Hal-Hal yang Perlu Jadi Pertimbangan Untuk Memilih Kepala Daerah

Pemilihan kepala daerah serentak berlangsung kurang dari satu bulan lagi nih, gaes! Sudah tahu siapa yang bakal kamu pilih? Memilih kepala daerah nggak nggak bisa ngasal, sob, apalagi golput. Soalnya, kamu akan dipimpin oleh mereka selama 5 tahun ke depan. Segala kebijakan yang dibuat bakal berdampak pada kehidupan kita. 

Ada banyak hal yang menjadi faktor seseorang memilih pilkada. Mungkin, ada yang memilih berdasarkan popularitas. Atau serba "KATANYA" alias mengikuti anggapan orang lain. Ada juga lho, yang memilih berdasarkan faktor tampang. Duh, ini milih kepala daerah atau Indonesia's Next Top Model ya? Hehehe.

Demi bangsa yang lebih baik, kita harus memilih kepala daerah secara berkualitas. Jangan karena alasan receh. Nah, 4 hal ini perlu banget menjadi pertimbangan kamu untuk menentukan calon kepala daerah yang bakal kamu pilih.

1. Visi dan misi

Visi adalah tujuan yang ingin diraih. Misi adalah serangkaian cara untuk mencapai visi. Calon kepala daerah beserta wakilnya memiliki visi-misi yang menjadi landasan mereka dalam membangun Jakarta. Kampanye ataupun debat yang kamu tonton di TV, itu adalah penyampaian dan adu pendapat seputar visi dan misi tersebut.

Pastikan kamu tahu visi-misi setiap calon yang bisa kamu cek di website, sosial media, atau media lainnya. Cek apakah visi-nya realistis dan mungkin untuk dicapai? Lihat juga keterkaitan antara misi dan visi-nya. Jangan sampai misi-nya malah nggak nyambung sama visi-nya.

2. Profil dan CV

Coba deh, kepoin profil mereka. Biasanya kamu bisa lihat data dan curriculum vitae calon di website KPU. Kalau mereka punya medsos, bisa juga tuh dikepoin.

Dengan "stalking" profilnya, kamu bisa mendapat gambaran tentang si calon, sehingga bisa memprediksi gaya kepemimpinannya.

3. Track record

Bisa aja pasangan calon kepala daerah punya visi-misi oke, profil meyakinkan, tapi track record-nya nggak jelas atau dipertanyakan.

Menurut saya, track record termasuk poin yang sangat perlu untuk dipertimbangkan. Kamu perlu tahu apa aja nih, pengalaman calon tersebut. Terus bagaimana kinerjanya saat menjabat? Pernah tersandung kasus korupsi-kah?

Telusuri deh, dari berbagai sumber yang terpercaya. Seperti media massa yang kredibel. Sebaliknya, jangan sampai kamu kemakan hoax.

meme pilkada

Katanya, jangan pilih gara-gara faktor tampang dan popularitas. Tapi kalau yang kayak gini, dijamin banyak yang milih. Hihihi!

4. Prestasi

Bagi saya, prestasi atau penghargaan menunjukkan kalau seseorang mampu mengerjakan sesuatu melebihi yang menjadi tugasnya. Nggak mesti prestasi yang heboh.

Misalnya saja nih, ada calon yang pernah menjabat manajer perusahaan dan dia mendapat penghargaan manajer terbaik. Artinya, calon ini dulu nggak cuma bisa kerja jadi manajer, tapi manajer yang hebat. Mungkin ada perubahan dan inovasi yang dia berikan ke perusahaan ketika jadi manajer. Nggak menutup kemungkinan ketika jadi kepala daerah pun, dia juga akan memberikan perubahan baik bagi masyarakat.

Selamat memilih!

(sumber gambar : netz.id, asiaplast.co.id, nydailynews.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1