Menu

Tertarik Jadi Penulis? 5 Pesan Dari Stan Lee Ini Akan Mendorong Semangatmu Untuk Mewujudkannya

Sapa sih yang nggak kenal tokoh-tokoh superhero seperti Iron Man, Captain America, dan Spider-Man? Meskipun kamu bukan Marvel die-hard fan, paling nggak kamu udah familiar karena franchise besar ini bertebaran di mana-mana. Hehehe.

In case kamu nggak tahu, Stan Lee merupakan sosok di balik nama besar Marvel. Pada tanggal 12 November 2018 lalu, kreator para superhero Marvel Comics ini meninggal dunia. Hal itu tentunya membuat para pecinta komik (khususnya Marvel) dirundung duka yang mendalam.

Stan Lee sebelumnya telah berjuang melawan penyakit pneumonia sekitar kurang lebih satu tahun terakhir. Namun, takdir berkata lain. Lee tutup usia di umurnya yang ke 95 tahun.

Karya-karyanya yang terbilang sukses, nggak membuat dirinya berhenti dan berpuas diri, lho, gaes. Dia menjadi seorang penulis, komikus bahkan menjadi seorang cameo dalam film-film Marvel.

Sebagai seorang penulis jenius, Stan Lee sudah banyak melahirkan karya-karya yang fenomenal. Sebut saja, Spider-Man, Daredevil, Hulk, IronMan, Thor, Fantastic Four, X-Men, dan masih banyak lagi. 

Nah, buat kamu yang ingin merintis karir sebagai penulis, 5 pesan dari Bapak Marvel ini, mungkin dapat kamu jadikan pemacu semangat untuk terus berjuang dalam berkarya.

1. To Me, Writing Is Fun. It Doesn't Matter What You're Writing, As Long As You Can Tell A Story

Stan LeeLangkah awal yang wajib kamu tempuh untuk memulai profesi sebagai penulis adalah menganggap pekerjaan menulis itu menyenangkan. Nggak usah terlalu tertekan dengan target tulisanmu harus langsung bagus, gaes. Kok gitu?

Soalnya, selama kamu bisa menceritakan sebuah kisah dan membuat orang yang membaca memahami apa yang kamu sampaikan, itu udah menjadi langkah awal yang sangat baik, lho!

2. When I'm Really At An Impasse, I'll Stop And Say To Myself "Come On You Jerk. It's Just Words And Paper"

Cameo di Film MarvelDalam proses menulis sebuah cerita, gak jarang kamu mengalami masa buntu ide. Sudah tinggal masuk ke endingeh tiba-tiba pikiran mampet di tengah jalan. 

Kalau kata Stan Lee, jangan stres dulu. Ketika kesulitan itu datang, tetaplah tenang. Buka mata dan sadarlah yang ada di hadapanmu tak lebih dari kata-kata dan kertas. Buat simple saja dan lanjutkan kembali tulisanmu. Baik buruk hasilnya nanti, bisa dikoreksi belakangan.

3. Reading Is Good, And You Quotes Me On That

Stan LeeMenurut Lee, membaca itu kegiatan yang baik. Apalagi buat kamu yang cita-citanya jadi penulis.

Dengan membaca, kosa kata yang kamu miliki akan bertambah, pengetahuan jadi semakin luas dan mendorong pikiranmu untuk berpikir kreatif. Sehingga hasil tulisanmu nantinya lebih fresh dan berbobot, gaes.

4. The Only Advice, Anybody Can Give Is, If You Wanna Be A Writer, Keep Writing. And Read All You Can, Reading Everything

Stan LeeKamu mungkin pernah memiliki pikiran—apa sih yang harus dilakukan agar bisa menjadi penulis? Mungkin jawaban itu serupa jika ada pertanyaan—apa yang mesti dikerjakan jika ingin menjadi seorang penyanyi. Ya tentu jawabannya menyanyilah serta berlatih vokal yang baik dan benar.

Begitu juga, bila kamu ingin menjadi penulis. Jawabannya, ya, teruslah menulis. Asah kemampuan menulismu setiap hari.

Dan jangan lupa biasakan untuk membaca, gaes! Baca apa saja, sebanyak-banyaknya—mulai dari novel, cerpen, komik, surat kabar, bahkan papan pengumuman.

5. I Never Thought That Spider-Man Would Become The Worldwide Icon That He Is. I Just Hoped The Books Would Sell And I'd Keep My Job

Stan Lee dan Spider-Man

Ketika kamu membuat sebuah karya, sebagai penulis pemula mungkin kamu hanya berharap tulisanmu dibaca, disukai banyak orang dan tentunya dapat memberimu penghasilan. 

Bahkan Stan Lee sendiri nggak pernah nyangka kalau (salah satu tokoh ciptaannya), Spider-Man bisa sangat mendunia dan disukai banyak orang hingga hari ini. 

***

Walau telah tiada, karya-karya Stan Lee pasti akan terus dikenang dan diapresiasi. Itu salah satu keuntungan yang bisa kamu raih jika kamu tetap konsisten dengan bidang yang ditekuni, lho, gaes.

Karena itu tetap semangat dan berusaha, ya! Dengan usaha yang maksimal, bukan nggak mungkin suatu saat kamu bisa merasakan apa yang pernah dialami oleh Stan Lee.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: screenrant.com, nydailynews.com, time.com, thenational.ae, inc.com)

LATEST COMMENT
Shahfa Ananda | 4 menit yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 11 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 13 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 15 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 15 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©