Menu

10 Profesi yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Serta Alasan Mereka Dibutuhkan

Presented by:

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Atau lagi galau merancang profesi masa depan?

Michael Page, sebuah perusahaan spesialis rekrutmen di Inggris, melakukan riset untuk mencari tahu, apa aja pekerjaan dan profesi yang paling banyak dibutuhkan di 24 negara yang berbeda.

Hasilnya?

Buat kamu yang sudah atau berencana berkarier sebagai insinyur di bidang pengembangan software, good news! Kamu sudah berada di jalur yang tepat! Soalnya, berdasarkan riset Michael Page, Software Engineers & Developers adalah profesi yang paling banyak dicari di dunia—termasuk di Indonesia—untuk saat ini dan akan datang.

Nggak heran kalau sekarang ini, perusahaan-perusahaan rintisan alias startup berbau teknologi pada berkembang pesat, seperti Tokopedia, Go-Jek, Traveloka, Uber, Grab, Airbnb, dan sebagainya. And I’m sure they will keep growing! Apalagi pemerintah Indonesia ‘kan mulai mendorong kemajuan industri kreatif berbasis teknologi.

Ironisnya, ternyata Indonesia masih kekurangan banyak tenaga muda profesional untuk menggerakan industri ini. Bahkan, di tahun 2014, pemerintah sudah memprediksi kalau Indonesia bakal kekurangan ratusan ribu, bahkan jutaan, insinyur.

Dampaknya cukup konkrit, sob. Saking nggak adanya insinyur lokal yang kompeten, Go-Jek aja musti “mengimpor” puluhan progammer dari India. Grab, perusahaan saingan Go-Jek dari negara tetangga, pun harus buka kantor Research & Engineering di Seattle, AS agar bisa merekrut ratusan engineer dan programmer yang kompeten.

Anyways, berikut adalah 10 profesi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di seluruh dunia.

Software Engineers & Developers (Insinyur & Pengembang Perangkat Lunak)
Jurusan kuliah: Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Berhubung sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif serta Teknologi, Software Engineers & Developers alias insinyur dan pengembang perangkat lunak diproyeksikan sebagai profesi yang pertumbuhannya paling cepat serta paling banyak dibutuhkan selama 10 tahun terakhir, dan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer atau Ilmu Komputer tentunya punya peluang yang oke untuk bekerja di bidang ini, apalagi kalau sudah punya pengalaman kerja praktek semasa kuliah.

Kalau kamu memilih bekerja di bidang ini, jangan lupa untuk selalu mempertajam keahlian dan meng-update keterampilan, ya, berhubung dinamika dan perubahan di bidang teknologi dan komputer sangatlah cepat.

Electronics Engineers (Insinyur Elektronik)
Jurusan kuliah: Teknik Elektro

Alasan profesi Electronic Engineer banyak dicari hampir sama dengan alasan di atas, yaitu karena sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif dan Teknologi.

Pekerjaan utama Electronic Engineer terkait dengan desain, riset dan pengembangan perangkat-perangkat elektronik berbasis Internet, seperti sistem komunikasi, GPS, alat deteksi, dan sebagainya. Perangkat-perangkat elektronik ini akhirnya banyak mendorong kelahiran perusahaan hardware dan “internet of things” baru seperti Nest, Jawbone, dan Quirky.

Nggak mau kalah, perusahaan-perusahaan hardware konvensional seperti Intel, Phillips, Samsung juga ingin membuat banyak inovasi baru. Akibatnya? Insinyur Elektronik makin laku, deh!

Mechanical Engineers (Insinyur Mekanik)
Jurusan kuliah: Teknik Mesin

Profesi di bidang Teknik Meskin diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5% dari tahun 2012 hingga 2024, sehingga insinyur Teknik Mesin punya peluang besar untuk bekerja di banyak industri di berbagai jenis proyek. 

Mahasiswa yang terbuka dan up-to-date dengan kemajuan teknologi punya prospek yang oke banget di bidang ini.

