Menu

Beasiswa Djarum Plus 2019


Jenis Pembiayaan: Penuh

Deadline: 20 Mei 2019

Kategori: Kuliah

Deskripsi

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Daftar Mitra Perguruan Tinggi Djarum lihat

Kampus yang belum terdaftar di Daftar Mitra Perguran Tinggi dapat diajukan ke info@djarumbeasiswaplus.org

Komponen Beasiswa

1. Dana beasiswa sebesar Rp 750.000/bulan selama 1 tahun.

2. Pembekalan berbagai macam soft skills yang mencakup:

a) Nation Building Menguatkan wawasan kebangsaan Beswan Djarum tentang makna dan hakekat bangsa dan kebangsaan, melalui rangkaian acara talk show dan diskusi kebangsaan, cultural visit, serta pagelaran kesenian.

b) Character Building Setelah memiliki dasar kebangsaan, para Beswan Djarum kembali menerima pelatihan tentang bagaimana menjadi pemimpin Indonesia yang berkarakter dan penuh tanggung jawab

c) Leadership Development Serangkaian pelatihan yang mengajak para Beswan Djarum sebagai pemimpin visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi serta membawa pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik.

d) Competition Challenges

- Debate Competition: Suatu ajang kompetisi untuk membentuk kemampuan para Beswan Djarum dalam menyampaikan dan mempertahankan pendapatnya berdasarkan fakta atau teori yang telah mereka pelajari.

- Creative Competition: Merupakan wahana pembelajaran bagi para Beswan Djarum untuk mengekspresikan kemampuan intelektual dirinya dalam tulisan ilmiah, sekaligus juga merangsang kepekaan terhadap berbagai fenomena sesuai integritas keilmuan masing-masing. Diwujudkan dalam berbagai media seperti tulisan (writing competition) dan blog.

Persyaratan Pendaftar

  1. Sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu,
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV,
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus,
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Berkas yang Diperlukan:

  1. Bukti print/cetak PDF dari form pendaftaran online,
  2. Satu lembar pas foto ukuran 4 x 6 cm berwarna, memakai jas almamater,
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa,
  4. Transkrip Nilai sampai dengan semester III, yang telah dilegalisir otoritas kampus,
  5. Salinan Surat Keterangan/sertifikat aktif berorganisasi dan atau sertifikat prestasi yang diikuti/dimiliki,
  6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat) bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (contoh untuk pendaftar 2019 adalah terhitung periode 1 September 2019 - 31 Agustus 2020).

Syarat Tes Tertulis & wawancara

  1. Kartu Tanda Mahasiswa,
  2. Bukti undangan tes dari Djarum Beasiswa Plus (SMS/email),
  3. Bawa alat tulis,
  4. Berpakaian rapi: jaket almamater, rok/celana panjang, bersepatu tertutup. 

Proses Pendaftaran dan Deadline

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©