Profesiku : Pemilik dan Pengelola Website, Yaya Hidayana

Yaya Hidayana, atau yang biasa dipanggil Ade, adalah pemilik dan pengelola website penuliscilik.com.. Kak Ade adalah lulusan S1 Sistem Informasi, Binus University, dan lulus di tahun 2012.

But wait, penuliscilik.com, apaan tuh? Penasaran kan? Yuk simak penuturan dari Kak Ade.

Profesiku :

Pemilik dan pengelola website penuliscilik.com

Tugasku sehari-hari :

"Mengedit, membaca semua, dan memahami maksud konten, karena masih banyak yang susah untuk dipahami. Juga yang terpenting adalah memeriksa apakah konten itu copypaste atau bukan. Selain itu juga mendesain dan maintenance website sehari-hari."

Apa, sih, yang unik dari profesi ini?

"Sebelumnya saya cerita dulu ya tentang penuliscilik.com. Penuliscilik.com adalah kumpulan cerita anak, dimana semua konten baik itu cerita, berita, tutorial, dll adalah karangan anak-anak. Fokus kami adalah menyasar ke anak-anak Indonesia setingkat SMP ke bawah, bukan orang dewasa. Walau beberapa diantaranya tetap harus saya perbaiki karena masih banyak yang menggunakan kata-kata kurang pantas, menjelekkan orang lain, tidak nyambung, dll.

Berkumpul dengan ribuan anak-anak yang memiliki harapan atau cita-cita ingin menjadi seorang penulis, yang mampu menerbitkan buku, bagi saya adalah sesuatu yang luar biasa. Kami hanya berkomunikasi melalui tulisan (Group facebook Berani Bercerita dan Fanpages Penulis Cilik). Walaupun demikian, saya tahu bahwa mereka tetap ada yang menjaga (karena saya dapat membedakan tulisan anak-anak atau dewasa). Saya yakin semua anak-anak ini memiliki pendamping pada saat menggunakan smartphone-nya, ya walau pun tidak semuanya, karena masih banyak orang tua yang membebaskan anak-anak."

Kenapa, sih, kamu memilih profesi ini?

"Saya peduli terhadap anak-anak Indonesia yang sudah memiliki dan mengenal sosial media, dan dampak buruknya bagi mereka. Tujuan saya adalah mengarahkan mereka yang sudah memiliki sarana (smartphone, tab, computer, dll) untuk memanfaatkannya dengan baik (internet sehat). Siapa tahu diantara anak-anak ini nantinya ada yang jadi content creator, penulis, kolumnis di koran, bahkan menerbitkan buku."

Keterkaitan antara jurusan kuliah dulu, dengan profesi yang dijalani sekarang.

"Mulai dari desain website, modifikasi coding, pembuatan animasi, dll, semuanya adalah buatan saya, yang mana jurusan kuliah dulu adalah sistem infomasi, jadi hampir semua sudah dipelajari di kampus. Pengetahuan seputar dunia menulis, saya dapat dari internet dan buku, karena saya sendiri bukan penulis yang telah menerbitkan buku."

Apa pengalaman yang paling berkesan selama mejalani profesi ini?

"Saya fokus menjalankan kegiatan ini hanya pada hari Sabtu dan Minggu, dimana rata-rata anak libur Sekolahnya, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Selain curhat menganai cara menulis atau tips dan trik menulis, mereka juga terkadang memiliki pertanyaan lain, mulai dari PR atau pengalaman mereka ketika bermasalah dengan temannya.

Memberikan sedikit masukkan untuk menyelesaikan permasalahannya membuat saya sangat bahagia, karena waktu kecil saya termasuk anak yang tidak suka bergaul atau minder. jadi ketika ada masalah selalu diam menelan sendiri penderitaan yang saya alami tanpa memberitahukan kepada orangtua. Saya ingin mereka tidak seperti saya, sehingga berani bercerita dan terbuka kepada orangtuanya.

Jadi intinya saya mencoba menolong anak-anak yang tersesat di dunia maya, serta memberikan image baru, bahwa keren itu tidak harus nakal."
 

Menurut kamu, apa tantangan terbesar dalam menjalani profesi ini?

"Menyediakan konten yang sepenuhnya bermanfaat bagi anak-anak memang tidak mudah, selain diperlukan tim yang solid, dana, juga waktu yang penuh untuk mengelolanya. Saat ini, saya belum memiliki tim pada project ini, tentunya saya juga memberika kemsempatan bagi mereka yang ingin bergabung dengan projek ini. Untuk menyiasatinya, saya membuat lomba dengan hadiah alakadarnya (Pulsa atau perlengkapan sekolah), setidaknya dapat memerikan semangat dan memacu mereka untuk berpikir baik, sehingga meminimalisir konten yang asal kirim."

Menurut kamu, bagaimana prospek kerja profesi ini di saat ini dan masa depan?

"Saya tidak tahu jika pendapat orang lain yang menilai apa yang saya lakukan, tetapi menurut saya sangat bagus, karena selain memberikan dorongan kepada anak-anak untuk gemar menulis, juga menjadikan situs ini salah satu sarana online yang aman dan layak dibaca oleh anak-anak. Pada tahun pertama ini, memang masih pada tahap pengembangan dan pengenalan, dimana masih banyak error dan komplen dari mereka dan orangtua.

Beberapa orang tua, menghubungi langsung kepada saya dan memberikan support atas adanya media ini, bahkan banyak yang mendaftarkan langsung anaknya."

Tips untuk anak muda yang ingin berprofesi sepertimu

"Cari peluang apa yang bisa kamu buat untuk generasi muda Indonesia. Bisa dimulai dengan passionmu dan seberapa mungkin untuk dilakukan. Dan niatkan juga untuk ibadah karena jika kita mengejar materi saja, pasti akan mudah nyerah. Harus sabar juga, apalagi kan berurusan sama anak-anak, mesti sabar mengajarkan hal yang sama berulang kali."

(sumber gambar : Yaya Hidayana, www.penuliscilik.com)

 

 

 

 

 

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1