8 Alasan Kenapa Program Studi yang Akan Kamu Ambil Nanti Harus Murni Pilihan Hatimu

Setelah tamat SMA/sederajat (maybe juga ada yang dari SMK/sederajat) kebanyakan dari kamu pasti ingin melanjutkan pendidikannya di dunia perkuliahan. Melanjutkan perkuliahan tentunya bukan perkara mudah, gaes.

Banyak kegalauan yang akan kamu hadapi—terutama dalam masalah memilih program studi kuliah. Bahkan ada juga dari kamu yang merasa frustasi karena banyaknya pengaruh dari teman, orang tua, guru dan saudaramu yang turut serta menentukan program studi yang harus kamu ambil.

Kalau sudah kejadian di atas, itu sangat disayangkan. Karena menurut saya pribadi, sih, ada baiknya kamu harus punya pilihan sendiri dalam menentukan program studi yang akan kamu ambil di kampus nanti, gaes.

Seperti menentukan pasangan hidup, memilih program studi harus benar-benar matang. Kenapa? Selain memilih program studi akan menentukan hal terbesar untuk pendidikan dan karirmu ke depannya, ada beberapa alasan lain kenapa program studi yang akan kamu ambil nanti harus murni pilihan hatimu. Simak berikut ini!

1. Jujur pada pilihan hati

jujur

Memilih keputusan apapun dalam hidup itu harus didasarkan pada kejujuran. Cobalah terbuka dan jujur, gaes. Tanyakan pada hatimu apakah program studi pilihanmu adalah benar-benar tepat untukmu ke depannya? Apakah program studi pilihanmu sudah kamu pertimbangkan secara matang?

2. Enjoy your choice, itu menyenangkan

Menjalani sesuatu sesuai pilihan hati memanglah menyenangkan, gaes. Kamu akan menjalani hari-hari perkuliahanmu nanti dengan semangat dan penuh rasa optimis. Ibarat suka sama orang lain kamu pasti bakal penasaran dan kepo terus sama si dia. Nah, begitu jika kamu memilih program studi sesuai pilihan hatimu.

Dijamin, kamu pasti bakalan senyaman itu buat belajar!

3. Kamu sudah mau kuliah, harus mencoba mengambil keputusan sendiri

mengambil keputusan sendiri

Sejatinya, antara SMA dan kuliah adalah masa transisi. Kamu harus mampu berpikir secara matang dan penuh pertimbangan. Keberanian dijalan yang benar adalah karakter generasi muda yang patut kamu terapkan, lho.

Termasuk berani juga dalam menolak paksaan orang-orang yang menyuruh kamu memilih program studi yang nggak kamu sukai. Tapi, ingat, ya, menolak dengan baik-baik. Seperti memberikan pegertian kepada orang tuamu, mengenai program studi yang akan kamu pilih, prospek karier ke depan, dan lain sebagainya.

4. Kamu yang akan menjalani perkuliahanmu

Mau kemana kamu lanjutkan pendidikanmu, itu tanggung jawabmu. Kamu yang menjalani kuliahmu, kamu yang akan berjuang dan belajar keras di bangku perkuliahan. Maka nggak ada salahnya, dong, memilih apa yang ingin kamu jalani.

5. Jikalau ada hambatan dalam menjalani kuliah, kamu yakin itu memang risiko yang pastinya bisa kamu hadapi

risiko

Jika suatu saat kamu menghadapi masa-masa sulit, mengeluh atau patah semangat dalam perkuliahanmu maka kamu harus bisa menguatkan dirimu sendiri. Ingat, apapun keputusan yang kamu pilih itu adalah tanggung jawabmu sepenuhnya!

Jadi, jangan mudah mengeluh, ya! Karena setiap keputusan dan pilihan pasti ada risiko yang bisa kamu atasi dengan baik.

6. Kamu nggak akan setengah hati menjalani perkuliahan

Jika program studimu memang mantap dan murni pilihan hatimu, nggak akan, deh, ada kata setengah hati menjalani kuliah. Kamu pasti akan all out baik waktu dan tenaga kamu agar bisa optimal menjalani kuliah.

7. Kamu juga tahu apa yang terbaik untuk masa depanmu

percaya pada diri sendiri

Memang terkadang nasihat dan saran dari orang lain ada baiknya. Namun, kamu juga harus percaya pada diri sendiri bahwa kamu juga tahu apa yang terbaik bagi hidupmu.

Eh, tanpa menolak mentah-mentah saran dari orang lain, nih. Ada baiknya kamu juga memasukkan saran tersebut sebagai list pertimbanganmu jika mereka ada benarnya.

8. Yakinlah suatu saat kamu akan jadi orang sukses karena pilihan terbaikmu

Sukses dengan passion kamu sendiri pasti sangat membahagiakan. Yakinlah program studi yang kamu pilih adalah jalan yang terbaik untuk mengantarkanmu pada kesuskesanmu. Tetap positive thinking dan dengarkan kata hatimu.

***

Nah, pastikan kamu memang memilih program studi kuliah sesuai kata hatimu, gaes! Jangan sampai gegabah dan menyesal pada akhirnya.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: happinessmatters.com, theworddepartment.co.uk, youtube.com, kidshelpline.com.au, businesshorsepower.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1