesi di bidang pertambangan juga sangat diminati di Indonesia. Apalagi kalo kamu bisa bergabung dengan PT Freeport Indonesia. Sayangnya, kamu harus kuat dan betah kerja jauh dari rumah.

Tapi tenangg, gaes. Hal ini, tentunya akan sebanding dengan gaji yang kamu dapatkan kok.

Kalo kamu fresh graduate dari fakultas teknik, kamu udan bisa ngerasai gaji Rp 10 juta hingga Rp 40 juta. Sementara, kisaran gaji tertinggi dipegang oleh Chief Operating Officer dengan penghasilan sebesar Rp 150 juta hingga Rp 300 juta.

3. Kepala Eksekutif (Chief Executives) 

Chief Executive Officer (CEO)

Kepala Eksekutif (Chief Executives)/Chief Executive Officer (CEO) adalah salah satu orang yang pekerjaannya sangat penting dalam keberhasilan perusahaan. Nggak heran sih, kalo hanya tenaga profesional aja yang bisa dipekerjakan untuk menempati posisi sebagai CEO dan penghasilannya pun mencapai rata-rata Rp 37,5 juta setiap tahun.

Gaji tersebut masih ditambah lagi dengan berbagai tunjangan sesuai perusahaan, lho.  seperti di PT Garuda Indonesia Tbk, profesi CEO memperoleh gaji Rp 80 juta per sebulan. Mantap banget, ‘kan?

4. Pilot, Kopilot dan Ahli Penerbangan  

Pilot, Kopilot dan Ahli Penerbangan  

Menjadi seorang Pilot emang nggak gampang, gaes. Sekolah penerbangan yang mahal dan tuntutan jam terbang yang tinggilahyang membuat seorang Pilot pesawat komersial bergaji tinggi.

Berdasarkan survey gaji pokok Pilot di tahun 2017, maskapai Air Asia menggaji Pilot-nya dengan rata-rata Rp 47,5 juta per bulan. Sementara Garuda Indonesia membayar jasa para Pilot-nya dengan gaji mencapai Rp 60 juta per bulan, kemudian Lion Airlines mencapai Rp 40 juta. Di samping maskapai komersial, Pelita Air Service, perusahaan yang melayani carteran pesawat dan helikopter aja bisa menggaji Pilot-nya sebesar Rp 25,5 juta.

5. Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Fast moving consumer goods (FMCG)

FMCG merupakan salah satu bidang industri yang cukup pesat di Indonesia. FMCG didefinisikan sebagai produk-produk yang dapat dijual dengan cepat pada tingkat harga yang rendah.

Kamu bisa memulai bekerja di bidang ini sebagai petugas Kontrol Dokumen, Admin Penagihan, dan Encoder dengan gaji sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Kamu juga bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 50 juta hingga Rp 80 juta, kalo kamu ditempatkan sebagai Manajer Pemasaran.

6. Pekerja Konstruksi  

Manajer Pemasaran

Kamu yang sedang menempuh program studi Teknik Sipil dan Arsitektur biasanya bermimpi bisa bekerja di bidang konstruksi atau properti, ‘kan? Hihihi.

Kalo kamu fresh graduate, biasanya kamu akan mendapatkan pelatihan atau biasa dikenal On the Job Training (OJT). Selama masa pelatihan itu, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp 4 juta jingga Rp 6 juta. Di jenjang karier berikutnya, kamu bisa meraih posisi project manager dengan gaji Rp 30 juta hingga Rp 70 juta.

For your information, saat ini, udah banyak kok perusahaan BUMN yang menjanjikan gaji besar dan fasilitas menarik.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: ghanatalksbusiness.com, ckb.co.id, altcointoday.com, alexshye.com, disciplesofflight.com, howtostart.com.ng, ikons.id)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 7 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 9 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©