Ngobrol Bareng Arsya Nafisa, Makeup Artist Belia Serba Bisa

Apa, sih, achievement atau pencapaian terbesar yang kamu miliki saat umur 16 tahun?

Kalau nggak ada (kasian, deh, hihihi), seengaknya coba diingat-ingat, saat kamu 16 tahun, do you already know what do you want to be in the future? Udah fix dengan cita-cita kamu belum?

Di umur 16 tahun, pencapaian terbesar saya kayaknya nggak ketauan bolos sekolah siang-siang, dan cita-cita saya cuma mengikuti slogan Metromini: muda kaya-raya, tua foya-foya, mati masuk surga. Dengan kata lain, sebenarnya saya nggak tau juga mau jadi apa di masa depan. Pokoknya yang kepikiran cuma hepi-hepi!

Payah banget, ya? Tapi namanya juga anak remaja, memang umumnya belum mikirin masa depan dan masih labil dengan cita-cita. Biasa, lah.

Nah, yang luar biasa adalah kalau di umur 16 tahun, kita sudah menjalankan profesi impian, dan sudah fix dengan profesi tersebut untuk masa depan.

Itulah yang dilakukan Arsya Nafisa, 19 tahun, yang sudah menjalani profesinya sebagai makeup artist sejak tiga tahun lalu. Ketika masih16 tahun!

Sejak kecil, Arsya memang suka banget memperhatikan ibunya dandan, bahkan sampai hobi ngoprek makeup beliau. Kemudian saat SMA, Arsya menjalani homeschooling sambil sekolah makeup di LaSalle College selama 4 bulan.

“Di LaSalle, sekolah makeup itu bisa sampai 8 bulan, tapi aku 4 bulan aja, karena aku cuma ngambil kurikulum makeup beauty atau artistik. Nggak ngambil pelajaran makeup karakter,” jelas Arsya.

Lulus dari LaSalle College di tahun 2012, saat masih berumur 16 tahun, Arsya langsung mulai mendandani orang dengan serius. Awalnya, ia banyak menerima pekerjaan dari teman-teman ibunya dan saudara-saudaranya sendiri.

“Lama-lama, aku jadi punya banyak portfolio untuk di-post ke Instagram. Teman-temanku pun akhirnya pada ngeliat hasil dandananku dan tertarik untuk hire aku,” kata Arsya.

Sekarang, di usianya yang baru 19 tahun, karir Arsya melejit pesat. Kliennya beragam, mulai dari anak SMA sampai artis seperti Raisa. Arsya juga sering diajak kerjasama oleh berbagai media dan brand makeup untuk memberikan workshop atau kelas khusus.

Baru-baru ini Youthmanual ketemuan Arsya untuk ngobrol lebih lanjut soal menjadi makeup artist. Kalau kamu tertarik dengan profesi ini—yang belakangan lagi nge-hits banget—simak, deh!

Hai, Arsya! Sepengalaman kamu, apa, sih, sifat-sifat yang penting dimiliki oleh seorang makeup artist?

Pertama, tepat waktu!

Aku, tuh, sebenarnya orang yang sangat cuek dan bodo amatan. Bahkan dari SD, aku udah dikenal sebagai orang yang suka ngaret dan ke sekolah jarang mandi.

Tapi sebagai makeup artist, aku ‘kan harus selalu datang tepat waktu. Jadi makin kesini, semakin terbentuk sifat on time. Alhamdulillah, sekarang punctuality aku udah mendingan banget dibandingkan dulu.

Kedua, seorang makeup artist juga harus punya komitmen, disiplin, dan sikap profesional. Kalau udah mengiyakan satu job, harus komit ke job itu. Jangan tau-tau ngambil job lain. Jangan cancel-cancel, deh.

Memang, salah satu dilemanya menjadi makeup artist adalah harus cepat mengambil keputusan kalau ditawari job. Ambil nggak ya?

Jujur, dulu aku suka mendadak ngebatalin sebuah job, kalau mendapat panggilan yang lebih menarik. Tapi trus aku sadar bahwa itu sikap jelek, dan aku nggak boleh begitu lagi. Aku harus komit dan profesional.

Last but not least, kita harus ramah dan jangan malu-malu.

