Jonggol Sebagai Destinasi Liburan? Kenapa Nggak?

Tulisan ini adalah hasil karya peserta #KelasKreatifYM Content Creating – Blogging Workshop yang telah terpilih sebagai salah satu pemenang lomba blogging di akhir acara.

Oleh Marista Rovyanti

Kalau kamu warga Jabodetabek yang...

- Penat sama semua aktivitas harianmu dan berbagai deadline tugas yang kian lama makin menumpuk
- Bingung mau menghabiskan weekend dimana
- Bosan dengan kegiatan-kegiatan di dalam ruangan
- Cuma punya hari libur sehari, tapi tetap mau jalan-jalan berpetualang

... boleh, lah, sekali-kali kamu refreshing sejenak dari rutinitas harian kamu dengan... mampir ke daerah Jonggol, Jawa Barat!

Hah? Kenapa Jonggol? Kalau mendengar kata Jonggol, yang terlintas di pikiran kamu mungkin adalah si “Wakwaw” yang menanyakan, “Bapak mana Bapak?” *efek kebanyakan nonton sinetron*. Jonggol juga sering dijadikan bahan gurauan, seakan-akan Jonggol adalah suatu daerah di pelosok yang entah ada di mana, nggak punya something special serta daya tarik untuk dikunjungi.

Contoh gurauannya kayak gini:
“Dari mana aja lo?”
“Dari JONGGOOOL!”

Entah kenapa Jonggol suka dijadikan bahan bercandaan. Mungkin karena namanya agak “lucu”, ya. Kasihan Jonggol, selalu di-bully. Hiks. *kemudian baper*

Tetapi sebenarnya Jonggol nggak seperti dugaan kamu selama ini, lho. Tempatnya asyik buat refreshing. Beneran!

Sebagai gambaran, inilah potret keindahan Jonggol.

Sebelumnya, kita kenalan dulu, yuk, dengan Jonggol.

Menurut Wikipedia, Jonggol adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat seluas 97,2 km2 dan memiliki 14 desa/kelurahan.

Nah, dari sekian banyak desa tersebut, kamu harus coba jajaki Desa Sukamakmur yang kece banget.

Untuk mencapai lokasinya, memang paling lebih efektif dan efisien menggunakan kendaraan sendiri, seperti sepeda motor, soalnya kamu jadi bisa lebih leluasa menikmati perjalanan, dan bisa berhenti kalau menemukan spot foto yang bagus. Apalagi masih jarang sekali angkutan umum yang untuk masuk ke daerah ini.

Kalau kamu datang dari arah Jakarta, kamu bisa ke arah Cibubur, lurus terus sampai Cileungsi, lurus terus sampai perumahan Grand Nusa Cibubur, lanjut terus sampai perumahan Citra Indah, Jonggol. Nanti kalau ketemu pertigaan, ada sebuah tugu. Di situ kamu belok kiri, lalu luruuuus aja sampai kamu ketemu Alfa dan Indomaret. Di sebelah kanannya ada gang, trus kamu masuk aja ke dalamnya. Kalau nggak ketemu juga, tanya warga sekitar aja lah, ya…

Kalau kamu sudah memasuki kawasan Desa Sukamakmur, dijamin, mata kamu akan dimanjakan dengan sawah-sawah yang masih hijau, lingkungan yang asri, dengan penduduk desa yang masih sangat bersahaja. Kalau kamu ke sana di pagi hari, kamu juga akan merasakan udara yang sejuk banget.

Selain memanjakan mata dengan pemandangan sawah yang hijau permai, di Jonggol, kamu juga bisa memanjakan kaki dengan air sungai. Lumayan, aliran airnya bisa bikin kamu serasa dipijat refleksi! Kapan lagi bisa main air sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan indah seperti ini?

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi saat di Jonggol adalah air terjun Curug Cibengang. Kalau sudah main air di sini mampir ke sini, pasti kamu nggak mau pulang, deh!

Selain itu, kalau kamu doyan hiking, boleh juga coba mendaki Gunung Batu yang lokasinya tidak begitu jauh dari Curug Cibengang. Sayang, deh, kalau kamu nggak mampir!

jonggol

Penampakan Gunung Batu bisa kamu lihat di sisi sisi kanan foto di atas

Mendaki Gunung Batu nggak susah, kok, karena tingginya “hanya” 875 mdpl, sehingga puncaknya bisa dicapai dengan one day hiking aja.

Ini adalah penampakan puncak Gunung Batu. Puncaknya nggak begitu luas, sih, tapi dari puncak gunung ini, kamu bisa menikmati keindahan kota Jonggol dengan sempurna.

Jadi, kalau kamu sumpek dengan padatnya kehidupan kota besar, Jonggol yang asri cocok banget dijadikan tempat getaway sejenak. Apalagi kalau kamu tinggal di Jabodetabek, karena lokasinya yang tidak begitu jauh.

Sudah siap melepas penat dengan keindahan Jonggol?

(sumber foto: katumbirikayas.wordpress.com, itamarista.blogspot.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1