Hal-Hal Kecil yang Nggak Boleh Kamu Lupakan Menjelang Hari-H SBMPTN

Nggak kerasa ya, gaes, dua hari lagi SBMPTN bakal dimulai. Udah pada siap belum, nih?

Buat kamu yang mengikuti ujian saringan masuk perguruan tinggi satu ini, pastinya udah geber banget pelajarin seabrek materi dari jauh-jauh hari, dong, ya? Kalau jawabannya iya, artinya persiapan kamu udah 90 persen rampung, karena kesuksesan kamu dalam mengikuti SBMPTN benar-benar objektif dan ditentukan oleh hal ini.

Tapi, 10 persen sisanya bukan berarti kegiatan yang nggak penting, lho. Meskipun kesannya printilan, malah hal-hal ini bisa aja “menggagalkan” kesempatan kamu untuk bisa tembus SBMPTN, jika kamu sampai lupa atau salah melakukannya. Waduh!

Agar nasib buruk seperti di atas nggak sampai kejadian menimpa kamu, berikut hal-hal kecil yang termasuk 10 persen penentu kesuksesan kamu di hari-H SBMPTN.

1. Survei lokasi pelaksanaan SBMPTN

1

Ketika mendaftarkan diri untuk SBMPTN, kamu akan diminta untuk mengisi region domisili atau region perguruan tinggi incaran kamu untuk mendapatkan lokasi ujian. Nah, karena lokasi ujian yang akan kamu dapatkan bisa random banget, bisa jadi kamu bakal kebagian lokasi yang mungkin aja berada di daerah yang kurang kamu kenali—meskipun tetap berada dalam area jangkauan kamu.

Ada baiknya kalau kamu melakukan survei lokasi—baik ujian tulis maupun praktek—beberapa hari sebelum hari-H SBMPTN berlangsung. Selain untuk menghindari balada nyasar, kamu juga bisa sekalian memperkirakan waktu tempuh dari rumah kamu sampai ke lokasi dengan sarana transportasi yang paling efektif.

Kalau kamu ingin sekaligus menyocokkan nomor bangku dan ruangan, datanglah di sore hari sehari sebelum SBMPTN. Panitia SBMPTN pun mengimbau peserta untuk survey sebelum hari-H. Serius, deh, kamu nggak bakal bisa konsen ngerjain soal seleksi kalau sampai nyasar atau telat!

2. Cek kelengkapan yang harus dibawa

Menjelang hari ujian gini, kamu nggak boleh lupa untuk mengecek segala perlengkapan yang dipersyaratkan oleh panitia SBMPTN. Idealnya, kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya segera setelah kamu mendaftarkan diri—mulai dari kartu tanda peserta, alat tulis, sampai mikirin buat bawa bekal makanan apa kalau ujian kamu berlangsung sampai sore. So, nggak ada lagi alasan untuk kamu sampai kelupaan bawa perlengkapan. Kamu bisa cek apa aja yang harus kamu bawa untuk SBMPTN di sini.

Eniwei, kamu jangan sampai dibikin bingung sama dresscode buat dateng ujian, lho, ya. Meskipun nggak ada aturan baku yang mengharuskan kamu mengenakan pakaian tertentu, kamu diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Agar lebih aman, hindari memakai baju kaos dan sandal. Pakai seragam sekolah pun diperbolehkan. Intinya, jangan sampai tengsin nggak bisa ikut ujian gara-gara salah kostum, ya!

3. Jangan maksain “sistem kebut semalam”

3

Sebagai pejuang senior di dunia per-SBMPTN-an yang udah paham soal asam garamnya, saya saranin banget bagi kamu yang ikut ujian ini untuk istirahat total menjelang hari-H. Nggak ada lagi ribet-ribet buka buku rangkuman materi, diskusi bareng guru pembimbing dan temen-temen seperjuangan, atau malah pergi keluyuran cari hiburan. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, lebih baik kamu bersantai leyeh-leyeh di rumah!

Menerapkan “sistem kebut semalam” sebelum SBMPTN itu haram banget hukumnya, sob. Yang ada tidur kamu nggak bakal tenang, dan bisa dipastikan performa kamu keesokan harinya nggak akan maksimal. Persiapan belajar sebulan aja rasanya masih kurang banget, apalagi yang cuma semalem?

Trus, jangan coba-coba nyempetin diri ngerjain simulasi soal SBMPTN di detik-detik menjelang masuk ke dalam ruang ujian, deh. Soalnya, pasti kamu bakal makin nervous dan makin nggak fokus karena udah pusing duluan ngerjain yang seharusnya nggak kamu kerjain. Kalau cuma ingin nge-review sekilas beberapa materi, sih, boleh banget, asalkan kamu nggak ngeyel buat ngafalin jawabannya. Lagipula, emang soalnya bakalan persis sama? Hihihi.

Akhir kata, selamat berjuang!

(sumber gambar: infokampus.news, rose.edu, publicbroadcasting.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1