Menu

Menurut kamu, apa saja hal-hal yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa kampus ini?


Ira Apriyanti

Ira Apriyanti

Status: Mahasiswa
Jurusan: Ilmu Hukum

over 2 years ago

Kudu yang rajin dan sungguh-sungguh ya dek belajarnya sama englishnya ditingkatin kalo masuk sini


  1. Ada hal-hal seperti diskriminasi ga kak di UI?

  2. Hi Citra, terima kasih atas pertanyaan kamu. Perkenalkan saya Jennilie dari team Youthmanual. Saya dulu anak FE UI. Dari pengalaman saya belajar di UI, sama sekali tidak ada diskriminasi. Anak UI itu menurutku sangat toleransi dan pengertian terhadap perbedaan yg ada. Jadi asalkan kita sendiri menghormati orang lain, pasti hal yang sama juga akan kembali kepada kita. Semoga ini membantu. Jennilie

  3. Terimakasih jawabannya, Kak Jennilie.

  4. h-88 sbmptn ka aku anak ipa yg bakal lintas jurusan ke ips,mungkin ga ya aku bisa belajar untuk simak dan sbmptn lalu keterima di ui?

Gemni Benazir

Gemni Benazir

Status: Mahasiswa
Jurusan: Accounting

over 2 years ago

hmm banyak ya, ttg dosen, senior, fasilitas2 kampus, ukm atau organisasinya


  1. ka, untuk akuntansi ui anak2nya gimana aja ka? harus bner2 serius bgt gtu ga ka belajarnya? atau masih ada waktu untuk hangout bareng temen?

Witta Septiana

Witta Septiana

Status: Mahasiswa
Jurusan: Ilmu Keperawatan

over 2 years ago

kualitas pengajar, mata kuliah jurusan yang dipilih, lingkungan kampus, rute antar fakultas


  1. Apa yang harus dipersiapkan agar bisa masuk ke ui jurusan keperawatan

  2. niat, kemampuan menghafal dan taking notes cepat dan tepat. tapi yang paling penting, kamu harus mengerti konsep ilmunya dari dasar banget. kalo ngga, kamu bakal keteteran di matkul lainnya.

Gabriela Fernanda Subagio

Gabriela Fernanda Subagio

Status: Alumni
Lulusan: 2017

over 2 years ago

1. Gunakan fasilitas internet cepat di kebun apel (mac di perpusat) dengan bijak. Banyak sekali mahasiswa baik ui maupun non-ui duduk ber jam-jam hanya untuk streaming film/video atau mendownload hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan pendidikan. Padahal, banyak mahasiswa lain yang lebih membutuhkan computer dan akses internet untuk mengerjakan tugasnya. 2. bagi mahasiswa FISIP, jangan heran atau panik kalau hp kamu nggak dapat sinyal. dari tahun pertama sampai tahun terakhir, saya tetep nggak pernah dapat sinyal. lol 3. akses internet sudah menjadi nyawa mahasiswa. kalau merasa ngerjain tugas di mcd atau starbucks atau café lainnya yang menyediakan wifi membuang-buang uang, datang aja ke FH dan Fasilkom. (habis ini dimarahin anak fh sama fasilkom) 4. perhatikan makanan yang kamu konsumsi. banyak maba yang terserang tipes (termasuk saya. hiks)


  1. kak mau tanya dong,di fisip ui yg populer apa aja?terus kalo ada yg kakak bisa share gak tentang HI UI sm ttg komunikasi juga aku msh bimbang nih kak di 2 jurusan itu,thx kak :)

  2. Hai Uluna. kebetulan aku mahasiswa komunikasi, jadi aku cuma bisa ngasih informasi tentang komunikasi. Nah bisa dibilang kalau masuk komunikasi, kamu nggak bakal bingung mau kerja jadi apa. sebab bisa kerja dimana aja *lol* program studi ilmu komunikasi terdiri dari 5 peminatan, yaitu public relations (PR), advertising, jurnalisme, penyiaran, dan kajian media. Asiknya, ilmu komunikasi itu pseudoscience, semua anak yang masuk komunikasi awalnya nggak tau apa apa tentang komunikasi, jadi modal awal yang harus kita punya adalah kreativitas! kalau ada yang mau ditanyakan inbox aku aja ya :)

  3. haiii kak thx bgt dh mau jawab kayanya aku emg butuh kontak kakak deh tapi cara inboxnya gmn ya huhu thx ya kak!

