Cara Gampang Mendapat Informasi dan Tur Kampus Tanpa Berkunjung Langsung

Mempersiapkan kuliah dengan matang adalah salah satu fase penting di hidup kita. Bukan cuma harus mengenal jurusan, kamu juga harus mengenal universitas yang jadi inceran kamu. Pasalnya, milih jurusan dan universitas berhubungan dengan hal penting lainnya, gaes. Misalnya, daftar plus minus jurusan dan universitas tersebut, biaya kuliah yang harus dikeluarkan, termasuk wilayah sekitar kalau ternyata universitas yang kamu pilih ada di luar kota tempat tinggal kamu.

Menurut beberapa alumni, cara terbaik untuk yakin bahwa universitas itu adalah tempat yang tepat buat kamu adalah dengan berkunjung langsung sebelum kamu masuk.

Kenapa ini harus dilakukan? Karena kamu bakal mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai universitas tersebut. Misalnya, mendatangi sekretariat untuk tahu jadwal-jadwal penting dan merasakan suasana universitas tersebut secara langsung. Apakah transportasinya gampang, udaranya cihuy, sampai memantau mahasiswa ganteng dan cantik di universitas yang lagi pada berkeliaran kuliah. #eaaa

Tapi, gaes, kalau ternyata kamu belum punya kesempatan untuk berkunjung langsung, coba cara-cara berikut untuk mendapatkan informasi tentang universitas incaran!

1. Browse website resmi dan media sosial universitas

Zaman sekarang, mampir semua universitas sudah punya website resmi yang menyediakan berbagai informasi tentang jurusan yang mau kamu ambil. Memang, sih, kadang foto-foto yang ditampilkan nggak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Namanya juga jualan, ya, sob. Tapi, pasti fasilitas yang ditawarkan nggak jauh-jauh dari website resmi tersbut.

Nggak cuma website, kamu juga bisa kepoin media sosial universitas incaran untuk tahu kegiatan seru apa yang mereka miliki. Kadang, beberapa universitas juga punya blog yang sering diisi sama mahasiswanya supaya kamu bisa tahu berita universitas dari sudut pandang mereka.  

2. Pakai Google Maps dan Google Earth

Google Maps nggak cuma ngasih tahu lokasi universitas, lho. Ini juga berfungsi supaya kamu tahu tempat-tempat strategis yang dekat dengan universitas. Misalnya, mall, perpustakaan, café dan cara menuju ke tempat-tempat tersebut dari universitas.

Dengan menggunakan fitur Street View, kamu juga bisa tahu kondisi sekitar secara real. Coba cari tahu kondisi kostan kamu, termasuk situasi sekitarnya supaya orang tua kamu lebih tenang melepas kamu sendirian kost di dekat universitas.

Meskipun nantinya kamu tetap akan survei lokasi universitas ataupun kostan, dengan melihat Google Maps dan Google Earth, kamu bisa mempersiapkan survei nanti dengan lebih matang. Ya, nggak?

3. Coba berhubungan dengan alumni universitas

Biasanya, di website resmi universitas ada satu tab untuk menghubungi alumni. Nah, ini bisa kamu manfaatkan dengan mengajak alumni berkorespondensi mengenai pengalamannnya berkuliah. Memang, sih, nggak semua alumni mau jadi “duta universitas” dan menjelaskan panjang lebar tentang universitas incaran kamu. Makanya, kamu harus pandai memilih mana kira-kira alumni yang mau diajak korespondensi.

Kalau ternyata nggak ada informasi mengenai alumni di website universitas, kamu bisa search di Linkedin bagian latar belakang pendidikan. 

Kuncinya adalah tetap tenang dan professional dalam menulis email perkenalan. Bilang kalau kamu tertarik masuk universitas A dan ingin meminta rekomendasi dari sudut pandangnya. Selama kamu meminta dengan penuh rasa hormat, saya yakin mereka bakal dengan senang hati menolong kamu!

4. Cari tahu mengenai universitas tersebut lewat mahasiswanya

Ini saatnya memanfaatkan teman dan kenalan kamu yang sedang berkuliah di universitas incaran kamu. Minta mereka menceritakan bagaimana rasanya kuiah di sana dan buat daftar hal-hal yang mereka sukai dan mereka nggak sukai. Daftar ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu juga, sob.

Kalau memang kamu nggak punya kenalan mahasiswa yang berkuliah di universitas tersebut, silakan baca-baca review universitas di Youthmanual. Di fitur ini, kamu bisa membaca “curhatan” mahasiswa tentang universitas mereka, lho.

Seru, kan, bisa lebih tahu soal informasi universitas dari mahasiswanya langsung?

Pokoknya, jangan sampai menyesal di tengah jalan karena terlanjur memilih universitas yang nggak sesuai sama harapan kamu, ya. Semoga kamu makin semangat mempersiapkan kuliah!​​

 

(Sumber gambar: altonstate.edu, ui.ac.id, hipwee.com, youthmanual.com/campus-directory)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1