Jurusanku: Sistem Informasi Universitas Telkom, Farah Raniah

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri jurusan kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Farah Raniah, mahasiswi Universitas Telkom akan berbagi mengenai jurusannya, Sistem Informasi.

Farah Raniah (Farah) adalah mahasiswi jurusan Sistem Informasi Universitas Telkom angkatan 2013. Buat yang belum tahu, jurusan Sistem Informasi adalah salah satu jurusan kuliah dengan prospek cerah untuk beberapa tahun ke depan, lho. Buat kamu yang tertarik dengan jurusan ini, simak cerita Farah mengenai serba-serbi jurusan Informasi yang Youthmanual rangkum di bawah ini.

Jurusanku:

“Sistem Informasi. Jurusan ini nggak cuma mempelajari segala hal tentang hardware komputer, tapi juga termasuk manajemen proyek dan kualitas dari sebuah sistem atau software yang dibuat.”

Alasan memilih jurusan/program studi ini:

“Awalnya saya nggak kepikiran, lho, untuk ngambil jurusan ini. Tapi, papa sempet bilang kalau jurusan ini sedang booming dan lulusannya bakal banyak dicari. Eh, ternyata bener!

Kalau soal pilihan kampusnya, alasan utama saya adalah karena beberapa jurusan Sistem Informasi di Indonesia terkadang ada terlalu memfokuskan pada proses bisnis aja, sehingga nggak ada pelajaran mengenai pemrograman, atau ada yang memfokuskan pada satu bidang seperti Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Nah, SI di kampus saya sendiri saat ini berfokus pada Enterprise, yang artinya memberikan solusi untuk membantu permasalahan pada suatu perusahaan.”

Pelajaran di SMA yang membantu menjalani kuliah di jurusan ini:

“Matematika dan TIK! Jadi, kalian yang mau ambil jurusan Sistem Informasi mesti banget suka dua pelajaran ini, ya.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Menurut saya, sih, mata kuliah yang penting sebenarnya tergantung peminatan yang nantinya akan di ambil, seperti:

1. Kalau ambil pemrograman ada mata kuliah seperti struktur data, web, rekayasa perangkat lunak, mobile (android), pemrograman object oriented, algoritma pemrograman, dan sistem basis data.

2. Kalau ambil jaringan (network) ada mata kuliah seperti dasar jaringan dan telekomunikasi , jaringan komputer, dan keamanan sistem informasi.

3. Kalau ambil Enterprise Architecture (EA) ada mata kuliah manajemen proses bisnis, sistem basis data, jaringan komputer , keamanan sistem informasi, analisis dan perancangan sistem informasi enterprise architecture.

4. Kalau ambil Enterprise Resource Solution (ERP) ada mata kuliah manajemen proses bisnis, kostumisasi, adopsi ERP, integrasi aplikasi enterprise, analisis dan perancangan sistem informasi.

Peminatan dalam jurusan ini:

“Secara garis besar ada 2, yaitu ESA dan ERD. ESA itu lebih ke enterprise solution dengan mengusulkan rancangan proses bisnis, atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau rancangan sistem keamanan yang sesuai, sedangkan ESD itu lebih ke pemrograman, jadi mengusulkan program atau aplikasi yang di kembangkan sendiri untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada pada masyarakat atau perusahaan dan technopreneurship.

Di ESA, kamu bisa ambil konsentrasi jaringan (network), EA, dan ERP. Sedangkan di ESD hanya ada satu, yaitu pemograman."

Tugas yang umumnya diberikan:

“Tugas yang paling umum untuk anak Sistem Informasi adalah tugas praktikum online. Tugasnya pun kebanyakan berbentuk tugas kelompok, kok!

Curhat dikit, ya. Yang paling bikin stres ketika praktikum, sih, kalau kita harus ngerjain modul yang susah dan di waktu terus servernya down, atau temen kalian dapat tambahan waktu tapi kalian nggak, rasanya “jleb” banget.

Untuk meghindarinya, sebelum praktikum kamu mesti banget luangkan waktu untuk baca dan praktikin cara-cara yang ada di modul. Karena biasanya tugas yang keluar sama persis ataupun sedikit berbeda tetapi cara pengerjaannya sama.

Oya, jangan lupa, gunakan komputer dengan RAM minimal 4 GB dan memory minimal 8 GB, karena aplikasi yang digunakan cukup berat, dan dalam satu semester bisa ja aplikasi yang digunakan itu beda-beda dari tiap praktikum.”

program studi sistem informasi

Jurusan yang “mirip” dengan jurusan ini:

“Kira-kira Teknik Informatika, sih. Soalnya, menurut saya, jurusan Sistem Informasi malah memiliki kesinambungan yang erat dengan jurusan-jurusan lain seperti Teknk Industri dan Manajemen.”

Peluang karier jurusan ini:

Banyak banget!

Karena Sistem Informasi mirip dengan Teknik Informatika, maka di dalam dunia pekerjaan terkadang requirement yang di cantumkan pada lowongan kerja S1 Informatika/Sistem Informasi. Biasanya seperti programmer, IT Administrator, atau web developer.

Selain itu, lulusan Sistem Informasi juga memiliki peluang karier sebagai business analyst, dan technopreneur. Jika nantinya kamu mau berwirausaha juga bisa, karena kamu akan diberikan mata kuliah wajib kewirausahaan.”

Miskonsepsi umum tentang jurusan ini:

“Terkadang jurusan dibilang “sama aja” dengan jurusan Informatika. Padahal beda banget!

 Jadi, Sistem Informasi ini memiliki 2 domain yaitu bisnis dan teknologi. Sistem Informasi menekankan bagaimana cara teknologi informasi dan komunikasi dapat memecahkan permasalahan yang ada pada perusahaan.

Nah, mahasiswa Sistem Informasi akan mempelajari mengenai proses bisnis yang ada di perusahaan, lalu melihat terhadap permasalahan yang di hadapi, lalu memberikan pemodelan dan perbaikan proses bisnis, melakukan analisis dan desain untuk menciptakan sistem informasi yang di butuhkan perusahaan.”

Tips untuk anak muda yang ingin memilih jurusan kuliah ini:

“Yang mau ambil jurusan Sistem Informasi mesti siapin laptop yang memorinya gede, ya. Minimal 8 GB lah. Serius! Hahaha.

Intinya, sih, usaha semaksimal mungkin. Jurusan apa pun yang kamu ambil pasti membutuhkan effort yang nggak sedikit. Untuk kalian yang hobi coding dan pemograman serta ingin tahu mengenai perkembangan teknologi, pas banget, deh kalau kamu pilih jurusan ini.”

Baca juga:

(sumber gambar: dok. pribadi, blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1