Fashion Item Tradisional dari Berbagai Negara di Dunia

Fashion, tuh, bukan sekedar gaya-gayaan, lho, tetapi juga bentuk ekspresi diri, catatan sejarah, bahkan identitas budaya sebuah bangsa. Kalau saya bilang “koteka”, kamu pasti langsung ingat sama orang-orang Papua, meskipun tentu saja orang Papua pada nggak memakai koteka lagi, kecuali suku pedalamannya.

Buat kamu yang doyan travelling, fashion item di suatu daerah pastinya adalah salah satu ciri khas daerah tersebut. Perancang busana terkenal dari Paris, Yves Saint Laurent juga pernah bilang, “Dressing is a way of life” dan Youthmanual setuju banget sama Monsieur Laurent!

Dikutip dari situs Bored Panda, inilah fashion items tradisional dari berbagai negara di dunia.

Traditional Fashion 1 - Youthmanual

Traditional Fashion 2 - Youthmanual

Traditional Fashion 3 - Youthmanual

Traditional Fashion 4 - Youthmanual

Traditional Fashion 5 - Youthmanual

Traditional Fashion 6 - Youthmanual

Traditional Fashion 8 - Youthmanual

Traditional Fashion 8 - Youthmanual

Traditional Fashion 9 - Youthmanual

Traditional Fashion 10 - Youthmanual

Traditional Fashion 11 - Youthmanual

Traditional Fashion 12 - Youthmanual

Traditional Fashion 13 - Youthmanual

Traditional Fashion 14 - Youthmanual

Traditional Fashion 15 - Youthmanual

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada fashion items tradisional terkenal lainnya, seperti Cheongsam dari China, Pha Dosa Pha Thailand, Hanbok/Chosŏn-ot dari Korea, Sari dari India, dan tentu saja, Kebaya dari negara kita tercinta!

Cheongsam, yang juga dikenal dengan nama Qipao, adalah salah satu jenis fashion item tradisional perempuan Cina. Ciri khasnya adalah kerah tegak, bukaan di sisi kanan bawah baju, serta potongan yang mengikuti lekuk tubuh perempuan.

Kalau kamu pernah jalan-jalan ke Thailand, kamu pasti melihat bahwa hampir semua pemain dalam pertunjukan seni dan budaya Thailand menggunakan pakaian tradisional Pha Dosa. Bagian atas pakaian ini disebut hua dosa, bagian tengahnya disebut dosa tua, sementara bagian bawahnya disebut timah dosa.

Traditional Fashion 18 - Youthmanual

Pakaian tradisional masyarakat Korea disebut Hanbok di Korea Selatan, atau Chosŏn-ot di Korea Utara. Pakaian ini umumnya berwarna cerah, nggak punya kantong, dan bermodel gedombrangan. Hanbok atau Chosŏn-ot mengacu kepada pakaian gaya Dinasti Joseon yang biasa dikenakan dalam acara-acara formal atau semi-formal di berbagai perayaan tradisional Korea.

Sari adalah nama kain yang dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Cara memakai sari adalah dengan melilitkan helaian kain ini ke sekujur tubuh pemakainya. Tanpa dijahit, lho! Panjang sari bervariasi, antara 4-9 meter. Gaya melilitkan sari pun ada macam-macam, namun gaya yang paling umum dipakai adalah melilitkan kain ke pinggang, lalu menyelempangkan ujungnya dari bahu ke punggung belakang.

Nama kebaya terinspirasi dari kata “abaya” dalam bahasa Arab, yang berarti pakaian. Bentuk kebaya yang paling awal berasal dari kerajaan Majapahit. Dulu, kebaya diciptakan untuk memadukan kemben—yang biasa dipakai oleh perempuan kerajaan—menjadi lebih sederhana dan dapat diterima oleh masyarakat umum.

(sumber foto: boredpanda.com, modernqipao.com, knnation.wordpress.com, latestfashionforgirls.yolasite.com, allmakeupstyles.com, ashokaandco.com, learn.penpalschools.com, elisanet.fi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1