Ini Dia Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Kedokteran Terakreditasi A di Indonesia!

Jurusan Kedokteran (Pendidikan Dokter) bisa dibilang salah satu jurusan terfavorit para siswa. Dari tahun ke tahun, persaingan masuk jurusan ini terbilang cukup ketat—nggak cuma di perguruan tinggi negeri (PTN) tapi juga di perguruan tinggi swasta (PTS).

Lho, memangnya jurusan kedokteran di PTS bagus-bagus?

Weits, jangan salah! Nggak cuma PTN aja lho yang jurusan kedokterannya terkenal top dan kesohor di seluruh penjuru negeri. Perguruan Tingi Swasta berikut ini juga memiliki jurusan kedokteran yang nggak kalah berkualitas dengan PTN!

Penasaran PTS apa aja yang memiliki jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT? Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Universitas Pelita Harapan 

Selain terakreditasi A, Universitas Pelita Harapan juga terkenal dengan Fakultas Kedokterannya yang telah bertaraf internasional. Berada di bawah Fakultas Kedokteran, jurusan kedokteran di Universitas Pelita Harapan ini memiliki Rumah Sakitnya sendiri, lho, yaitu RS Umum Siloam. Tata cara pendaftaran kedokteran UPH adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa melakukan registrasi akun secara di laman Online Admission Page UPH
  2. Melakukan pendaftaran  dengan melengkapi Biodata Diri, Biodata Keluarga, Latar Belakang Pendidikan, dan mengunggah Dokumen Identitas.
  3. Membeli formulir pendaftaran
  4. Memantau hasil pendaftaran di Dasbor Siswa

2. Universitas Islam Indonesia 

Universitas Islam Indonesia memiliki jurusan kedokteran yang juga terakreditasi A nih oleh BAN-PT. Sebagai salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, UII memang terkenal dengan jurusan kedokterannya nih. Mahasiswanya diajarkan dengan menggunakan metode Problem Based Leraning, di mana mereka belajar berdasarkan masalah yang ada. Berada di bawah Fakultas Kedokteran, begini tata cara pendaftaran kedokteran UII:

  • Calon mahasiswa membeli formulir pendaftaran online di admisi.uii.ac.id
  • Melakukan pemberkasan di kampus UII
  • Ujian CBT di kampus fakultas kedokteran
  • Ujian Tahap II (bagi yang dinyatakan lulus ujian CBT)
  • Pengumuman hasil seleksi

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

UNIKA Atma Jaya juga memiliki jurusan kedokteran yang patut untuk diacungi jempol. Terakreditasi A oleh BAN-PT, fakultas kedokteran ini memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang terbilang cukup lengkap. Selain laboratorium dan perpustakaan, Kedokteran Atma Jaya juga memiliki Rumah Sakit Kependidikannya sendiri yang terletak di Pluit, Jakarta Utara.

kedokteran atma jaya

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memiliki jurusan Kedokteran yang terbilang mumpuni. Kampus kedokterannya terletak di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul – Yogyakarta. Jurusan Kedokteran UMY seringkali disandingkan dengan jurusan yang sama di Universitas Islam Indonesia. Untuk area Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya, kedua universitas swasta ini memang terbilang universitas swasta dengan jurusan kedokteran terfavorit.

UMY menyediakan dua jalur seleksi untuk calon mahasiswanya, yaitu jalur tes dan jalur prestasi. Untuk program studi kedokteran sendiri salah satu persyaratannya adalah peserta merupakan alumni SMA lulusan IPA.

5. Universitas Tarumanagara 

Universitas Tarumanegara terkenal sebagai salah satu universitas swasta dengan jurusan Kedokteran terfavorit di kalangan siswa. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi dengan pendekatan belajar berdasarkan SPICES, yaitu: Student centered, Problem based, Integrated, Community oriented, Early exposure, dan Systematic. Meski biaya yang dikeluarkan mahasiswa Kedokteran Untar terbilang lebih mahal dibanding kampus-kampus lainnya, tapi kualitas pendidikan yang didapatkan pasti akan sebanding.

***

Itu dia daftar Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan Kedokteran yang terakreditasi A di Indonesia. Ingin cari tau lebih banyak mengenai PTS-PTS lain ataupun jurusan terkait, plus profesi yang mumpuni di masa depan? Yuk berkunjung ke laman Eksplorasi Youthmanual! Kamu bisa menemukan ribuan informasi terlengkap dan terpercaya mengenai kampus, jurusan, dan profesi di sana. Klik di sini untuk memulai eksplorasimu!

Baca juga:

(sumber gambar: atmajaya.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1