Tips Membuat Catatan Belajar untuk Ujian Masuk Universitas

Meskipun Ujian Nasional udah kelar, tapi perjuangan belum selesai.

Buat kamu yang udah tahu mau pilih jurusan apa dan universitas mana, bentar lagi kamu akan berhadapan dengan ujian masuk universitas tersebut, baik itu SBMPTN maupun Ujian Mandiri.

Namanya ujian masuk universitas, baik itu perguruan tinggi negeri ataupun swasta pastinya bikin deg-deg-an ya, gaes. Makanya, cobain tips membuat catatan belajar yang satu ini!

Catat. Catat. Catat. Catat poin-poin penting dari materi ujian kamu. Kamu bisa mencatatnya dalam sebuah jurnal atau mencatatnya di sobekan kertas yang bisa kamu kumpulkan dan kamu bawa kemana aja. Ingat, gaes, menulis catatan dengan tangan lebih efektif dibanding dengan komputer. Dengan menulisnya di kertas, otak kamu akan menerima feedback dari saraf motorik dan mengingat dengan lebih baik. 

Kalau kamu punya white board di rumah, coba catat materi yang harus kamu hapalkan. Caranya, tulis di white board, foto dengan smartphone kamu, hapus, lalu coba tulis ulang. Kalau kamu lupa, kamu tinggal lihat foto di smartphone kamu lagi. Ulangi terus sampai kamu benar-benar hapal.

Dalam mencatat, coba buat catatan kamu "bertingkat". Maksudnya, bedakan tanda tulisan dalam catatan kamu. Tulis judul dalam mode Bold, isi materi dalam mode Italic dan angka penting dalam mode Underline. Kalau kamu menulis dengan kertas, beri warna berbeda dalam tiap tingkatannya. Ini bikin kamu lebih mudah mengingat materi yang kamu pelajari.

Jadikan catatan kamu dalam satu file dan pisahkan berdasarkan materi yang harus kamu hapal. Memisahkannya bisa dengan pembatas yang gampang dibuka ya, gaes.

Bagaimanapun juga, kamu nggak sendiri dalam berjuang masuk universitas. Oleh karena itu, coba ajak teman-teman untuk belajar bersama dan membuat catatan hapalan materi ujian. Buat jadwal belajar bersama yang teratur dan efektif. Misalnya, dua hari sekali, kalian janjian belajar bersama selama tiga jam. Setiap setengah jam, kalian boleh istirahat selama 10 menit. Jangan lupa saling uji hapalan catatan masing-masing. Pasti jauh lebih semangat daripada kamu belajar sendirian, deh!

Ini bagian yang paling saya suka dalam membuat catatan. Kamu bisa membuat flash cards untuk materi ujian kamu. Misalnya, kumpulan rumus yang harus dihapal atau catatan penting yang harus kamu ingat. Flash card dibuat dalam visual yang menarik lalu kamu print.

Selain flash card, post it bisa menjadi alternatif untuk kamu yang sedang belajar untuk masuk ujian universitas. Gunakan post it warna berbeda untuk setiap materi pelajaran. Tempel post it di meja belajar kamu atau di seluruh ruangan kamar! Meskipun agak ekstrim, tapi cara ini dijamin bikin kamu terus-terusan membaca materi.

(Sumber gambar: i.kinja-img.com, dailyinfographic.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1