5 Tips Berbelanja Diskon Lebaran agar Uang THR-mu Nggak Cepat Habis!

Selain banyaknya kue-kue lebaran dan juga uang THR yang bertebaran pada hari raya lebaran, segala perdiskonan pun bermunculan, nih, gaes! Pada hari raya lebaran, kamu akan menemukan banyak sekali diskon-diskon baik itu di mall-mall maupun di online shop.

Biasanya, nih, diskonan di bulan lebaran ini memiliki dua tipe, gaes. Tipe yang pertama ialah diskonan yang memberikan banyak waktu untuk pembelinya, biasanya diskon ini bisa berlangsung selama dua minggu lebih. Yang kedua, diskonan yang memberikan waktu yang singkat untuk para pembelinya. Kalau kamu nggak segera membeli barang diskonan ini, pasti kamu akan segera kehabisan barang tersebut. Diskonan yang kedua ini yang biasa disebut sebagai flash sale. Flash sale selalu dilakukan secara mendadak dan juga berakhir dalam satu hari saja, bahkan, ada yang berakhir dalam hitungan jam, lho.

 Saya tipikal orang yang nggak bisa menolak flash sale ataupun diskonan di mall, nih, gaes. Karena merasa memiliki uang, akhirnya, saya membeli beberapa barang pada flash sale. Dari beberapa barang, karena self-control yang kurang baik, akhirnya saya jadi beli banyak barang, deh, huhu (jangan diikuti, ya!)

Nah, biar kamu nggak mengalami hal yang serupa seperti saya, yuk, lakukan tips-tips berikut ini agar kamu nggak kehabisan uang THR-mu karena flash sale atau diskonan yang bertebaran dimana-mana!

1. Perhatikan apa yang kamu butuhkan

Ketika kamu menemukan flash sale di online shop atau diskonan di mall-mall, biasanya kamu akan suka kalap, nih. Semua barang rasanya ingin dibeli karena harganya yang jauh lebih murah dari harga normalnya. Misalnya, nih, kamu menemukan lipstick dengan harga normal dua ratus ribu rupiah, setelah didiskon, harga tersebut turun menjadi enam puluh ribu rupiah saja. Well, siapa yang nggak tergoda?

Tetapi, sebelum kamu membelinya, coba bayangkan, apakah kamu membutuhkan lipstick tersebut? Atau jangan-jangan, kamu hanya menginginkannya tanpa mengetahui apakah kamu butuh atau nggak, lagi? Well, kamu perlu tahu banget, nih, apakah kamu membutuhkannya atau hanya sekedar menginginkannya. Jangan sampai, ya, karena kamu hanya menginginkan lipstick tersebut, akhirnya, kamu jarang menggunakannya karena kamu, sebenarnya, nggak membutuhkan lipstick tersebut.

2. Tentukan budget-mu

Nah, ketika kamu berbelanja barang diskon atau flash sale, kamu harus tentukan budget-mu terlebih dahulu, ya. Kamu harus menentukan budget-mu mulai dari kebutuhan-kebutuhan yang paling penting hingga yang kurang penting. Misalnya, nih, kamu kuliah jauh dari rumah, kamu perlu mengelola budget-mu mulai dari uang transportasi, biaya kostan hingga ke uang makanmu.

Setelah kamu memiliki rincian pengeluaran yang penting, barulah kamu menyusun budget belanjamu. Kamu harus memiliki rincian berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan. Jika kamu sudah menentukan budget-mu, kamu wajib banget, gaes, mengikuti rincian budget-mu, ya, agar kamu nggak kehabisan uang THR, hehe.

3. Metode subsidi silang

Yap, setelah kamu memiliki rincian belanjamu, kamu bisa kok melakukan subsidi silang. Misalnya, nih, kamu pada tahun ini ingin membeli pakaian dan juga buku kuliah. Kebetulan, keduanya sedang ada flash sale, nih, di online shop.

Kamu bisa, memilih dari kedua barang yang ingin kamu beli, barang apa yang paling penting untukmu. Misalnya, kamu menetapkan untuk membeli buku kuliah dibandingkan membeli baju, maka, kamu bisa alihkan uang belaja baju untuk membeli buku-buku. Coba terapkan metode subsidi silang yang satu ini, pasti kamu nggak akan kehabisan uang THR-mu, deh!

4. Susun daftar belanja

Kalau kamu nggak mau menggunakan metode subsidi silang, kamu bisa menyusun daftar barang yang ingin kamu beli beserta dengan harganya. Nah, dari situ, kamu bisa mentotal semua harga barang yang ingin kamu beli. Dari harga tersebut, kamu tinggal menyocokkan deh, apakah kamu memiliki uang yang cukup untuk membeli semua barang tersebut?

Jika ternyata uangmu nggak cukup untuk membeli semua barang, kamu bisa mencari diskonan atau flash sale di mall atau di online shop yang lain, tentunya, dengan diskonan yang lebih tinggi,dong hehe. Arau kamu bisa mengurangi beberapa barang yang ingin kamu beli, sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Pisahkan uangmu ke dua rekening

Agar kamu nggak kalap melihat diskonan dimana-mana dan agar kamu nggak goyah dengan rincian belanja yang telah kamu buat, kamu harus banget memisahkan uangmu ke dua rekening, nih. Rekening pertama ialah rekening yang sering kamu gunakan untuk berbelanja dan rekening kedua yaitu rekening yang jarang sekali kamu gunakan.

Pada rekening pertamamu, kamu boleh menghabiskan uangmu karena sejumlah uang tersebut sudah disesuaikan dengan anggaran belanjamu. Nah, pada rekening kedua, kamu nggak boleh menggunakan uangmu, ya. Rekening kedua ini bisa kamu gunakan sebagai rekening tabunganmu. Kamu bisa menggunakan uangnya ketika kamu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang sangat penting.

***

Nah, agar uang THR-mu nggak cepat habis karena banyaknya flash sale atau diskonan yang bertebaran disana dan disini, yuk, lakukan kelima tips di atas! Kan, nggak asik, banget, nih, gaes, ketika lebaran usai, kamu malah nggak memiliki uang sama sekali karena telah dibelikan ini itu. Semangat mencoba, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: keluargakamil.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1