5 Hal Penting Yang Harus Kamu Tahu Mumpung kamu Masih Muda

Jadi anak muda itu susah-susah gampang ya, gaes. Kalau terlalu serius, nanti nggak menikmati masa muda. Tapi kalau terlalu santai, bahaya juga buat masa depan. Makanya banyak banget anak muda yang masih butuh arahan.

Andi Sharma, seorang penulis dari Hufftington Post sekaligus penggiat social enterprise berbagi pesan hal-hal yang menurutnya harus diingat para anak muda di usia  16-21 tahun.

Berikut 5 masukan dari Andi Sharma, yang menurut saya paling menarik.

a. Jangan buang-buang waktu

Menuru Sharma, pilihan-pilihan hidup kita semasa muda bakal berpengaruh banget buat masa depan kita, termasuk pilihan untuk menikmati masa muda itu sendiri.

Kita harus mencari titik keseimbangan antara kegiatan seru-seruan—seperti nongkrong dan travelling—kegiatan berfaedah seperti ikut seminar atau ikut kursus di luar sekolah.

Masa Muda 1 - Youthmanual

Waktu nggak bisa diputar balikkan, lho, gaes. Jangan disia-siakan, ah!

c. Pilih temanmu dengan bijak

Pastikan orang-orang di sekeliling kamu adalah orang-orang yang bisa memotivasi kamu untuk menjadi lebih baik. Punya orang-orang yang bisa bikin kamu happy, tuh, penting banget, gaes. Usir orang-orang yang sering menyakiti atau membawa hawa negatif ke hidup kamu. They do not deserve a place in your life!

d. Cintai dirimu sendiri. Pede aja dengan keunikanmu!

Nggak usah terlalu memusingkan penampilan, ah. Kamu unik dengan karakter kamu sendiri, kok. Selama penampilan kamu sopan, nggak mengganggu orang lain, dan bikin kamu nyaman, just be you best self.

Bahkan menurut penelitian di Medical Institute of Minnesota, orang-orang yang (berani) unik sebetulnya lebih paham tentang passion mereka, sehingga mereka lebih sungguh-sungguh ketika mengejar mimpi.

e. Tetap keren di saat up and down

Menurut Sharma, masa muda bakal penuh sama momen membahagiakan dan juga momen patah hati. Dari mulai momen seru sama teman-teman, momen ngeselin diputusin pacar, berantem mulu sama orang tua, berhasil menang lomba, dan lain sebagainya. Pokoknya up and down terus, deh.

Tetapi sebagai anak muda, kamu harus tetap keren dalam segala kondisi. Maksudnya, ketika kamu sedang berada di "atas angin", jangan jadi sombong. Sebaliknya, ketika kamu lagi down, jangan melampiaskan diri ke hal-hal buruk kayak minum aseton narkoba.

Kalau kata Sarah Gibson, "Roda itu berputar, gaes." Eaaak! Pokoknya, keep calm and be awesome in every situation, ya.

f. Bersabarlah

Wajar, sih, kalau kamu selalu merasa pengen cepat-cepat lulus, lalu kuliah, skripsi, cari kerja, cari uang sendiri, menikah, dan lain sebagainya. Anak muda memang biasanya suka menggebu-gebu, ya.

Tapi kamu harus ingat, good things take time. Misalnya, kamu nggak bisa berharap bisa langsung dapat pekerjaan bergaji besar kalau baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman. Semua proses hiudp harus kamu lewati dengan baik, sob, supaya hasil yang kamu dapatkan juga baik. Sabar aja, ya. Semua ada masanya, kok.

Masa Muda 3 - Youthmanual

(sumber gambar: tribunnews.com, nyalimuzik.com, nite-antix.deviantart.com, tutortap.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 22 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1