Flash Back Kejadian Seru Sepanjang 2016 yang Wajib Kamu Tahu

Nggak berasa ya, gaes, sebentar lagi tahun 2016 udah mau berakhir. Banyak banget kejadian seru di tahun 2016 yang menarik untuk diperhatikan. Tentunya, beberapa pernah Youthmanual Bahas secara mendalam. Apa aja kejadian seru tersebut? Yuk, simak!

1.Kantong plastik berbayar akhirnya diterapkan

Pada tanggal 21 Februari 2016, 17 kota di Indonesia menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar. Tujuannya? Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, dong. Kebijakan ini juga sudah diterapkan dari dulu di negara-negara maju. Wih, berarti nggak boleh lagi lupa bawa tas kain kalau mau belanja ya, sob.

2. Gerhana Matahari Total di Indonesia

Pada tanggal 9 Maret 2016 di pagi hari, Indonesia terkena gerhana matahari total lho, sob! Sehingga sebagian wilayah di Indonesia gelap, seperti menjelang senja, selama 1,5 sampai 3 menit. Kok, bisa? Soalnya posisi bulan terletak tepat di antara bumi dan matahari, sehingga cahaya matahari yang biasanya langsung menyinari bumi jadi terhalang oleh si bulan ini. Macam mantan yang menghalangi hubungan kamu dengan gebetan gitu, deh #eaaa.

3. Tayangnya film Ada Apa dengan Cinta 2

Setelah 14 tahun, film AADC 2 yang ditunggu-tunggu sama penggemar Rangga dan Cinta akhirnya tayang bulan April 2016. Youthmanual sempat ngobrol sama publisis AADC 2, Mbak Michael Ratnadwijanti, seputar film ini, termasuk soal elemen puisi dan sastra yang ada di dalamnya.

4. Beragam fitur baru Instagram

Per 29 Maret 2016, posts di feed Instagram kamu nggak nggak lagi tampil berdasarkan URUTAN WAKTU, melainkan berdasarkan ENGAGEMENT alias respon kamu. Kayak gimana, tuh? Jadi, semakin banyak likes atau komen di suatu post, maka kemungkinan post tersebut untuk muncul semakin besar.

Selain itu, Instagram juga mengeluarkan fitur Instagram Stories, dimana kamu bisa berbagi foto dan video keseharian kamu dalam format slideshow. Biar makin kece, kamu juga bisa customize foto dan video kamu dengan berbagai emoji, teks, dan drawing tools yang tersedia. Slideshow tersebut akan otomatis “menghilang” setelah 24 jam.

Juga seputar penutupan fitur komen dan follower yang bisa dikendalikan oleh si pemilik akun. Katanya, sih, supaya pengguna makin positif dalam menggunakan media sosialnya.

4. Brands perlengkapan olahraga Under Armour dan Ivy Park hadir di Indonesia

Tahun ini, ada dua merk sports gear kece asal Amerika Serikat yang resmi masuk ke Indonesia. Jadi, kalau kamu memang suka berolahraga atau sekedar hobi berpenampilan sporty, kamu nggak perlu rempong lagi nitip beliin barang-barang dari kedua brand ini ke teman atau keluarga kamu yang lagi di luar negeri. Kamu juga nggak perlu ikutan pre-order online shop yang kadang datangnya lamaaaaa banget, kayak Bang Toyib.

5. Pelecehan seksual dan pemerkosaan

Simpati atas tragedi YY—gadis 14 tahun yang dilecehkan, diperkosa, dan dibunuh dengan sadis di Bengkulu—terus bergulir. Tapi berduka dan bersimpati nggak akan memecahkan masalah, gaes. Kita juga harus BERTINDAK. Seperti yang Youthmanual jelaskan, ada empat hal penting yang perlu diperhatikan Indonesia untuk mengerem kekerasan dan pelecehan seksual.

Kita juga sempat membahas hebohnya hukuman kebiri di Indonesia setelah kejadian memilukan tersebut.

Tunggu, “kebiri” nih maksudnya, mmm, alat kelamin pelakunya diamputasi, gitu?

Bukan!

“Kebiri” di sini maksudnya, pelaku akan diberikan suntikan zat antiandrogen secara berkala, sehingga fungsi organ penghasil spermanya “mati”.

Metode yang disebut kastrasi kimiawi ini juga menurunkan level testosteron atau hormon laki-laki yang menimbulkan hasrat seksual, dan menghilangkan fungsi alat kelamin secara sementara.

Tapiii, kalau pemberian antiandrogennya dihentikan, dorongan seksual dan fungsi ereksi seseorang bakal muncul lagi.

Banyak juga pro kontra yang muncul mengenai hubuman kebiri ini.

6. Brexit

Brexit adalah singkatan dari British Exit, yaitu keluarnya negara Inggris dari pakta ekonomi Uni Eropa alias European Union. Memang sudah lama ada wacana apakah Inggris bakal menetap di Uni Eropa, atau keluar. Nah, bulan Juni 2016, rakyat Inggris telah memilih—lewat voting—bahwa Inggris keluar aja dari Uni Eropa.

7. Larangan MOS oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

Sewaktu masih menjabat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Anies Baswedan menyatakan larangan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) oleh OSIS untuk mencegah perpeloncoan dan bibit bullying terhadap siswa baru.  

