TEKAT FISIP Universitas Indonesia 2017: Serunya Merancang Kesuksesan di Masa Depan Sejak Dini

Hari Sabtu (20/5) lalu, siswa-siswi SMA kelas 10 dan 11 sekitar Jabodetabek rame-rame ke Kampus UI Depok buat ngikutin acara tahunan terkece usungan BEM FISIP UI, which is Tes Minat Bakat (TEKAT) FISIP UI 2017.

Dengan mengusung tema “Kenali Sekarang, Sukses di Masa Depan!”, mereka mendapat kesempatan untuk mengikuti rangkaian acara TEKAT berupa tes (asesmen) dan sesi konsultasi dengan harapan hasilnya dapat membantu mengarahkan mereka ke tiap-tiap jurusan di perkuliahan yang sesuai dengan minat bakatnya.

1

Seru, ya?

Tahun ini, TEKAT memberikan “angin segar” berupa konsep baru yang jauh lebih praktis dan inovatif dalam pengerjaan tesnya, yaitu dengan cara online.

Yup, bekerjasama dengan Youthmanual, peserta dapat mengakses dan mengerjakan asesmen mereka secara online beberapa hari sebelum hari-H baik menggunakan handphone ataupun personal computer (PC). Jadi, peserta nggak harus dateng ke UI untuk mengerjakan asesmennya, alias bisa dikerjakan di mana saja. Praktis!

Meskipun hasilnya bisa diakses secara online di hari-H, rasanya tentu nggak afdol, dong, kalau nggak dateng langsung ke acara buat konsultasi 1 on 1 dengan para psikolog handal soal kegundah gulanaan dalam menentukan masa depan.

Saking banyaknya anak muda yang kepo sama masa depannya, acara pada hari-H sendiri sampai terbagi ke dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang, lho. Selain mendapatkan waktu konsultasi, peserta di sesi pagi dan siang sama-sama mendapatkan modul cetak yang berisi hasil tes online, sertifikat, dan juga makan siang.

Hanifa Asra Silmi, salah satu Psikolog yang ikut meramaikan acara TEKAT tahun ini berpendapat bahwa kesadaran anak muda—khususnya yang masih kelas 10 dan 11—dengan masa depan mereka kini sudah cukup tinggi.

“Seneng banget, lho, ngelihat mereka yang sudah peduli dengan masa depan sejak dini meskipun mereka tahu perjalanan mereka sampai ke bangku kuliah masih panjang.” ungkapnya. “Penting banget untuk menanamkan mindset bahwa merancang masa depan, tuh, bukan suatu proses yang instan. Jadi, mereka akan sangat terbantu jika sudah ikutan tes minat bakat sejak dini agar nantinya mereka nggak sampai salah pilih jurusan kuliah.”

2

Kalau kata Dimas Imam dan Devito Dewantara, siswa kelas 11 IPA di SMA N 42 Jakarta, acara ini cocok banget untuk diikuti pelajar-pelajar “labil” seperti mereka.

“Pelajar-pelajar yang masih ragu dengan pilihan (jurusan sekolahnya) seperti kita jadi punya pencerahan untuk memilih jurusan apa yang tepat. Apalagi nanti di kelas 12 kita juga masih punya peer untuk menentukan perguruan tinggi yang seperti apa yang ingin kita pilih. Seengaknya sekarang kita nggak perlu meragukan lagi (jurusan sekolah) yang udah kita jalani, dan tinggal kita cocokin sama minat dan cita-cita yang ingin kita raih.”

Begitu pula dengan pendapat dengan Ika Prastika, siswa kelas 11 IPS di SMA N 6 Jakarta. “Konsultasinya bener-berer bermanfaat untuk ngasih aku guidance dalam memilih jurusan seperti apa yang paling cocok dan spesifik untuk mengejar cita-cita aku.”

“Dan karena aku ikutan tes minat bakat ini ketika kelas 11, aku masih punya waktu untuk mikir-mikir lebih jauh soal apa yang harus aku lakukan nantinya. Aku masih punya waktu buat nyari tahu lebih dalam soal jurusan ini dan itu agar aku sampai nggak salah pilih.”

Intinya, merencanakan masa depan, tuh, sudah harus kamu pikirkan sedini mungkin, sob. Jangan tunggu sampai kelas 12 baru ribet-ribet mikirin mau kuliah dimana, karena menggali minat, bakat, dan mencocokkannya dengan jurusan dan kondisi kamu bukanlah perkara yang gampang dan bisa dilakukan dengan cepat—kecuali kalau kamu pakai fitur-fiturnya Youthmanual, hihihi.

Sampai jumpa di TEKAT FISIP UI 2018!

(sumber gambar: dok. TEKAT FISIP UI 2017)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1