Kuliah di Dua Jurusan dalam Waktu Bersamaan? Inilah 5 Faktor yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Sebelum  memutuskan untuk kuliah di dua jurusan secara bersamaan, inilah faktor-faktor yang perlu kamu pertimbangkan:

1. Faktor peraturan

Kamu harus tahu dengan jelas dulu, nih, apakah kuliah di dua jurusan sekaligus diperbolehkan di kampus incaran kamu? Kalau masih belum jelas, mendingan dipastikan terlebih dahulu.

Kalau kamu main kucing-kucingan dengan peraturanalias nggak mengikuti aturan yang semestinyarisikonya bisa berat, lho. Nggak mau 'kan, sudah keluar banyak uang dan tenaga, tapi kuliah kamu nggak diakui kampus?

2. Faktor lokasi

Kalau soal peraturan udah clear, yang harus jadi pertimbangan berikutnya adalah faktor lokasi dua jurusan yang kamu tuju. Kalau kampus jurusan A berada di Depok, sementara kampus jurusan B di Bekasi, niscaya kamu bakal terancam sakit thypus, hehehe.

Maksudnya, jarak kampus yang terlalu jauh bisa bikin kuliah kamu nggak efektif dan jadi terlalu capek. Saya sendiri kuliah di dua jurusan yang gedung kampusnya bersebelahan, dalam satu universitas. Nah, lokasi kampus yang berdekatan seperti itu menurut saya sangat membantu saya kuliah dobel.

Tapi saya juga punya yang kuliah di kampus Depok dan kampus Rawamangun secara bersamaan. Ada yang bisa survive, dan ada yang memutuskan untuk berhenti salah satunya.

3. Faktor subjek kuliah

Nah, faktor ini pertimbangannya bisa relatif banget. Ada yang memilih dua jurusan kuliah yang masih nyambung dan bisa saling mendukung. Ada juga yang sengaja memilih dua jurusan yang beda banget, karena bakal dapat ilmu yang beragam.

Bagi saya pribadi, sah-sah aja pilih kuliah yang masih nyambung, tapi jangan terlalu mirip. Contohnya, nggak perlu ambil jurusan Public Relations sekaligus Ilmu Komunikasi. Soalnya, keduanya bakal membahas ilmu komunikasi. Jadi, sama aja, dong!

Yang penting, kamu harus tahu apa yang dipelajari di kedua jurusan yang ingin kamu geluti itu.

kuliah 2 jurusan

4. Faktor jam dan beban kuliah

Nah, kamu juga harus tahu, nih, gimana kira-kira waktu kuliah di dua jurusan tersebut? Trus, seberapa besar beban tugas-tugasnya? Kamu bisa cari tahu hal ini dari para senior.

Setelah tahu, baru kamu bisa memperhitungkan, apakah memungkinkan untuk menekuni kedua jurusan tersebut dengan jadwal dan bebas kuliah yang demikian?

5. Faktor dana

Jika pada akhirnya kamu memutuskan kuliah di dua jurusan, artinya kamu harus siap mengeluarkan dana ekstra, dibanding jika hanya kuliah di satu jurusan.

Gimana, siap menjalani dua kuliah?

Baca juga:

(sumber gambar: viasarfatti25.unibocconi.eu, plexuss.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1