“Siswa pun harus pakai seragam seperti belajar sehari-hari. Tidak perlu pakai aksesoris yang aneh-aneh, harus pakai atribut sekolah," ujar Pak Anies Baswedan, seperti yang dikutip kantor berita Antara.

8. Sistem plat kendaraan ganjil-genap di Jakarta

Sistem plat kendaraan ganjil-genap itu apa, sih? Intinya, kalau plat kendaraan kamu angkanya ganjil, kamu boleh lewat di jalanan protokol Jakarta pada tanggal ganjil saja (tanggal 1, 3, 5, dan seterusnya). Sebaliknya, kalau plat kendaraan kamu angkanya genap, kamu boleh lewat di jalanan protokol Jakarta pada tanggal genap saja (tanggal 2, 4, 6, dan seterusnya). By the way, plat yang belakangnya angka nol (0) dianggap genap, ya.

Tujuannya jelas, supaya jalanan protokol Jakarta nggak terlalu padat, ruwet, dan macet.

9. Game Pokemon Go yang viral banget

Jangan heran kalau belakangan ini, kamu ketemu banyak orang yang tampak sedang mondar-mandir menjelajah lokasi tertentu sambil pegang hape. Mereka itu lagi mencari monster Pokemon untuk ditangkap, gaes! Tapi monster tersebut cuma bisa dilihat dari layar smartphone mereka, alias monster virtual.

Monster virtual tersebut hadir lewat Pokemon Go, sebuah permainan berbasis teknologi augmented-reality yang dikembangkan oleh Nintendo dan Niantic.

10. Terbitnya buku Harry Potter ke-8

Setelah sembilan tahun sejak diluncurkannya buku ketujuh “Harry Potter and the Deathly Hallows” pada tahun 2007, akhirnya para Potterheads alias fans serial Harry Potter bisa ngobatin rasa kangen mereka. Yes! Buku kedelapan berjudul “Harry Potter and the Cursed Child” udah terbit, gaes! Buku ini diterbitkan tanggal 31 Juli lalu bertepatan dengan ulangtahun sang penulis, J.K Rowling.

Sebetulnya, “Harry Potter and the Cursed Child” adalah sebuah drama panggung yang dipentaskan di London. Para fans yang jauh bingits dari London (termasuk kita di Indonesia) langsung pada ngomel dan minta supaya naskah dari “Harry Potter and the Cursed Child” ini dibukukan. Makanya, buku ini dirilis dalam bentuk naskah drama dan nggak akan sama dengan ketujuh buku Harry Potter sebelumnya yang bergaya novel.

11. Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir menang medali emas di Olimpiade Rio 2016

Indonesia patut berbangga, Pada 17 Agustus 2016, sekaligus merayakan Hari kemerdekaan, kita dapat kabar baik bahwa Tantowo dan liliyana memenangkan medali emas di olimpiade Rio 2016.

12. Mengenal masa muda para calon gubernur Jakarta

September 2016, tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI telah mendaftar untuk pilkada DKI Jakarta 2017: Basuki "Ahok" Purnama - Djarot, Anies Baswedan - Sandi Uno, serta Agus Yudhoyono - Syviana Murni.

Kabar baiknya adalah mereka sama-sama pintar (minimal lulusan S2, cuy!), relatif muda, penuh semangat, dan (mudah-mudahan) amanat.

13. Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Setelah rangkaian kampanye sepanjang tahun, November merupakan final yang menentukan antara Donald Trump melawan Hillary Trump. Trump akhirnya keluar pemenang pemilihan presiden Amerika Serikat dengan perolehan suara electoral vote 279-228.

Walau rakyat Amerika ikutan memilih presiden, namun bukan jumlah suara mereka yang dihitung dan totalnya otomatis mengantongi kemenangan. Soalnya, Pilpres di Amerika meggunakan electoral system.

Dalam sistem electoral, jumlah pemilih di negara bagian menentukan elector yang diperoleh. Nah, jumlah elector di tiap negara bagian nggak sama, tergantung proporsi jumlah penduduknya. Misalnya, negara bagian California memiliki elector terbanyak yaitu 55, Texas 38, sedangkan negara bagian dengan penduduk sedikit seperti Alaska dan Vermont, masing-masih hanya 3 elector.

14. Gonjang ganjing Ujian Nasional dihapus

Setelah sempat menjadi wacana, pada 25 November 2016 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan bahwa Ujian Nasional akan ditiadakan. Menurut Pak Menteri, hal ini sudah disetujui oleh Presiden Jokowi, hanya tinggal menunggu formalitas berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Namun ternyata, isu ini butuh pengkajian lebih dalam lagi, gaes.

15. Cetakan Rupiah emisi 2016

Bank Indonesia (BI) dan pemerintah baru aja mengeluarkan cetakan Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 yang memiliki desain baru. Kemarin, tepatnya tanggal 19 Desember 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam peluncuran tersebut.

Pak Jokowi hadir didampingi Gubernur BI, bapak Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

***

Kalau menurut kamu, kejadian seru apa lagi yang terjadi di 2016?

(sumber gambar: Instagram, Huffington, viva.co.id, republika.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1