Tips Menghadapi Seleksi Program Pertukaran Pelajar dari Mereka yang Berhasil Lolos

Sudah baca artikel 5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Pertukaran Pelajar? Kalau sudah, pasti kamu tahu dong, ya, bahwa mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar itu nggak mudah, termasuk saat seleksinya.

Nah, beberapa waktu lalu, Youthmanual sempat merangkum saran-saran dari beberapa pelajar yang sudah berhasil lolos seleksi program pertukaran pelajar. Apa aja, sih, tips dan triknya?

M. Adnan Fatron, Peserta Program Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) ke Tiongkok, 2015

Muhammad Adnan Fatron

1. Cari Tahu Tentang Kriteria Peserta

“Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tahu kriteria peserta program sebaik-baiknya. Jangan sampai sudah daftar, tapi ternyata kamu nggak memenuhi kriteria programnya. Tenaga dan usaha kamu jadi terbuang percuma, deh, cuma gara-gara kurang teliti.”  

2. Positive Thinking dan Percaya Diri

“Jangan kalah sebelum bertanding! Saat seleksi, seringkali kita merasa down atau minder kalau melihat orang yang lebih berpengalaman. Padahal belum tentu dia juga memenuhi semua kriteria yang diminta oleh program. Jadi, jangan memandang rendah diri sendiri, dan jangan takut untuk mencoba.”

3. Berdoa

“Saya percaya bahwa Yang Maha Kuasa adalah penentu hasil perjuangan. Jadi jangan lupa untuk selalu berdoa untuk ketenangan, kelancaran, dan keberkahan usaha kamu.”

Dina Puspita Sari, Peserta Youth Exchange and Study (YES) Program ke Amerika Serikat, 2012-2013

4. Pahami Diri Sendiri

“Sebelum ikut seleksi, yakinkan lagi diri kamu dengan bertanya hal-hal dasar kepada diri sendiri dulu, misalnya, “Kenapa mau ikut pertukaran pelajar?”, “Apa, sih, yang kamu kejar dari partisipasi kamu ini?”, “Apa tujuan besar kamu ikut program ini?” dan sejenisnya. Menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu membantu kamu lebih mengenal diri kamu sendiri, which is what the whole selection is about—to explore yourself.

5.  Goal-Oriented

“Hal yang nggak kalah penting untuk bisa lolos seleksi adalah punya tekad mau belajar dan punya sense of achievement. Harus ada yang kamu tuju dari keikutsertaan di program ini.”

6. Sigap dan Semangat!

“Saat ikut seleksi, kamu harus sigap! Ada banyak formulir dan dokumen yang mesti disiapkan, jadi perhatikan detil-detil seperti deadline pengiriman form ini-itu.

Percaya, deh, semua orang bisa jadi exchange student, kok, asalkan kamu punya niat kuat, dan tahu kenapa kamu mau jadi exchange student. Kamu nggak harus jadi anak pinter dulu, supel dulu, atau berprestasi dulu, kok.”  

Jonathan Buranda, Peserta Program KIZUNA ke Jepang, 2013

Jonathan Buranda

7. Perluas Wawasan dan Kemampuan Bahasa

“Untuk menghadapi seleksi, persiapkan diri sebaik mungkin, karena kamu nggak akan tahu, kamu akan mendapat pertanyaan kayak gimana. Dulu, sebelum ikut tes pengetahuan umum, aku berusaha memperluas wawasan dengan banyak-banyak baca berita terbaru, belajar lagi tentang culture negara-negara tujuan program, dan kembali mengasih skill bahasa asingku, terutama bahasa Inggris yang seringkali diuji saat seleksi.”

8. Jadilah Diri Sendiri

“Saat seleksi, jangan pasang kepribadian palsu cuma demi kelihatan bagus di mata penilai. Jangan takut jadi diri kamu sendiri! Semua orang punya peluang yang sama, kok, buat mendapat program exchange.”

Anissa Bella Sunoto, Peserta Program Pertukaran Pelajar AFS ke Filipina, 2013

Anissa Bella Sunoto

Anissa Bella Sunoto (kiri)

9. Komunikasi Dengan Orang Tua

“Untuk mengenal diri sendiri, kita perlu berdiskusi dan minta pendapat dari orang lain, terutama dari orang tua dan keluarga. Diskusi dengan keluarga membantu aku menggali potensi serta membentuk karakter diri. Selain itu, dengan dukungan keluarga, kita juga jadi lebih percaya diri dan mantap dalam menghadapi seleksi”

10. Punya Integritas

“Stay true to yourself and be the best version of you. If you can think it, you can make it!”

(sumber foto: dokumentasi pribadi, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1