9 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2019/2020 versi QS World University Rankings

Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings kembali merilis pemeringkatan universitas dunia tahun 2019/2020. Pemeringkatan ini dilakukan terhadap lebih dari 1.000 universitas di dunia—termasuk Indonesia.

QS World University Rankings merupakan pemeringkatan resmi yang juga dijadikan acuan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University atau Universitas Bertaraf Dunia.

Indikator penilaian dari QS University Rankings sendiri menggunakan 6 indikator dalam pemeringkatannya yaitu:

1. Reputasi akademik sebesar 40% untuk mengukur unsur akademik secara menyeluruh.

2. Reputasi lulusan sebesar 10% untuk mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas di mata para pimpinan perusahaan.

3. Rasio fakultas dan mahasiswa sebesar 20% untuk mengukur komponen yang menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa

4. Kutipan jurnal ilmiah sebesar 20% untuk mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat

5. Fakultas internasional 5% untuk mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi.

6. Mahasiswa Internasional 5% untuk mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas atau perguruan tinggi

Berikut ini adalah 9 universitas di Indonesia terbaik yang masuk dalam daftar QS World University Rankings:

1. Universitas Indonesia (peringkat 296 dunia)

2. Universitas Gadjah Mada (peringkat 320 dunia)

3. Institut Teknologi Bandung (peringkat 331 dunia)

4. Institut Pertanian Bogor (peringkat 601 - 650 dunia)  

5. Universitas Airlangga (peringkat 651 - 700 dunia)

6. Universitas Padjadjaran (peringkat 751 - 800 dunia)

7. BINUS University (peringkat 801 - 1.000 dunia)

8. Universitas Diponegoro (peringkat 801 - 1.000 dunia)

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 801 - 1.000 dunia)

***

Itulah 9 universitas terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings. Universitas manakah yang menjadi impianmu dalam melanjutkan kuliah? Mungkin salah satu di antara universitas terbaik di atas adalah tempat kuliah yang paling kamu idam-idamkan selama ini.

Ya, emang, sih, beberapa nama universitas di atas selalu ada di daftar universitas— yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa di Indonesia, baik itu melalui SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri dan seleksi-seleksi lainnya.

Contohnya aja, pada pendaftaran SNMPTN 2019 kemarin. Universitas Diponegoro menjadi salah satu universitas yang paling banyak menerima mahasiswa baru, yaitu 2.146 orang. Artinya, masih banyak orang-orang yang berpikiran bahwa kuliah di universitas terbaik itu sangatlah penting

That’s why, memilih tempat kuliah itu bukan sebuah perkara yang mudah. Sebab, hal ini akan menyangkut masa depan dan juga cita-cita yang akan kamu raih ke depannya. Nah, terus gimana caranya agar bisa bersaing sehat dengan pesang lainnya dan bisa masuk universitas terbaik di Indonesia. Pengin tahu tips dan trick-nya? Cekidott!

1. Melihat perbandingan antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Misalnya, akreditasi kampusnya, program studi yang ada di dalamnya, dan lain sebagainya

2. Menghitung dan mempertimbangkan jumlah para peserta atau para pesaing yang akan kamu hadapi saat mendaftar nanti.

3. Pertimbangkan program studi yang akan kamu pilih. Apakah itu program studi yang paling banyak diminati atau nggak di kampus yang kamu tuju. Kamu harus tahu secara rinci, jumlah peserta yang mengambil  program studi yang akan kamu pilih nantinya. Soalnya, kalau kamu memilih program studi yang ternyata banyak peminatnya, tentu kamu akan lebih sulit untuk berada di program studi pilihanmu tersebut.

4. Lihat seberapa besar peluang kamu akan diterima di program studi/ tersebut pada kampus pilihanmu. Kamu juga harus jeli dalam melihat tingkat persaingan di sana, agar kemungkinan untuk kamu diterima lebih besar dan menjanjikan.

5. Jangan malas untuk mencari tahu program studi apa yang sesuai dengan bakat, minat, dan passion kamu. Biar kalau kamu keterima di universitas terbaik di Indonesia kamu merasa enjoy menjalankannya dan nggak merasa salah jurusan.

6. Pertimbangkanlah untuk mengambil sebuah universitas cadangan atau plan lain, kalau sewaktu-waktu pilihanmu nggak bisa berhasil.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: linkedin.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1