Aku juga sebenernya pemalu dan bukan tipe orang yang suka berbicara di depan umum. Saat SMP dan SMA, kalau ada tugas presentasi di sekolah, aku pasti kerja di belakang layar aja. Biar temanku yang bicara di depan kelas.

Tapi semenjak jadi makeup artist, aku harus banyak berinteraksi dengan orang, karena banyak strangers yang ngajak ngobrol atau tanya-tanya soal makeup ke aku. Dan sekarang ini, banyak juga pihak yang ngundang aku untuk memberikan kelas makeup. Jadi aku harus bisa selalu ramah dan nggak malu-malu.

Apalagi kalo malu-malu, aku jadi nggak bisa kenalan sama orang, networking, atau belajar dari makeup artist yang lebih jago. Rugi sendiri, dong, malah nggak dapet apa-apa?

Alhamdulillah, sekarang aku bisa lebih terbuka. Udah berkembang banyak. Dulu, sih, boro-boro. Kalau harus ngomong depan umum, langsung keringat dingin!

Kalau ditanya apa senangnya jadi makeup artist, pasti kamu senang semuanya, ya. Tapi bagi kamu, apa, sih, beratnya jadi makeup artist?

Selain harus ontime, juga capek banget!

Seorang makeup artist pasti sering dapet kerjaan subuh-subuh. Sedangkan untuk job jam 4 pagi, aku harus bangun dari jam 2 pagi, dan kadang baru selesai kerja jam 8 malam.

Baru-baru ini aku ada job dari Bali selama empat hari dan pas pulang, baru mendarat di Jakarta jam 1 malam. Padahal besoknya ada kerjaan makeup lagi jam… 4 pagi!

Kalau lagi sibuk banget, aku bisa seperti orang puasa. Lupa makan dan minum seharian. Bahkan aku pernah baru makan dan minum jam 3 sore setelah seharian kerja. Bukannya apa-apa, tapi kalau lagi kerja, aku nggak berasa lapar! Pas di jalan saat menuju lokasi kerja berikutnya, baru, deh, kerasa laparnya.

Dan parahnya, nih, aku darah rendah. Jadi kalau lagi sibuk dan lupa makan seharian, aku bisa pingsan. Selama kerja jadi makeup artist, aku pernah beberapa kali pingsan, terutama kalau lagi harus sering bangun subuh sementara pola makanku lagi kurang bagus.

Untuk memperbaiki keadaan kesehatanku, sekarang aku meliburkan diriku sehari dalam seminggu. Aku nggak ngambil job apapun seharian itu demi bisa istirahat. Trus, aku juga cuma mau ngambil maksimal tiga job dalam sehari. Dan yang pasti, sekarang aku selalu bawa snack, buah dan air putih kemana-mana, supaya nggak lupa makan.

Menurut Arsya, gimana, sih, prospek karir makeup artist di Indonesia?

Bakal maju banget.

Di tahun 2012, saat aku baru memulai karir, aku masih bingung musti cari inspirasi kemana, karena aku merasa pilihan makeup artist lokal—terutama yang beredar di media sosial—belum banyak.

Tapi sekarang, setiap buka Instagram, foto-foto di halaman Explore atau di feed Instagramku aja isinya pasti makeup artist semua. Makeup artist lokal sekarang banyak banget!

Nggak semua makeup artist di Indonesia benar-benar bagus, tetapi yang bagus juga banyak. Malah nggak kalah dengan makeup artist dari luar. Sebenarnya tantangan untuk makeup artist Indonesia, tuh, lebih susah, lho. Misalnya, dandanan pengantin di Indonesia ‘kan susah, sementara di luar negeri, makeup bridal-nya simpel banget. Di sana mana ada penganten yang pake paes?

Jadi menurutku, industri makeup artist di Indonesia udah maju pesat.

Sayangnya, beauty vlogger Indonesia masih kurang banyak. Pengennya, sih, kita-kita bisa punya lebih banyak referensi beauty vlogger lokal. Itu aja, kok!

***

Stay tuned for part two, dimana Arsya bakal kasih tips-tips yang nggak standar untuk menjadi makeup artist, serta referensi produk-produk makeup rekomendasi Arsya. Cusss, bedakan dulu!

(sumber foto: Laila Achmad, @arsyanaf21)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1