10 Ilmu yang Hanya Dimiliki Anak Kos Sejati

Nyadar nggak, sih, kalau anak kos itu ibarat petapa? Semakin lama ngekos, semakin banyak ilmu yang mereka kuasai. Kalau kamu anak kos sejati, kamu pasti menguasai ilmu-ilmu berikut ini!

#1 Ilmu Menimbun Makanan… di Perut

Ilmu ini digunakan saat si anak kos balik ke rumah, diundang acara ulang tahun, acara kawinan, acara sunatan, ditraktir… pokoknya segala acara dan kesempatan yang melibatkan makan-makan gratis, deh. Dengan prinisip “Sikat hajar, gan!”, anak kos yang badannya mungil banget sekalipun bisa ngabisin porsi kuli bangunan… buat tiga hari. ‘Kanmaeen!

Maklum, sob. Bagi anak kos, bisa makan enak dan banyak adalah kesempatan langka, jadi kalau ketemu kesempatan tersebut, mereka bakal mengenyangkan dirinya buat tiga hari, sehingga hari-hari berikutnya mereka nggak masalah kalau harus balik makan dengan gaya “minimalis”. Atau bahkan cuma makan sekali sehari. Ciyan, ya?

youthmanual kos

#2 Ilmu Pemantau Harga Jajanan

Ketimbang fluktuasi nilai tukar dolar di pasaran, biasanya anak kos lebih hafal fluktuasi harga paket hemat di warteg dan air mineral galonan. Dijamin!

Coba aja tes teman kamu yang anak kos. Tanya kisaran harga nasi-perkedel-tempe orek-tumisan sayur-kerupuk-es teh manis terkini. Kalau dia anak kos sejati, pasti hafal di luar kepala!

#3 Ilmu Tata Busana Tanpa Cuci-Setrika

Setiap anak kos pasti pernah mengalami cobaan kayak gini: mau ke kampus tapi bajunya belum dicuci, belum kering, belum disetrika, atau semuanya—belum dicuci, basah, dan kusut. Syetdah!

anak kos

Tapi hanya anak kos sejati yang bisa melalui ujian ini dengan gemilang, alias bisa tetap pakai baju dekil itu tanpa ketahuan bajunya belum dicuci.

Kok bisa? Kuncinya ada pada angin dan matahari buat “membersihkan” dan menghilangkan bau (kalau bajunya belum dicuci), kipas angin untuk mengeringkan (kalau bajunya belum kering), buku tebal atau kasur untuk mengganti setrikaan (kalau bajunya masih kusut. Tibanin, shay!), parfum segalon, serta sikap pede dua galon.

Pada akhirnya, cuma anak kos sejati yang bisa menyulap pakaian yang belum dicuci-setrika jadi layak pakai ke kampus.

#4 Ilmu Menghilang

Ilmu ini hanya dipakai di situasi tertentu, seperti saat ibu kos mau nagih uang bulanan padahal uangnya kepake belum ada, atau saat mantan yang indekos di area yang sama mondar-mandir di depan kosan. Daripada kejadian drama FTV di depan pagar rumah kos, mendingan segera pakai ilmu menghilang ala Pak Tarno. TRING!

youthmanual kos

#5 Ilmu Cleaning Service Kilat

Nggak banyak anak kos yang sempat (atau punya kesadaran sendiri) beberes kamar kosannya dengan rutin. Sehingga emampuan beberes ini cuma muncul di saat tertentu—seperti superhero kalau lagi kepepet—misalnya ketika nyokap bokap ngabarin lagi menuju kosan.

Langsung, deh, nyapu, ngepel, rapiin tempat tidur, bebenah, lap-lap debu dilakukan secepat kilat, kayak video lagi di fast forward. Alhasil, kamar kos yang tadinya mirip kapal pecah mendadak jadi kinclong kayak di brosur penginapan bintang satu. Caelah!

youthmanual kos

#6 Ilmu Kepepet

Sebenarnya banyak anak kos yang nggak bisa nyapu, ngepel, nyuci baju, masak sesimpel ceplok telor atau pakai rice cooker, dan berbagai survival skill lainnya. Tapi percayalah, ketika saat kepepet, mereka akan BISA melakukan itu semua, walaupun dengan kemampuan (di bawah) standar.

#7 Ilmu Sapu Terbang

Ilmu ini biasanya disertai dengan jurus melompat, menghadang, menghalau, serta menggetok, dan dipakai untuk mengatasi tamu nggak diundang yang masuk ke kamar kos, seperti kecoak, serangga, tikus, hingga kucing nakal.

Kalau tamu nggak diundang tersebut agak sulit dihadapi, biasanya anak kos akan minta bantuan “kakak seperguruan”, yaitu anak kos lain atau penjaga kos. 

#8 Ilmu Masterchef, Instant Noodle Edition

Anak kosan tuh jago, lho, mengolah mie instan menjadi berbagai bentuk, mulai dari omelet mie, mie panggang, sampai bola-bola mie. Yabes gimana. Mie instan (dan telur) ‘kan bahan makanan pokok anak kosan. Untungnya, zaman sekarang, varian rasa mie instan makin banyak. Ada rasa soto, rasa ayam bawang, rasa soto mie, rasa kari, rasa rendang, dan banyak lainnya. Jangan-jangan nanti bakal ada mie instan rasa toblerone, nutella dan matcha!

youthmanual - mie instan

 #9 Ilmu Sosial Politik

Saat ngekos, tentunya kita hidup berdampingan dengan banyak orang lain. Ada teman kos, penjaga kos, pemilik kos, tetangga kanan-kiri, pemilik warteg, tukang ojek dan lainnya. Orang-orang ini tentunya punya karakter dan tingkat toleransi yang berbeda-beda.

Nah, cuma anak kos sejati yang bisa menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Harus, dong. Kalau sampai ada konflik, bisa repot hidup. Caranya? Mereka pakai ilmu SosPol. Yo’i, teori komunikasi, trik politik sampai prinsip antroplogi dan sosiologi yang diajarkan di dalam kelas ternyata bisa dipraktekkan di kosan!

#10 Ilmu…wan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi ilmuwan adalah “orang yang ahli atau banyak pengetahuannya mengenai suatu ilmu.” Nah, anak kos sejati berarti bisa dibilang ilmuwan, karena mereka punya banyak pengetahuan mengenai ilmu… hidup irit.

Misalnya, mencampur sabun dan sampo pakai air supaya hemat, pencet-pencet pasta gigi sampai gepeng tak bersisa, dan mandi a la koboi alias lap-lap muka dan ketek aja demi menghemat air. Kalau dipikir-pikir, gaya hidup ngirit anak kos ini bisa berdampak bagus buat lingkungan, ya. Ahey! 

youthmanual kos

***

Dengan banyaknya ilmu yang mereka miliki, nggak heran kalau anak kos sejati bakal bisa lulus kuliah dengan gemilang, sukses berkarir, melawan kejahatan, bahkan jadi presiden. Hidup anak kos!

(sumber gambar: US News, I wear Banana, Errandlink, Lonely Planet, Total College Life, Kapan Lagi, Midas Komunika)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1