Menu

Tentang Youthmanual

Apa itu Youthmanual?

Youthmanual.com adalah platform persiapan kuliah dan karier online berbasis data, didukung oleh teknologi People Science © untuk membantu siswa dalam merancang dan mempersiapkan masa depan mereka. Dikembangkan menggunakan riset ilmiah, Youthmanual mengukur 7 dimensi profil siswa sebagai landasan dalam rekomendasi, perencanaan kuliah dan karier secara menyeluruh.

Berapa biaya untuk mengikuti asesmen di Youthmanual?

Asesmen Minat, Kepribadian, dan Gaya Belajar dapat diakses secara gratis. Selain itu, Youthmanual memiliki pilihan paket premium yaitu:

  • Basic : Rp.49.000
  • Explore : Rp.79.000
  • Hero : Rp.189.000

Apa yang saya dapatkan dari paket ini?

Basic

  • Kecocokan jurusan & profesi terhadap minat
  • Bimbingan Perencanaan Karier Adaptif
  • Database 250+ Jurusan
  • Database 500+ profesi

Explore

  • Kecocokan jurusan & profesi terhadap minat, kemampuan, dan keseluruhan
  • Bimbingan Perencanaan Karier Adaptif
  • Database 250+ Jurusan
  • Database 500+ Profesi
  • 5 modul asesmen untuk mengukur kemampuanmu
  • 1 modul asesmen untuk mengetahui nilai-nilai kehidupan yang kamu anggap penting
  • Laporan keseluruhan

Hero

  • Kecocokan jurusan & profesi terhadap minat, kemampuan, dan keseluruhan
  • Bimbingan Perencanaan Karier Adaptif
  • Database 250+ Jurusan
  • Database 500+ Profesi
  • 5 modul asesmen untuk mengukur kemampuanmu
  • 1 modul asesmen untuk mengetahui nilai-nilai kehidupan yang kamu anggap penting
  • Laporan keseluruhan
  • 6 modul asesmen untuk mengukur keterampilanmu menghadapi tantangan abad ke-21
  • Handbook manual persiapan kuliah dan manual persiapan karier

Bagaimana cara upgrade paket?

Untuk upgrade paket, kamu hanya perlu membayar selisih harga paket yang diinginkan dengan paket yang sudah kamu beli.

Apakah saya bisa mengulang asesmen?

Kamu bisa mengulang asesmen setelah kamu memperbaharui paket premium setiap tahun.

Apakah hasil asesmen bisa diunduh dan dicetak?

Bisa. Kamu bisa unduh Laporan Keseluruhan di halaman Profil dan mencetaknya sendiri.

Saya sudah pernah mengikuti tes minat, bakat, kemampuan sebelumnya. Apakah saya perlu mengikuti asesmen di Youthmanual?

Hasil asesmen di Youthmanual langsung dicocokkan dengan ribuan profesi dan jurusan di database kami. Jika kamu ingin tahu kecocokan minat dan kemampuanmu dengan berbagai jurusan dan profesi yang ada di database Youthmanual, maka kamu perlu ikut asesmen Youthmanual. Selain itu, Youthmanual juga memberikan bimbingan perancangan karier adaptif secara menyeluruh untuk membantu kamu dalam merancang masa depan.

Kenapa asesmen di Youthmanual lebih murah dibanding servis serupa yang ada? Apakah lebih mahal lebih bagus?

Sesuai dengan misi Youthmanual, kami membangun platform persiapan kuliah dan karier yang menyeluruh, akurat dan terjangkau agar bisa digunakan oleh seluruh lapisan siswa di Indonesia tanpa terkecuali.
Platform dan asesmen Youthmanual dibina dan didanai oleh pemerintah, yaitu Kementerian Ristek Dikti dan didukung oleh perusahaan-perusahaan sektor privat yang peduli dengan isu pendidikan dan kepemudaan. Pendanaan dan subsidi multi-sektor memungkinkan kami untuk memberikan servis yang terbaik, terpercaya, terjangkau dan menguntungkan untuk kamu.

Kenapa saya harus membayar untuk layanan ini, padahal sebelumnya layanan ini bisa diikuti secara gratis?

Kamu tetap bisa menggunakan layanan dasar Youthmanual secara gratis seperti mengikuti asesmen Minat, Kepribadian, dan Gaya Belajar, mendapatkan informasi tentang beberapa jurusan dan profesi dan membaca jurnal. Kami mengembangkan layanan tambahan untuk membantu dan memudahkan kamu dalam merancang masa depan. Pengembangan platform Youthmanual sendiri melalui proses research & development yang cukup lama dan mendalam. Hasilnya adalah platform menyeluruh, dengan tingkat akurasi, rekomendasi dan kemampuan prediktif yang sangat tinggi.

Layanan yang berbayar adalah layanan premium tambahan yang berisi 5 modul asesmen kemampuan, 1 modul asesmen personal values, 5 modul keterampilan abad 21, laporan keseluruhan hasil asesmen, kecocokan minat dan kemampuan dengan profesi dan jurusan, Bimbingan Perencanaan Karier Adaptif, dan handbook manual persiapan kuliah dan manual persiapan karier.