  4. halo kak, kalau anak MIPA mau masuk komunikasi UI itu susah ga sih?

  5. @Uluna Vada. maaf banget baru bisa balas. jarang buka. hehe. kalau mau tanya tanya bisa langsung line aku aja ya (id: gabbfernandas)

  6. Hao Namira! MIPA waktu SMA ya? aku juga anak IPA kok hehe. tapi dulu masuknya jalur snmptn undangan. kalau belajarnya sendiri, Ilmu Komunikasi itu belajar dari awal banget. jadi ga perlu takut kalau kamu gapunya basic sosial.

Vita Desti

Vita Desti

Status: Mahasiswa
Jurusan: Bahasa dan Sastra Jepang

over 2 years ago

Perlu aktif berorganisasi dan memperluas jaringan pertemanan antar jurusan dan fakultas.


  1. gimana caranya agar bisa aktif organisasi kakak? dan kalau mau jadi panitia di suatu organisasi isi tes(sejenis wawancara) kak? mohon di jawab ya

  2. Hi Arina, terima kasih atas pertanyaan kamu. Perkenalkan saya Jennilie dari team Youthmanual. Saya dulu anak FE (Ekonomi) UI. Di UI banyak sekali organisasi kemahasiswaan baik di level fakultas maupun universitas. Saat kamu orientasi, akan terlihat banyak organisasi yang akan mengenalkan organisasi mereka. Kamu tidak perlu khawatir tidak ada kesempatan utk tahu organisasi apa saja yang ada di UI. Kalau kamu tertarik untuk menjadi anggota, pasti akan diberi informasi kapan harus mendaftar dan bagaimana proses pendaftarannya. Mengenai menjadi panitia di suatu organisasi, itu tergantung posisi dan organisasi yg kamu tuju. Ada yang posisi cuma perlu daftar saja asalkan bisa datang pada saat hari H, ada yang harus siap wawancara, dll. Tapi kamu gak usah khawatir, karena hal itu pasti akan diberi tahu lebih awal sehingga kamu bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Yang paling penting dalam memilih organisasi adalah untuk kamu mengetahui apa yang ingin kamu pelajari dengan bergabung ke organisasi tertentu dan apakah manfaat ke depannya. Semoga ini membantu.

  3. terima kasih kak jennilie

Kanade Reta

Kanade Reta

Status: Mahasiswa
Jurusan: Bahasa dan Sastra Jepang

over 2 years ago

Peraturan dan kebiasaan yang ada di kampus. Juga istilah2 yang digunakan (kutek, kansas, teksas, etc)


Dippo Lafitra

Dippo Lafitra

Status: Mahasiswa
Jurusan: Teknik Mesin

over 2 years ago

Jurusan


Yohana Andini

Yohana Andini

Status: Mahasiswa
Jurusan: Ilmu Keperawatan

over 2 years ago

Jalan pintas menuju kampus/fakultas, fasilitas yang tersedia dan kegiatan terkini yang sedang/akan berlangsung.


Bimo Satrio

Bimo Satrio

Status: Mahasiswa
Jurusan: Biologi

over 2 years ago

Jangan sia siakan kesempatan yang telah berhasil kalian raih. Gunakan fasilitas kampus semaksimal mungkin untuk menunjang masa depan kalian nanti


  1. Kak mau tanya dong suka duka masuk jurusan biologi

  2. Kak mau tanya dong suka duka masuk jurusan biologi

  3. Kak mau tanya dong suka duka masuk jurusan biologi

  4. Halooo...ada banyak sekali kenangan dan suka duka saat menapak dunia kampus pertama kali terutama di jurusan biologi

Nanda Ulya Roychani

Nanda Ulya Roychani

Status: Mahasiswa
Jurusan: Ilmu Hukum

over 2 years ago

Mekanisme pembelajaran di kampus, serta interaksi sosial antar mahasiswa.


Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©