Kiat Merancang Masa Depan Untuk Anak Kelas 10 dan 11

Sejak menyelesaikan Ujian Nasional di pertengahan bulan lalu, anak kelas 12 emang udah nggak ada kewajiban untuk rutin bersekolah lagi seperti biasa. Sekolah jadi berasa sepi—dan tentunya anak kelas 11 dan 12 ngerasa lebih “bebas”, nih! Hihihi.

Daripada ke“bebas”an ini kamu nikmati dengan rebutan wilayah kekuasaan di kantin sekolah, ada baiknya kalau kamu mulai mikirin masa depan kamu dari sekarang.

Hah? Nggak kecepetan, tuh?

Ya nggak, dong, sob. Nggak ada kata “kecepetan” untuk merancang masa depan, karena proses merancang masa depan bukanlah sesuatu yang instan. Kamu butuh persiapan yang sangat matang dalam menentukan ingin menjadi apa kamu nantinya, agar kamu nggak sampai salah-salah pilih. Ngeri!

Agar kamu bisa selangkah lebih dekat dengan masa depanmu melampaui teman-teman kamu yang lain, yuk ikuti kiat merancang masa depan a la Youthmanual untuk kamu yang masih duduk di kelas 10 dan 11 SMA!

1. Tingkatkan prestasi akademik

1

Emang seru, sih, nikmatin masa-masa santai di kelas 10 dan 11 sebelum kamu panik ikut ujian anu-itu di kelas 12. Tapi, bukan berarti kamu boleh ngegampangin urusan sekolah juga, lho, ya. Meskipun lagi “lowong”, tapi jangan kasih longgar!

Haram banget hukumnya kalau kamu masih nyantai mentang-mentang “belum kelas 12 ini, Kak.” Seharusnya, kamu gunakan masa kelas 10 dan sebelas untuk menyicil belajar untuk ikutan ujian anu-itu di kelas 12 nanti. Materi ujian yang seabrek itu nggak akan bisa kamu kebut semaleman, sob. Ingat, masa depan cerah nggak akan datang ke orang yang nggak mau bekerja keras.

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri menggunakan nilai rapor alias SNMPTN pun sepetinya nggak akan meninggalkan kamu sampai beberapa tahun ke depan—kecuali Menteri Pendidikan berkata lain. Makanya, kamu akan merasa lebih beruntung jika kamu nggak terlalu lama bersantai dan segera memfokuskan diri untuk meningkatkan prestasi akademik kamu selama 5 semester ini agar bisa mengikuti seleksi PTN bergengsi satu ini.

2. Gabung berbagai ekskul, organisasi, dan komunitas

2

Di sekolah kamu, pasti ada banyaaak banget organisasi dan ekskul yang bisa kamu ikuti. Mulai dari organisasi standar seperti OSIS dan MPK sampai ekskul yang bisa menyalurkan hobi kamu di berbagai bidang di luar akademik. Begitu juga dengan komunitas super kece yang pastinya ada berjamuran di sekitar kamu—kalau kamu bener-bener niat mencarinya. Namanya juga aktivitas di waktu luang!

Faedah yang akan kamu dapatkan jika aktif di organisasi, ekskul, atau komunitas ini akan sangat berguna untuk keberlangsungan hidup kamu di kemudian hari, lho, gaes. Kamu bisa mengasah berbagai soft skill seperti kepemimpinan, teamwork, sampai hal-hal kecil yang sering disepelekan namun penting seperti rasa tanggung jawab. Keaktifan dan keterlibatan kamu di dalamnya merupakan pengembangan diri yang paling efektif selain di dalam ruang kelas.

Trus, jangan lupa kalau ikutan organisasi, ekskul atau kepanitiaan nggak boleh didasarkan atas nama gengsi, ya. Carilah tempat yang paling tepat untuk menyalurkan hobi dan mengasah kemampuan kamu, agar faedah yang kamu dapatkan nggak hanya sekedar titel dan sertifikat. #tsaah

3. Cari tahu minat dan bakat kamu yang sesungguhnya

1

Mau nanya dulu, nih, gaes. Di usia kalian yang masih tingkat awal SMA ini, udah pada kepikiran nanti ingin kuliah di jurusan apa, belum?

Yang jawab udah, Youthmanual pastinya kasih dua jempol untuk kamu, karena kamu sudah melakukan hal yang paling krusial untuk dilakukan oleh anak muda seusia kamu. Yang jawab belum, buruan deh, cari tahu minat dan bakat kamu sekarang juga biar kamu punya bayangan nanti akan berkuliah di jurusan apa.

“Tapi, ‘kan, daftar kuliahnya masih satu atau dua tahun lagi—di kelas 12?”

Eksplorasi minat dan bakat itu nggak bisa dilakukan dalam sekejap mata, apalagi kalau dikerjakan sambil lalu begitu aja. Bahkan kalau kamu baru menggali minat dan bakat kamu di kelas 12, rasanya udah agak telat karena kamu nggak bisa memaksimalkan diri kamu untuk mendalami bidang dan kemampuan yang kamu miliki dengan sedikit lebih lama. Sedih!

So, segeralah cari tahu soal minat dan bakat yang kamu punya agar nantinya kamu nggak sampai salah pilih jurusan kuliah. Kalau sampai salah pilih, nanti kamu juga yang bakal merugi, sob. Jangan jadikan alasan “masih kelas 10/11” untuk menunda-nunda perkara satu ini—yang bisa diselesaikan dengan sesimpel ikutan tes minat bakat dan konsultasi dengan profesional di bidang psikologi dan pendidikan.

“Oke, aku mau ikutan tes minat bakat dan konsultasi, nih. Tapi aku harus cari dimana, ya?”

Then you’re in luck! Sebagai bentuk kolaborasi Youthmanual dengan BEM FISIP Universitas Indonesia, bakal acara TEKAT (Tes Minat Bakat) yang bisa menjawab segala kegundah gulanaan kamu para siswa kelas 10 dan 11 tentang minat, bakat dan jurusan kuliah ini.

tekat

Di TEKAT, kamu bakal dapet aja sih?

Pastinya kamu bakal diberikan berbagai asesmen yang berguna untuk mengenali minat, bakat, serta potensi yang kamu miliki sebagai komponen utama yang diperlukan untuk menentukan jurusan kuliah. Hasilnya nggak pakai nunggu, sob! Di kesempatan yang sama, kamu akan diberikan report secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil sebagai pertimbangan untuk kamu memilih jurusan kuliah. Keren!

Nggak cuma itu, kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan berfaedah seputar memilih jurusan kuliah di sesi konsultasi/workshop bersama Psikolog Pendidikan handal yang siap membantu kamu. Tuh, kapan lagi bisa ngobrol bareng ahlinya tanpa harus ngosongin isi dompet kamu? Hihihi.

Biar nggak pada penasaran (dan kehabisan tempat), yuk, pantau terus linimasa TEKAT di Line, Path, Twitter, Instagram, dan Ask.fm, atau langsung kontak para narahubung: Fahra (081212218141/LINE: fahraffifa) atau There (081316441998/LINE: therewn). Jangan sampai ketinggalan jadwal kehadiran ticket box dan roadshow TEKAT ke sekolah kamu, ya. Kenali sekarang, sukses di masa depan!

(sumber gambar: theodysseyonline.com, pinterest.com, theteachersdigest.com, careerlauncher.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1