Menu

Selain PowerPoint, Aplikasi ini Juga Bisa Bikin Presentasi Kamu Nggak Kalah Kece, Lho!


acer

Di bangku kuliah, yang namanya presentasi bakalan jadi santapan sehari-hari. Entah itu cuma sekadar nontonin dosen cuap-cuap panjang lebar di depan kelas, atau gantian mahasiswanya yang memaparkan materi ke teman-teman mahasiswa lainnya. Intinya—presentasi dimana saja, kapan saja.

Eniwei, presentasi nggak cuma ajang pengasahan kemampuan public speaking aja, lho, gaes. Kamu juga harus mampu menyajikan materi kepada audiens semenarik mungkin, baik dari segi audio maupun visual. Nah, kalau dari segi audio (public speaking) udah jempolan, segi visualnya pun nggak boleh kalah!

Salah satu software paling standar yang digunakan untuk mengolah materi presentasi adalah PowerPoint. Tapi, saking banyaknya (dan seringnya) digunakan, mungkin kamu merasa kalau materi presentasi kamu jadi nggak ‘wah’ dan stand out di mata audiens.

So, kalau kamu ingin menciptakan presentasi yang kece paripurna dan pastinya beda dari yang lain, Youthmanual merekomendasikan dua dari sekian banyak aplikasi online pembuat presentasi ini buat kamu cobain. Cekidot!

1. Prezi

1

Bosen sama efek dua dimensi dari tampilan presentasi? Beda cerita kalau kamu menggunakan Prezi untuk menampilkan materi kamu.

Hal yang membuat Prezi dapat membuat materi presentasi kamu menjadi jauh lebih menarik adalah kamu bisa menyulap materi kamu menjadi suatu board atau kanvas virtual. Jadi, tampilan materi presentasi kamu akan terlihat lebih hidup dan engaging karena konsepnya yang seperti mind-map dan memiliki sudut pandang tiga dimensi, which is jarang banget bisa kamu temukan dalam sebuah presentasi.

Konsep aplikasi seru ini awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif. Jadi, nggak heran kalau output yang dihasilkan seakan-akan seperti kamu membuka selembar peta.

2

Prezi dapat diakses pada browser dan gadget apa pun yang kamu miliki, dan kamu juga dapat meng-export media file ke format lainnya seperti pdf, ppt, bahkan jpg. Karena banyaknya jumlah template kece yang bisa kamu gunakan, aplikasi ini cocok banget buat kamu yang ingin membuat materi presentasi jempolan dalam waktu yang super singkat.

2. GoAnimate

3

Aplikasi online satu ini cocok banget buat kamu yang ingin membuat materi presentasi yang bener-bener dari next level. Yup, dengan GoAnimate, kamu bisa mengubah materi presentasi kamu menjadi sebuah video informatif!

Nggak selamanya menjadi pembicara aktif dalam sebuah presentasi bakalan tepat guna, lho, gaes. Ada kalanya kamu dihadapkan dengan presentasi “mepet”, dimana kamu harus menyajikan bahan presentasi kamu secepat dan sepadat mungkin, seperti presentasi ide atau business plan. Nah, disinilah GoAnimate bisa menjadi penyelamat kamu, karena kamu bisa menonjolkan sisi narasi dari presentasi kamu dengan materi presentasi berupa video.

Karena format hasil akhirnya, aplikasi ini memang terasa nggak sekaku aplikasi presentasi yang lain. Kamu bisa membuat animasi yang kece untuk menunjang visual materi yang akan kamu tampilkan. Ada banyak banget, lho, template animasi, props, dan karakter pre-made yang bisa kamu gunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Tapi jangan salah, meskipun berbentuk video, kamu nggak perlu repot-repot angkat kamera, kok. Tinggal drag-and-drop template yang ada dan sesuaikan dengan isi serta durasi presentasi kamu, kamu sudah bisa menciptakan materi presentasi yang kece luar biasa. Pastinya, hasil akhirnya bakalan jauh lebih interaktif dibanding barisan slide.

4

GoAnimate dapat diakses dengan browser dan gadget apa pun yang kamu miliki, dan kalau kamu dengan murah hati ingin berbagi ilmu, kamu bahkan dapat meng-upload hasilnya ke Youtube, lho!

(sumber gambar: cdn.com, blogspot.com)


How does it make you feel?

COPYRIGHT ©2015 - 2017 YOUTHMANUAL. ALL RIGHTS RESERVED.