Cara-Cara Supaya di-Endorse di Instagram

Kalau diamati, di media sosial, banyak banget anak muda non-selebriti yang di-endorse dari ujung rambut sampai ujung kaki oleh berbagai produk, mulai dari camilan sampai vitamin peninggi badan.

Soalnya, media sosial—seperti Twitter dan Instagram—memang merupakan platform seru untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan kreativitas. Anak-anak muda yang sukses membuat akunnya jadi menarik ujung-ujungnya jadi punya banyak fans dan follower, sehingga mereka sukses jadi influencer. Nah, para influencer inilah yang akhirnya sering di-endorse atau disponsori. Mereka nggak cuma dapat barang-barang keren for free, tetapi juga bayaran berupa uang.

Bahkan seperti yang diceritakan di artikel ini, di Amerika, seorang influencer bisa mengantongi sekitar $500 per hari! Ini dollar lho, bukan duit monopoli!

Ih, seru amat! So, how can we get ourselves endorsed? Saya akan bagi-bagi tipsnya, khususnya untuk platform Instagram. Mari, sis, bro!

1. Profil Ciamik

Perhatikan profilmu—apakah foto, nama dan bio-nya sudah menarik? Bikinlah sekreatif dan se-catchy mungkin. Tapi ingat, info yang ditampilkan harus tetap benar, ya. Jangan bo’ong.

Bosen sama foto muka sendiri? Boleh, kok, masang profile picture kaki di atas pasir atau pose kayang sekalian. But please, jangan pajang foto Kendall Jenner atau artis Korea, edit sana-sini, trus ngaku kalau itu kamu.

Jangan lupa cantumkan contact, supaya yang mau endorse kamu gampang menghubungi. Optimis aja doloo…

2. Foto Niat

Setelah mengamati 6,783 akun Instagram yang rutin di-endorse #lebay, saya bisa menyimpulkan bahwa mereka semua punya satu kesamaan: fotonya (atau videonya) niat.

Ada selebgram yang memang hobi motret dan punya kamera canggih. Ada juga, selebgram yang cuma motret pake kamera handphone dengan skill yang standar, tapi subjek atau propertinya selalu menarik. Malah ada yang sengaja bikin senorak mungkin tapi malah jadi kocak.  

Maka pikirkan konsep foto (dan video) yang ingin kamu tampilkan. Trus, ambil beberapa jepretan—jangan cuma sekali—supaya kamu bisa memilih hasil yang paling bagus.

3. Rajin Posting  

Walau postingan-nya yahud, akun kamu nggak bakal dilirik kalau update hanya tiap bulan purnama. So, eksistensi dan konsistensi mesti dijaga. Oya, jangan lupa cantumkan tags yang mendukung, tapi jangan overused.

4. Be A Followers Magnet

Dengan menjalankan poin 1 sampai 3, otomatis followers kamu biasanya akan bertambah. Then, go further! Tag dan mention orang, tempat atau brand yang terkait dengan dengan postingan-mu. Trus, sebisa mungkin balas komentar yang masuk.

Kalau jumlah followers udah lumayan, kamu bisa bikin giveaway kecil-kecilan. Pasti follower kamu bakal hepi. Hal ini sekaligus akan menarik massa lebih besar. Akun kamu pun akan terkesan lebih bonafid.

5. Berikan Sesuatu yang Berguna

Nah, hal ini sebenarnya lebih penting daripada bagi-bagi hadiah giveaway. Berikanlah sesuatu kepada followers lewat postingan kita secara rutin. Nggak perlu yang berat. Bisa berupa info tempat, tips, meme kocak, kutipan inspiratif, gambar yang menarik atau hal-hal lain yang “sesuatu” banget.    

6. Stay True to Yourself     

Meskipun kamu termotivasi menjadi seorang selebgram, tetaplah selalu menjadi apa adanya. Nggak perlu, lah, bergaya bak artis ibu kota kalau itu memang bukan gaya kamu. Apalagi merasa paling bener, paling kece dan paling oke di antara Instagrammers lain.

Kenapa?  

Sebuah artikel di situs Fast Company menyebutkan bahwa pemilik akun medsos justru di-endorse karena mereka relatable dan mirip dengan orang kebanyakan. Mereka tampak lebih meyakinkan dan real ketimbang high-profile people seperti seleb.

Kalau kamu udah siap meng-upgrade akun Instagram kamu jadi lebih kece supaya banyak menarik endorsement, cek artikel-artikel berikut, ya!

(sumber gambar: The Drum, Instagram/marietaeu, Instagram/nuhevita)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1