5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tur Kampus

Saat ini, mencari info seputar kampus makin mudah. Tinggal browsing atau follow media sosialnya. Walau demikian, ternyata kegiatan tur kampus alias kunjungan ke kampus masih menjadi pilihan pelajar untuk lebih mengenal kampus impiannya.

Bulan Januari lalu, misalnya, Universitas Airlangga ‍ menerima permohonan 18 sekolah yang ingin melakukan tur kampus. Ini menunjukkan bahwa mendapatkan info dari dunia maya memang praktis. Tapi lebih afdol jika bisa merasakan secara langsung suasana kampus.

Nah, supaya kegiatan kunjungan kampus jadi berfaedah dan nggak hanya sekadar mondar-mandir sambil selfie syantik, kamu perlu melakukan hal-hal ini gaes. 

1. Jelajahi seluruh tempat di kampus

Kalau melakukan tur kampus bersama rombongan sekolah, biasanya kamu akan mendapat pemandu dari bagian informasi kampus. Sambil jalan-jalan keliling kampus, si pemandu akan cerita seputar kegiatan perkuliahan, fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan mahasiswa, hingga sejarah berbagai bangunan yang ada di kampus. Pastikan kamu memperhatikan dan nggak ngobrol sendiri, karena biasanya ada aja cerita yang berguna dan menarik

Yup, tujuan dari kunjungan kampus adalah mendapatkan info  sebanyak-banyaknya. Kalau menurut Allen Groove, seorang college admission expert, supaya dapat gambaran yang lengkap mengenai sebuah kampus, kamu harus menjelajahinya. Jadi, kalau kamu diberikan kesempatan untuk keliling, jangan malas. Manfaatkan dengan maksimal untuk ngiderin kampus. 

2. Ngobrol sama mahasiswa 

Kamu bisa sih, tanya-tanya seputar kampus dan jurusan ke bagian informasi di perguruan tinggi tersebut. Tapi yakin deh, pasti kamu hanya akan mendapat jawaban yang formal dan "bagus-bagus" aja. Sambil kamu campus visit, coba untuk ngobroll dengan kakak-kakak mahasiswa di sana. Kamu bisa tanya-tanya ke mereka gimana rasanya jadi mahasiswa di kampus tersebut.

Yang kamu ajak ngobrol disini adalah kakak-kakak yang lagi duduk santai. Mereka pasti welcome kalau ada anak SMA yang lagi mengunjungi kampus mereka. Asal, kamu juga bertanya yang sopan ya, gaes.

3. Makan di kantin atau di tongkrongan sekitar kampus

Kelihatannya sepele ya, hanya urusan makan. Tapi kamu nggak bisa mengabaikan yang satu ini. Kalau kamu nggak bisa makan dengan nyaman, kegiatan studi-mu di kampus pasti juga akan terganggu. Cek apakah makanan di sana ada yang bisa menjamin gizi-mu atau nggak.  

Sambil kamu makan di kantin, kamu juga bisa mengamati karakter para mahasiswa di sana, dan menikmatl suasana kampus dari sisi non-akademik

4. Lihat aktivitas-aktivitas mahasiswa lewat papan pengumuman

Di setiap kampus, biasanya sda banyak spot papan pengumuman. Lewat papan pengumuman itu, mahasiswa saling berbagi informasi seputar acara kampus dan luar kampus. Dari situ, kamu bisa tahu apa yang lagi happening di kampus tersebut. Kamu juga jadi bisa cari tahu kegiatan dan ekskul apa aja yang bisa kamu ikuti di luar perkuliahan.

5. Kalau memungkinkan, coba nikmati suasana kampus di malam hari

Kalau mau tahu gimana keaktivan mahasiswa di kampus tersebut, kamu nggak cukup melihat kampus saat pagi  tetapi juga malam hari. Logikanya gini, dari pagi sampai sore, aktivitas perkuliahan-lah yang mendominasi. Makanya ekskul dan kegiatan organisasi kampus, kebanyakan mengambil waktu menjelang malam. 

Makanya, nggak ada salahnya kalau kamu lanjut jalan-jalan tur kampus sampai malam. Kamu jadi tahu, seberapa banyak mahasiswa yang aktif di ekskul atau organisasi. Malah kalau lagi beruntung, mungkin kamu bisa menonton pertunjukkan kesenian yang diselenggarakan ekskul-ekskul kampus lho. 

(sumber gambar : admission.millsaps.edu,  smith.edu, west-thames.ac.uk, rinaldimunir.wordpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 20 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1