Kesalahan Sepele yang Ternyata Bikin Gadget Cepat Rusak

Sering banget nggak, sih, beli gadgets baru setahun - dua tahun terus udah rusak? Padahal harusnya masa pakai sebuah barang elektronik bisa sampai lima tahun, lho. Kalo kamu sering banget mengalami hal kayak gini, coba perhatikan cara kamu merawat gadget kamu, sob. Merawat barang elektronik memang mirip merawat hubungan bareng pacar, alias susah-suah gampang! #eaaa

Diolah dari situs Bright Side, berikut kesalahan sepele yang sering kamu lakukan dan bikin gadgets cepat rusak. Yuk, hindari!

1. Batrei model lithium-ion and lithium-polymer yang saat ini banyak dipakai di gadgets modern nggak punya daya simpan cadangan yang namanya memory effect. Jadi smartphones, tablets, dan laptops harus di-recharge sebelum energy bar sampai ke titik nol persen, alias sampai gadgets benar-benar mati.

2. Makanya untuk meningkatkan keawetan batrei, kamu disarankan untuk mengisi ulang batrei sebelum gadgets kamu mati total. Pilihan terbaiknya adalah charge ketika batrei udah tinggal 10-20 persen. Ini bakal meningkatkan siklus batrei sampai 1000-1100 kali pengisian ulang.

3. Batrei modern nggak bakal rusak kalaupun kamu nggak mencabut charger setelah batrei gadgets terisi penuh. Di dalam gadgets modern, ada kontrol otomatis yang bikin batrei nggak menyerap energi lebih dari yang dibutuhkan. Meskipun begitu, akan lebih baik kalau kamu membiasakan mencabut charger begitu batrei gadgets kamu terisi penuh.

4. Ini kenapa kamu disarankan nggak beli batrei abal-abal yang murah: karena mereka nggak punya kontrol otomatis. Selalu isi batrei kamu dengan charger asli bawaan gadgets dan jangan sering-sering mengisi ulang batrei pakai kabel USB. Kalaupun mau pakai power bank, pakai kabel USB asli dari merk gadgets yang kamu beli.

5. Hindari iming-iming iklan “pengisian ulang cepat” yang mengklaim batrei kamu bisa terisi penuh kurang dari satu jam. Pengisian batrei normal biasanya memakan waktu dua jam.

6. Kalau kamu pakai cases untuk gadgets kamu, perhatikan apakah cases tersebut menutup panas yang keluar dari gadgets. Kalau seandainya malah bikin gadgets kamu makin panas, sebaiknya sekali-kali buka cases supaya gadgets bisa “bernafas” dan mengalirkan panasnya keluar.

7. Direkomendasikan buat reboot gadgets kamu setiap tiga bulan. Caranya gimana? Pakai gadgets sampai batrei benar-benar habis. Lalu dalam keadaan mati, isi ulang batrei gadgets kamu sampai 100 persen, lalu nyalakan dan gunakan seperti biasa.

8. Hindari meletakkan laptop di atas bantal supaya laptop nggak kepanasan. Idealnya, sih kamu pakai meja laptop khusus yang banyak dijual kalau kamu mau belajar di Kasur.

9. Temperatur tinggi adalah musuh utama buat batrei model lithium-ion. Makanya disarankan jangan expose gadgets kamu di bawah sinar matahari langsung atau terlalu dekat sama sumber panas.

10. Pas kamu masuk ruangan dingin, jangan langsung nyalakan laptop kamu. Tunggu sebentar supaya laptop menyesuaikan dengan suhu ruang.

11. Usahakan jangan memakai smartphones di udara yang dingin. Silakan pakai smartphones cases kalau kamu lagi jalan-jalan ke tempat dengan udara dingin. Simpan smartphones di kantong jaket yang hangat.

12. Pastikan laptop atau desktop kamu nggak terpapar sinar matahari langsung supaya nggak merusak warna display di layar.

13. Jangan sentuh layar dengan jari kamu untuk menghindari bintik hitam permanen.

14. Gunakan lap dan cairan khusus untuk membersihkan layar gadgets. Jangan pakai cairan pembersih kaca jendela yang mengandung ammonia.

15. Sebelum menutup laptop, pastikan nggak ada sesuatu yang tertinggal di keyboard seperti debu atau kerikil halus yang bisa ikin layar kamu tergores dan rusak.

16. Kalau lagi banyak petir, mending matikan komputer dan cabut charger laptop kamu. Gadgets bisa mengalami sambaran kalau lagi kondisi kayak gini dan ini bukan mitos, lho!

17. Kalau kamu tinggal di wilayah yang voltasenya nggak stabil, coba diskusi sama keluarga kamu untuk beli stabilizer supaya barang elektronik kamu tetap awet.

18. Smartphones sering banget berdebu karena ketika kita taro di dalam tas atau di kantong. Kalau kamu mau memberishkannya, matikan smartphones, buka bagian-bagiannya dan bersihkan dengan hati-hati.

19. Kalau bisa, jangan campur smartphones dengan barang-barang lainnya seperti kabel, cermin atau benda tajam kayak kunci.

20. Setahun sekali, bersihkan bagian dalam komputer atau laptop kamu dari debu. Kalau kamu nggak bisa, coba bawa ke service center. Biasanya komputer dan laptop akan berbunyi kalau dia udah mulai ngadat minta dibersihkan.

 

(Sumber gambar: geek.com, brightsite.me)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1