Daftar PTN Indonesia yang Masuk Daftar Universitas Terbaik Dunia di Negara Berkembang Versi The Times Higher Education

The Times Higher Education (THE) baru saja merilis pemeringkatan universitas di negara berkembang dalam "Emerging Economies Ranking Universities 2019" pada tanggal 15 Januari (15/1/2019) lalu. Secara keseluruhan, terdapat 442 universitas dari 43 negara masuk dalam daftar THE tahun 2019 ini.

Pemeringkatan THE ini menggunakan setidaknya menggunakan 5 indikator untuk menilai sebuah universitas yang dapat dipercaya, gaes. Indikator pertama berdasarkan pengajaran yang mencakup lingkungan belajar. Indikator kedua berdasarkan penelitian, yang terdiri dari volume, pendapatan, dan reputasinya.

Indikator ketiga berdasarkan kutipan jurnal ilmiah, yang memperhitungkan pengaruh penelitian. Inikator keempat berdasarkan pandangan internasional, yang mencakup staf, mahasiswa, dan penelitian. yang terakhir berdasrkan pandangan dunia industri, di mana transfer pengetahuan dievaluasi.

Di negara lain, seperti negara-negara berkembang Eropa, umumnya mengalami penurunan jumlah universitas terbaiknya. Sementara beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika Utara serta kawasan Asia Tenggara justru mengalami kemajuan.

Misalnya, saja negara China. Negara ini tetap menjadi negara paling banyak yang memasukan daftar universitas terbaiknya, yaitu 72. Jumlah tersebut  bertambah dari 63 universitas di tahun lalu ke 72. India berada di posisi kedua dengan negara paling banyak jumlah universitasnya, yaitu 49. Setelah tahun lalu, India memasukan 42 universitas mereka dalam daftar.

Lalu, bagaimana dengan negara kita yang tercinta ini? Berdasarkan 5 indikator penilaian di atas, ternyata 5 universitas di Indonesia juga masuk daftar universitas terbaik di negara berkembang menurut majalah THE, lho, gaes. Penasaran universitas mana saja yang masuk? Lihat daftarnya berikut ini.  

Universitas Indonesia (UI)

UI menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk dalam 100 terbaik dalam daftar universitas paling berpengaruh di negara-negara ekonomi berkembang. UI melompat ke posisi 100 teratas, lho. Posisi ini naik dari posisi ke-184 pada grafik tahun lalu ke peringkat ke-82—posisi yang secara bersamaan diemban oleh Institut Teknologi Beijing di Cina di posisi 82 setelah tahun lalu juga berada di posisi 184.

Sebelumnya, pada bulan Oktober, UI menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam THE 2019 THE World University Rankings, dan berada diperingkat kisaran 601-800 dunia.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB juga mengalami kenaikan 27 peringkat, lho. Setelah tahun lalu berada di posisi 191, kini berada di 164— bersama dengan Universitas Pertanian Nanjing di Cina.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut yang berubah menjadi universitas beberapa waktu lalu ini berada di posisi 251-300.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga berada di posisi 251-300.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS menjadi universitas baru dari Indonesia yang masuk dalam daftar THE tahun lalu dan berada peringkat 1001+.
 

Fyi, The Times Higher Education atau yang biasa disingkat THE adalah sebuah majalah yang berbasis di London. Majalah THE ini secara berkala membuat laporan khusus pada isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan tinggi atau universitas-universitas yang ada di dunia.

***

Itulah daftar 5 universitas yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia menurut majalah THE. Adakah kampus impianmu, gaes?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: emu.edu.tr)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1