Walaupun berbayar, kami memastikan biaya yang kami tetapkan sangat terjangkau agar bisa digunakan oleh seluruh siswa di Indonesia. Biaya ini memungkinkan kami untuk dapat terus melakukan pengembangan dan inovasi untuk membantu kamu dan yang lainnya.

Masih belum yakin?

Youthmanual adalah satu-satunya platform persiapan kuliah dan karier online berbasis data dan paling menyeluruh di Indonesia. Lebih dari 140,000 siswa tergabung di Youthmanual. Yuk rencanakan masa depanmu bersama Youthmanual supaya bebas kegalauan dan menghindari salah jurusan :D

Modul Asesmen

Apa yang diukur di modul asesmen Youthmanual?

Minat, kepribadian, kemampuan, nilai pribadi, dan keterampilan abad ke-21.

Apakah saya harus pergi ke sekolah atau kantor Youthmanual untuk mengisi modul asesmen?

Tidak. Modul asesmen Youthmanual bisa dikerjakan di mana saja asalkan kamu terhubung dengan internet.

Seberapa akurat asesmen Youthmanual?

Modul asesmen Youthmanual sudah diujikan pada 200+ siswa SMA se-Jabodetabek dan terbukti valid untuk mengukur aspek-aspek yang ingin diketahui. Akurasi hasil asesmen berkaitan dengan kesungguhan saat mengerjakan tes. Hasil asesmen bisa tidak optimal menggambarkan dirimu jika kamu kurang konsentrasi atau mendapat bantuan orang lain saat mengerjakan.

Apakah asesmen Youthmanual dapat menggantikan konsultasi dengan guru BK atau psikolog?

Tidak. Asesmen Youthmanual adalah langkah awalmu untuk mengenali diri dan merencakan kariermu. Kamu bisa membawa laporan hasil asesmen Youthmanual ke guru BK atau psikolog untuk didiskusikan sebagai pertimbangan merencanakan karier dan memilih jurusan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi modul asesmen Youthmanual?

Jika dikerjakan tanpa terputus, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Apakah saya harus menyelesaikan semua modul dalam satu kali mengisi?

Tidak. Kamu bisa menyelesaikan semua modul dalam beberapa kali pengisian, yang penting kamu mengerjakan setiap modul dalam suasana yang kondusif.

Metodologi apa yang digunakan untuk mengembangkan asesmen Youthmanual?

Modul asesmen Youthmanual dikembangkan sesuai kaidah pengembangan alat ukur psikologi. Modul-modul ini sudah di ujicobakan pada 200+ siswa SMA di Jabodetabek dan secara berkala dianalisis lebih lanjut berdasarkan data pengguna sistus Youthmanual.

Siapa yang bisa melihat hasil asesmen saya?

Hasil asesmen kamu di situs Youthmanual bisa dilihat oleh dirimu sendiri dan orang lain yang kamu beri akses ke akunmu. Jika kamu mencetak laporan hasil asesmen keseluruhan, kamu juga bisa memilih untuk menunjukkannya pada orang tua, guru, atau pihak lain yang kamu rasa perlu. Jika sekolahmu memiliki kerja sama dengan Youthmanual, guru BK di sekolahmu bisa mengakses data dan hasil asesmenmu melalui dashboard khusus. Selain pihak-pihak tersebut, hasil asesmenmu bersifat rahasia dan dijaga kerahasiannya oleh Youthmanual.

Setting Umum

Bagaimana cara reset password, ganti email, ganti nama, ganti status (pelajar/mahasiswa) saya?

Kamu bisa mengubah data tersebut di halaman profil

Bagaimana cara menghapus akun saya?

Kamu tidak bisa menghapus akun yang sudah dibuat.

Masalah Teknis

Koneksi internet saya putus saat sedang mengerjakan modul. Bagaimana ya?

Apabila koneksi terputus, pengerjaan modul akan terhenti. Namun, kamu tidak perlu mengerjakan dari awal saat koneksi internet tersambung kembali. Kamu dapat melanjutkan kembali dari poin terakhir yang kamu kerjakan.

Mengapa ada bagian yang tidak bisa saya lihat saat eksplorasi profesi dan jurusan?

Bagian tersebut tidak bisa dilihat karena kamu belum upgrade ke fitur premium. Apabila kamu upgrade ke fitur premium (Basic, Explore, Hero), kamu akan mendapat akses penuh ke database profesi dan jurusan

Mengapa ada bagian yang terpotong di HP saya?

Ada beberapa browser yang tidak compatible dengan situs ini, seperti Opera atau browser bawaan HP tertentu. Gunakan browser Google Chrome, Mozilla firefox, atau Safari. Kalau masih tidak bisa, silakan coba menggunakan laptop atau PC.

Mengapa ada tombol yang tidak bisa saya klik?

Jika ada error atau bug seperti ini (misalnya ada tombol yang tidak bisa diklik), ganti browser yang digunakan menjadi Google Chrome.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2017 Youthmanual ©