Perawat
Jurusan kuliah: Keperawatan, Kebidanan

Profesi keperawatan diproyeksikan tumbuh 16% dari tahun 2012 hingga 2024 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jauh lebih tinggi dari angka pertumbuhan rata-rata pekerjaan lain, lho! Kok bisa?

Hal ini terjadi karena meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis, meningkatnya penyakit kronis, dan meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan untuk generasi Om-Bapak kita yang lahir tahun 1946-1964.

Dokter dan Praktisi Kesehatan
Jurusan kuliah: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat

Alasannya sama seperti alasan berkembangnya profesi Keperawatan di atas.

Civil Engineers (Insinyur Sipil)
Jurusan kuliah: Teknik Sipil

Profesi insinyur sipil diproyeksikan tumbuh 8% dari tahun 2012 hingga 2024, meski bervariasi di masing-masing lokasi. Misalnya, profesi insinyur sipil di negara berkembang—seperti Indonesia—lebih cepat berkembang dibandingkan di negara maju.

Presiden Jokowi sendiri sudah mencanangkan percepatan proyek-proyek infrastruktur. Nah, dengan demikian, insinyur sipil bakal banyak dibutuhkan untuk mengelola proyek-proyek pembangunan infrasktruktur tersebut, seperti perumahan, bandara, transportasi (MRT, kereta cepat), jalan tol, dan sebagainya. Soalnya, gara-gara Indonesia krisis insinyur, program pengembangan infrastruktur Jokowi terhambat, lho.

Kabar gembira, nih, buat anak Teknik Sipil!

IT Data Analysts (Analis Data Teknologi Informatika)
Jurusan kuliah: Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Karena kemajuan Internet dan konektivitas sudah sangat pesat, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data dengan sangat cepat, misalnya, data-data untuk memahami tren dan perilaku konsumen.

Masalahnya, sebagian besar data yang terkumpul tersebut biasanya masih sangat “mentah” sehingga susah dipahami para CEO dan pengambil keputusan di perusahaan. Nah, tenaga Data Analis lah yang bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan.

Profesi data analis adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan cepat berkembang, serta di proyeksikan tumbuh antara 3% - 7% hingga tahun 2022.

Akuntan
Jurusan kuliah: Akuntansi

Profesi akuntan dan auditor diproyeksikan tumbuh 11% dari tahun 2012 hingga 2024  di seluruh dunia, lebih cepat dari pertumbuhan rata-rata pekerjaan pada umumnya.

Secara umum, pertumbuhan profesi akuntan dan auditor terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi negara. Sehingga tingkat kebutuhan profesi ini bervariasi, tergantung pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Nah, dengan semakin bertumbuhnya ekonomi Indonesia, profesi akuntan akan semakin dibutuhkan dan diminati.

Engineering Managers (Manajer Teknik)
Jurusan kuliah: Semua Teknik

Engineering Manager bertugas untuk merencanakan langsung dan mengkoordinasikan kegiatan engineering di perusahaan, dan ia biasanya membawahi beberapa anggota tim.

Karena perkembangan industri Indonesia semakin maju, Engineering Manager adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan.

***

Kesimpulannya, tiga profesi yang paling banyak dicari di dunia setelah software engineer and developer adalah insinyur elektronik, insinyur mekanik, serta perawat.

Menariknya lagi, 7 dari 10 pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan, adalah profesi yang terkait dengan engineering. Nggak heran kalau Indonesia bakal kekurangan banyak insinyur di masa depan!

Merasa bidang-bidang ini nggak ada yang sesuai dengan minat kamu? Tenang, sob! Masih banyak profesi seru dan bermasa depan cerah yang akan kami bahas. Stay tune!

Profesi Paling Banyak Dibutuhkan Youthmanual

(sumber foto: kiplinger.com, merdeka.com, under30ceo.com)

LATEST COMMENT
Dinnookk | 41 menit yang lalu

Kasus serupa dengan saya wkw

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Suho Wife | 6 jam yang lalu

Kak di unbraw nggak ada bisnis internasionalnya ka?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Sheila Amadea | 1 hari yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 1 hari yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 2 hari yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©